Logo BeritaSatu

Imbas Gempa Banten, 50 Napi Lapas Rangkasbitung Dievakuasi

Sabtu, 15 Januari 2022 | 13:23 WIB
Oleh : CAH

Jakarta, Beritasatu.com – Sebanyak 50 narapidana Lapas Kelas III Rangkasbitung dievakuasi pascaterjadinya gempa bumi yang berpusat Kabupaten Pandeglang, Banten, Jumat (14/1/2022). Gempa tersebut memiliki kekuatan 6,7 skala richter.

Upaya evakuasi itu disebut untuk melindungi keselamatan para narapidana yang mendiami lapas tersebut.

“Jumat malam kami mengosongkan 5 kamar hunian dengan memindahkan 50 orang narapidana Rinciannya adalah 25 orang dipindahkan ke Rutan Pandeglang, sementara 25 orang lagi dipindahkan ke Lapas Serang,” kata Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Banten Tejo Harwanto, dalam keterangan yang diterima, Sabtu (15/1/2022).

Diketahui, Lapas Rangkasbitung mengalami kerusakan ringan hingga sedang imbas gempa tersebut. Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyatakan terjadi keretakan pada tiang penyangga atap bangunan kamar hunian, sehingga menyebabkan beberapa kamar hunian di lapas tersebut rawan untuk ditempati.

Dalam proses evakuasi, para napi dipindahkan dengan menggunakan mobil ke Rutan Pandeglang dan Lapas Serang dengan pengawalan anggota Polsek Rangkasbitung dan Polres Lebak. Mobil yang digunakan terdiri dari 2 mobil transpas, 1 mobil Polres Lebak, dan 1 mobil dari Kejari Lebak.

“Seluruh proses pemindahan berlangsung secara aman dan tertib dengan memperhatikan protokol kesehatan,” kata Tejo.

Adapun Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas III Rangkasbitung Budi Ruswanto menegaskan pihaknya telah melakukan upaya penanganan pertama dalam merespon terjadinya gempa. Dia menjelaskan pada saat terjadi gempa, para petugas melakukan evakuasi dengan mengumpulkan seluruh napi di lapangan serba guna Lapas Rangkasbitung.

Selain itu, Budi mengatakan pihaknya sudah berkoordinasi dengan Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Lebak untuk meminta bantuan siaga bencana serta Dinas PUPR Kabupaten Lebak untuk memantau kondisi bangunan lapas.

“Upaya evakuasi yang dilakukan setelah terjadinya gempa yang berdampak pada kerusakan bangunan di Lapas Kelas III Rangkasbitung sudah dilakukan sesuai prosedur yang berlaku dengan memperhatikan prokes dan keselamatan para napi dan petugas. Hal ini dilakukan untuk melindungi hak narapidana yakni memperoleh keselamatan,” imbuh Budi.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Peretas Jual Data Nomor Ponsel PM Inggris dan Pejabat Tinggi

Peretas menjual data rahasia nomor PM Inggris dan para pejabat tinggi lainnya. Situs web AS mencantumkan rincian kontak terbaru hampir semua menteri Inggris.

NEWS | 3 Oktober 2022

Rabu, Polri Limpahkan Tahap II Ferdy Sambo Dkk

Pelimpahan tahap II Ferdy Sambo dan kawan-kawan (dkk), tersangka tindak pidana pembunuhan Brigadir J dilaksanakan pada Rabu (5/10/2022).

NEWS | 3 Oktober 2022

Tiga Mahasiswa Tewas Tenggelam di Pantai Klui Lombok Utara

Sebanyak tiga mahasiswa tewas tenggelam di Pantai Klui, Dusun Kelui, Desa Malaka, Kabupaten Lombok Utara, NTB. Minggu (2/10/2022).

NEWS | 3 Oktober 2022

Musim Dingin di Eropa, Ilmuwan Peringatkan Cuaca Lebih Dingin

Ilmuwan memperingatkan perubahan cuaca yang lebih dingin dari biasanya saat musim dingin mendatang di Eropa

NEWS | 3 Oktober 2022

5 Tahun Dipimpin Anies, Dino Patti Djalal Sebut Jakarta Berkembang Pesat

Pendiri FPCI, Dino Patti Djalal menilai Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan telah membawa Jakarta berkembang pesat selama lima tahun belakangan.

NEWS | 3 Oktober 2022

Tragedi Kanjuruhan, Ridwan Kamil Dukung Kompetisi Sepak Bola Dihentikan

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mendukung agar kompetisi sepak bola dihentikan sementara imbas tragedi Kanjuruhan yang menewaskan ratusan orang. 

NEWS | 3 Oktober 2022

Relawan Perkenalkan Ganjar Pranowo Lewat Turnamen PUBG Mobile

Sahabat Ganjar memperkenalkan sosok Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo kepada masyarakat di Kabupaten Belitung, Bangka Belitung melalui turnamen PUBG mobile.

NEWS | 2 Oktober 2022

Kasus Ferdy Sambo, Mahfud MD Sebut Divisi Propram Polri Akan Dirombak

Mahfud MD mengatakan pemerintah merekomendasikan perombakan secara terbatas Divisi Propam Polri buntut dari kasus Brigadir J yang menjerat Ferdy Sambo. 

NEWS | 2 Oktober 2022

Waspada, Gas Air Mata Bisa Berdampak Fatal

Dokter spesialis mata Eka Hospital Bekasi, Moh Arief Herdiawan meminta masyarakat agar mewaspadai gas air mata karena bisa berdampak fatal.

NEWS | 3 Oktober 2022

Bima Arya Mengaku Menikmati Kerja Sama dengan Anies Baswedan

Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto mengaku menikmati jalinan kerja sama dengan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dalam mengelola daerahnya.

NEWS | 3 Oktober 2022


TAG POPULER

# Tragedi Kanjuruhan


# Lesti Kejora


# Pembantaian di Papua Barat


# Arema FC


# Raja Charles III


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Waspada, Gas Air Mata Bisa Berdampak Fatal

Waspada, Gas Air Mata Bisa Berdampak Fatal

NEWS | 2 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings