Logo BeritaSatu

Jadi Lokasi Peringatan Sewindu UU Desa, Ini Istimewanya Kasepuhan Ciptagelar

Jumat, 14 Januari 2022 | 21:29 WIB
Oleh : Herman / FER

Sukabumi, Beritasatu.com - Peringatan Sewindu lahirnya Undang-undang Nomor 6 Tahun 2014 atau yang disebut UU Desa akan digelar di Desa Adat Kasepuhan Ciptagelar Desa Sirnaresmi, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi. Desa adat ini berada di pedalaman Gunung Halimun-Salak yang terletak di ketinggian 1.200 Meter Di Atas Laut (MDPL).

Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar menyampaikan, dipilihnya Kasepuhan Ciptagelar sebagai lokasi perayaan Sewindu UU Desa karena daerah ini dikenal sangat memegang teguh adat dan tradisi.

"Kita bersyukur masih punya satu daerah seperti Ciptagelar. Inilah yang harus terus kita lestarikan di Indonesia. Seperti yang selalu saya katakan, membangun desa harus bertumpu pada akar budaya," kata Abdul Halim Iskandar usai acara tasyakuran Sewindu UU Desa di Kasepuhan Ciptagelar, Jumat (14/1/2022).

Jadi Lokasi Peringatan Sewindu UU Desa, Ini Istimewanya Kasepuhan Ciptagelar

Diakui Abdul Halim, tugas Abah Ugi selaku Pemimpin Adat Kasepuhan Ciptagelar memang tidak ringan untuk terus melastarikan dan mengembangkan nilai-nilai yang diwariskan oleh para leluhur.

"Inilah kenapa Sewindu UU Desa dilaksanakan di Kasepuhan Ciptagelar karena kita ingin memberikan apresiasi sekaligus inspirasi bagi tokoh adat di manapun di Indonesia untuk tidak henti-hentinya berjuang mempertahankan bahkan megembangkan nilai leluhur yang diwariskan oleh para leluhur kita," kata Menteri yang akrab disapa Gus Halim ini.

Abah Ugi juga berharap dipilihnya Kasepuhan Ciptagelar sebagai lokasi peringatan Sewindu UU Desa bisa menjadi inspirasi bagi kampung adat lainnya agar tetap semangat memperjuangkan nilai-nilai kebudayaan yang ada di Indonesia. "Mudah-mudahan UU Desa bisa lebih maju lagi, bisa lebih sukses ke depannya," harap Abah Ugi.

Karena sangat memegang teguh adat dan tradisi yang bersandar pada budaya pertanian, khususnya padi, Kasepuhan Ciptagelar telah berhasil mewujukan ketahanan pangan. Stok gabah yang dimiliki bahkan cukup untuk pasokan hingga 5-6 tahun

Abah Ugi mengatakan selama ini warga Kasepuhan Ciptagela tetap mempertahankan cara tradisional dalam menanam padi karena dinilai lebih efektif. Benih yang digunakan juga berberbeda, sehingga membuat gabah yang disimpan di lumbung padi bisa bertahan lama hingga 20-50 tahun.

"Secara turun temurun kita diwariskan oleh leluhur untuk menanam padi secara tradisional. Kurang lebih ada sekitar 168 varietas padi yang disebar abah ke warga. Masing-masing padi itu diregenerasikan, jadi berbeda dari yang umum. Diperlakukannya juga secara alami dan tradisional tanpa bahan kimia, jadi kalau disimpan di lumbung padi bisa bertahan lama," kata Abah Ugi.

Karena bibit yang digunakan berbeda, masa panen berlangsung lebih lama hingga 7 bulan. "Kalau di tempat lain itu 2-3 bulan sudah bisa panen, di sini harus nunggu 7 bulan dulu baru bisa panen. Ini yang membuat gabah yang dipanen lebih tahan lama," ungkap Abah Ugi.

Pola bertani masyarakat Kasepuhan Ciptageler juga berpatok pada rasi bintang. Bertani mengikuti tanda dan simbol langit lewat bintang Kerti dan Kidang. Dengan mengikuti pola ini, bertani padi tidak akan gagal panen karena cuaca atupun gagal karena serangan hama.

Secara administratif, Kasepuhan Ciptagelar berada di wilayah dusun Sukamulya, Desa Sirnaresmi, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi. Warga Kasepuhan Ciptagelar yang berjumlah sekitar 30.000 orang saat ini tersebar di 568 kampung. Berdasarkan catatan yang ada, Kasepuhan Ciptagelar mulai berdiri pada 1368 dan telah beberapa kali mengalami perubahan kepemimpinan yang dilakukan secara turun temurun.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Tiba di Polres Jakarta Selatan, Baim Wong: Mohon Doanya

Pasangan artis Baim Wong dan Paula Verhoev mendatangi Polres Jakarta Selatan untuk diperiksa terkait kasus konten prank KDRT, Jumat (7/10/2022). 

LIFESTYLE | 7 Oktober 2022

Steve Jobs Jadi Inspirasi Mahasiswa S1 Prasmul Ini

Mahasiswa S1 Product Design Engineering Universitas Prasmul Farel Julian Suryadi mengatakan Steve Jobs adalah sosok yang kreatif.

LIFESTYLE | 7 Oktober 2022

Choco & Cheese Fest, Surganya Pencinta Cokelat dan Keju

Cokelat dan keju selalu digandrungi oleh orang-orang dari segala usia dan generasi, dan masih digunakan sebagai bahan utama oleh banyak seniman kuliner.

LIFESTYLE | 7 Oktober 2022

Ini Cara Merawat Kulit dan Mencegah Jerawat di Wajah

Solusi untuk mengatasi jerawat adalah merawat wajah secara rutin dan disertai pola hidup sehat.

LIFESTYLE | 7 Oktober 2022

Leny Rafael Gandeng Wou Batik Pamer Koleksi Baru di ISEF 2022

Leny Rafael mengatakan kolaborasi ini menjadi langkah awal kerja sama dengan Wou Batik menyambut dunia bisnis fashion yang mulai menggeliat.

LIFESTYLE | 7 Oktober 2022

18 Musisi Dunia Siap Guncang Soundrenaline 2022

Sebanyak 18 musisi dunia siap mengguncang Soundrenaline 2022 yang bakal menyedot animo para pecinta musik.

LIFESTYLE | 7 Oktober 2022

Pernikahan Outdoor Jadi Favorit, Kamaya Wedding Tawarkan Konsep 8 Filosofi

Kamaya Wedding Venue Bali turut hadir dalam Pameran Pernikahan Bridestory Market yang digelar 6 - 9 Oktober 2022 di ICE BSD.

LIFESTYLE | 7 Oktober 2022

Wujudkan Pernikahan Impian dengan 3 Langkah Praktis Ini

Pernikahan membutuhkan banyak persiapan dari menentukan konsep, kapasitas undangan hingga perencanaan keuangan.

LIFESTYLE | 6 Oktober 2022

Bantah KDRT, Rizky Billar Beberkan Kronologi Pertengkarannya

Rizky Billar menyatakan tidak ada tindakan kekerasan dalam dua peristiwa yang dilaporkan Lesti Kejora.

LIFESTYLE | 6 Oktober 2022

Kuningan City Mall Akan Gelar Jakarta Kulinary Edition

Kuningan City Mall kembali menghadirkan program kuliner yang dikemas dalam Jakarta Kulinary Edition dengan mengusung tema Delicious Culinary.

LIFESTYLE | 6 Oktober 2022


TAG POPULER

# Jokowi Tak Salami Kapolri


# Banjir Jakarta


# MTsN 19 Jakarta


# Tersangka Tragedi Kanjuruhan


# Mamat Alkatiri


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Diperiksa soal <em>Prank</em> KDRT, Baim Wong Dicecar 25 Pertanyaan

Diperiksa soal Prank KDRT, Baim Wong Dicecar 25 Pertanyaan

NEWS | 12 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings