Logo BeritaSatu

Adat Sasak Dominasi Penataan Rumah di Koridor Sirkuit MotoGP

Kamis, 13 Januari 2022 | 13:27 WIB
Oleh : Imam Muzakir / WBP

Lombok, Beritasatu.com - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mempercepat penataan hunian di sekitar kawasan Sirkuit MotoGP Mandalika. Rumah yang kondisinya kurang layak huni mendapatkan Program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) serta dibangun dengan mengedepankan ciri khas adat Sasak agar lebih menarik pengunjung pada ajang balap motor bertaraf internasional itu.

“Kami siap menata rumah-rumah di sekitar kawasan Sirkuit MotoGP Mandalika ini. Masyarakat juga dilibatkan dalam proses pembangunannya melalui program BSPS,” ujar Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, dalam siaran pers, saat meninjau proses pembangunan rumah di koridor Sirkuit MotoGP Mandalika di Nusa Tenggara Barat (NTB), Kamis (13/1/2022).

Menurut Basuki, penataan rumah sangat diperlukan untuk memperindah kawasan di sekitar area sirkuit. Apalagi rumah-rumah tersebut berada di sekitar pintu gerbang Sirkuit MotoGP Mandalika.

Pada kunjungan itu, Menteri PUPR didampingi Gubernur NTB, Zulkieflimansyah, Direktur Jenderal Bina Marga, Hedi Rahadian Direktur Jenderal Cipta Karya, Diana Kusumastuti dan Direktur Jenderal Perumahan, Iwan Suprijanto serta Staf Ahli Menteri Bidang Teknologi, Industri, dan Lingkungan, Endra S. Atmawidjaja dan Kepala Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan (P2P) Nusa Tenggara I Rini Dyah Mawarty.

Menteri PUPR, memberikan arahan kepada masyarakat untuk mengerjakan pembangunan rumah dengan baik agar kawasan itu terlihat rapi sehingga pengunjung dari berbagai negara yang menyaksikan MotoGP merasa menikmati suasana khas Lombok. “Makanan di sini rasanya enak. Mudah-mudahan saat ajang MotoGP, seluruh dagangan masyarakat bisa laris semua,” harapnya.

Sementara itu, Direktur Jenderal Perumahan Kementerian PUPR, Iwan Suprijanto menjelaskan, penataan rumah kawasan koridor Sirkuit MotoGP Mandalika dilaksanakan Direktorat Jenderal Perumahan lewat program BSPS atau bedah rumah. Saat ini progres pembangunan sudah mencapai sekitar 40% pada pekerjaan fisik tahap pertama di lapangan.

Berdasarkan data di Balai P2P Nusa Tenggara I Direktorat Jenderal Perumahan Kementerian PUPR, jumlah rumah yang menerima bantuan peningkatan kualitas rumah sebanyak 196 unit yang tersebar dalam dua klaster besar di Desa Kuta, Kecamatan Pujut Kabupaten Lombok Tengah, NTB. Setiap unit rumah mendapatkan bantuan Rp 20 juta berupa bahan material bangunan dan upah tenaga kerja.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: Investor Daily

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

KPK Periksa Rombongan Kepala Dinas soal Izin Alfamidi Ambon

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menjadwalkan pemeriksaan terhadap rombongan kepala dinas pada Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon.

NEWS | 20 Mei 2022

Afrika Alami Wabah Cacar Monyet Selama Pandemi Covid

Afrika telah mengalami wabah cacar monyet selama Covid. Sejumlah kasus virus kini telah dilaporkan di Inggris, Amerika Serikat (AS), Portugal, dan Spanyol.

NEWS | 20 Mei 2022

Finlandia Tolak Tampung Senjata Nuklir dan Pangkalan NATO

Finlandia menolak Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO) untuk menampung senjata nuklir atau mendirikan pangkalan militer di wilayahnya.

NEWS | 20 Mei 2022

Sindir Koalisi Indonesia Bersatu, PDIP: Terlalu Awal

Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto merespons terbentuknya Koalisi Indonesia Bersatu. PDIP menilai koalisi tersebut terlalu awal.

NEWS | 20 Mei 2022

Hasto: Konsolidasi, PDIP Gelar Rakernas pada 10-13 Juni 2022

Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto menyebut PDIP akan menggelar rapat kerja nasional (rakernas) II pada 10-13 Juni 2022.

NEWS | 20 Mei 2022

Polisi Kongo Sita 1,5 Ton Gading Gajah

Aparat kepolisian Kongo menyita 1,5 ton gading gajah yang menandai salah satu yang terbesar di Afrika dalam beberapa tahun.

NEWS | 20 Mei 2022

Meresahkan, Penyelenggara Pinjol Diincar DPRD Kota Bogor

DPRD Kota Bogor saat ini tengah menyiapkan rancangan peraturan daerah (Raperda) tentang perlindungan masyarakat dari dampak pinjaman online (pinjol).

NEWS | 20 Mei 2022

46 Perguruan Tinggi Luar Negeri Siap Terima Mahasiswa Vokasi Indonesia

Ditjen Diksi Kemendikbudristek resmi meluncurkan Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA) Edisi Vokasi pada April lalu.

NEWS | 20 Mei 2022

Kasus Ade Yasin, KPK Usut Temuan Tim Auditor BPK Jabar

Terkait kasus Ade Yasin, KPK mendalami soal sejumlah temuan proyek pekerjaan yang menjadi objek pemeriksaan tim auditor dari BPK Jabar.

NEWS | 20 Mei 2022

Kunjungi Korsel dan Jepang, Biden Perkuat Kepemimpinan AS

Presiden Joe Biden mengunjungi Korsel dan Jepang untuk memperkuat kepemimpinan Amerika Serikat (AS) di Asia

NEWS | 20 Mei 2022


TAG POPULER

# Deddy Corbuzier


# UAS


# Timnas Indonesia


# Minyak Goreng


# Lin Che Wei


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Delegasi DEWG G-20 Nikmati Keistimewaan Kuliner Lokal

Delegasi DEWG G-20 Nikmati Keistimewaan Kuliner Lokal

NEWS | 11 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings