Logo BeritaSatu

Mahfud Minta BPKP Audit Proyek Satelit Kemhan

Senin, 17 Januari 2022 | 19:07 WIB
Oleh : YUD

Jakarta, Beritasatu.com - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD meminta Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) melakukan audit tujuan tertentu (ATT) terkait pengadaan Satelit Slot Orbit 123 Bujur Timur di Kementerian Pertahanan (Kemhan) .

"Pemerintah menempuh langkah hukum ini setelah melalui pertimbangan mendalam dan komprehensif sampai akhirnya dilakukan audit tujuan tertentu (ATT), bukan hanya audit reguler oleh BPKP," kata Mahfud melalui keterangan, Senin (17/1/2022).

Hasilnya, lanjut dia, ditemukan terjadi dugaan pelanggaran ketentuan peraturan perundang-undangan yang kemudian merugikan keuangan negara dan berpotensi akan terus merugikan keuangan negara.

Pemerintah Indonesia, kata dia, telah membayar gugatan Avanti sebesar Rp515 miliar berdasarkan putusan Arbitrase di London pada tahun 2019.

Bahkan, katanya, pada 2021 Pemerintah Indonesia menerima tagihan lagi sebesar 21 juta dolar AS berdasarkan putusan Arbitrase Singapura atas gugatan Navayo.

"Padahal berdasar hasil audit yang dilakukan BPKP, barang yang diterima dari Navayo sebagian besar diduga selundupan karena tidak ditemukan Dokumen Pemberitahuan Impor Barang di Bea Cukai," kata Menteri Pertahanan era Presiden Abdurrahman Wahid (Gus Dur) ini.

Sedangkan barang yang dilengkapi dengan dokumen hanya bernilai sekitar Rp1,9 miliar atau sekitar 132.000 dolar AS, katanya.

"Saya menghargai pendapat yang disuarakan oleh berbagai pihak dengan segala pro dan kontranya. Saat ini kita ikuti saja proses hukum yang sedang berlangsung sesuai dengan ketentuan hukum," kata Mahfud.

Hingga pada proses hukum ini, katanya, pemerintah sudah membahas dengan berbagai pihak terkait. Bukan hanya sekali atau dua kali, tetapi berkali-kali.

Sebelumnya, Mahfud mengatakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta agar masalah itu segera dibawa ke ranah peradilan pidana.

“Menkominfo setuju, Menkeu bersemangat. Menhan Prabowo, dan Panglima TNI Andika tegas mengatakan bahwa ini harus dipidanakan,” ucap dia.

Bahkan, Menhan dan Panglima TNI tegas mengatakan tidak boleh ada pengistimewaan kepada korupsi dari institusi apa pun. Semua harus tunduk kepada hukum, ucap Mahfud.

"Saya berbicara dengan Jaksa Agung yang ternyata menyatakan kesiapannya dengan mantap untuk mengusut kasus ini," kata Mahfud.

Penyidik Jaksa Agung Muda Tidak Pidana Khusus Kejaksaan Agung memeriksa 11 orang saksi terkait dugaan pelanggaran hukum Proyek Satelit Kementerian Pertahanan (Kemhan) Tahun 2015-2021 yang merugikan keuangan negara sekitar Rp800 miliar.

“Kami sudah memeriksa beberapa pihak, baik dari swasta, rekanan pelaksana maupun dari beberapa orang di Kementerian Pertahanan, jumlah yang diperiksa ada 11 orang,” kata Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Khusus (JAMPidsus) Kejaksaan Agung Febrie Adriansyah dalam konferensi pers di Kejaksaan Agung, Jakarta, Jumat (14/1).

Menurut Febrie, kemungkinan jumlah saksi atau pihak-pihak yang diperiksa akan terus bertambah. Tidak hanya memeriksa saksi-saksi, jaksa penyidik juga menguatkan dari alat bukti surat.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: ANTARA

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Nadiem Sampaikan Belasungkawa Atas Wafatnya Syafii Maarif

Mendikbudristek Nadiem Anwar Makarim menyampaikan belasungkawa atas wafatnya anggota Dewan Pengarah BPIP Syafii Maarif.

NEWS | 27 Mei 2022

CIMB Niaga Finance Luncurkan CNAF Virtual Autoshow 2022

PT CIMB Niaga Auto Finance (CIMB Niaga Finance/CNAF) meluncurkan 3D Virtual Exhibition, CNAF Virtual Autoshow 2022, Jumat (27/5/2022).

NEWS | 27 Mei 2022

Update Covid-19: Turun, Kasus Aktif di Bawah 3.000

Kasus aktif Covid-19 tercatat mengalami penurunan sehingga menjadi di bawah 3.000 pada hari ini, Jumat (27/5/2022).

NEWS | 27 Mei 2022

Baliho Dukung Firli Bahuri Maju Capres Dipastikan Bukan dari KPK

Baliho yang mendukung Firli Bahuri untuk maju pencalonan presiden (capres) 2024 dipastikan bukan dari KPK.

NEWS | 27 Mei 2022

Perempuan Berpendidikan Tinggi Akan Tumbuhkan Generasi Cerdas

Kehadiran perempuan-perempuan yang berpendidikan tinggi akan menjadi tulang punggung bagi tumbuh suburnya generasi cerdas.

NEWS | 27 Mei 2022

Kenang Sosok Buya Syafii, Alissa Wahid: Beliau Berhati Bersih, Bernurani Jernih

Putri Presiden ke-4 RI Abdurrahman Wahid (Gus Dur), Alissa Wahid mengatakan, Buya Syafii Maarif adalah tokoh yang berhati bersih dan bernurani jernih

NEWS | 27 Mei 2022

Firli Bahuri Minta Tak Diganggu Isu Capres 2024

Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri menegaskan, dirinya tidak mau diganggu oleh isu Capres 2024.

NEWS | 27 Mei 2022

Syafii Maarif Tutup Usia, JK: Kita Kehilangan Guru Bangsa

Wakil Presiden ke-10 dan ke-12 RI, Jusuf Kalla (JK) berduka atas wafatnya mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah Ahmad Syafii Maarif.

NEWS | 27 Mei 2022

Wagub DKI Doakan Anak Ridwan Kamil Ditemukan Selamat

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mendoakan putra sulung Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Emmeril Khan Mumtadz ditemukan selamat

NEWS | 27 Mei 2022

Tawaran Tiongkok di Pasifik Berpotensi Kacaukan Kawasan

Tawaran Tiongkok kepada negara-negara di Pasifik berpotensi mengacaukan kawasan. AS menuding Beijing mengambil keuntungan.

NEWS | 27 Mei 2022


TAG POPULER

# Adik Jokowi Menikah


# Yeremia Rambitan


# Joe Biden


# Alex Noerdin


# KRL


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Menlu: Putra Gubernur Ridwan Kamil Belum Ditemukan

Menlu: Putra Gubernur Ridwan Kamil Belum Ditemukan

NEWS | 9 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings