Logo BeritaSatu
Vaksin Merah Putih Terhambat

Mantan Kepala LBM Eijkman: Ada Wacana Pendirian Perusahaan Vaksin Asing

Senin, 17 Januari 2022 | 21:59 WIB
Oleh : Wilsa Azmalia Putri / WM

Jakarta, Beritasatu.com – Mantan Kepala LBM Eijkman Amin Soebandrio menyebutkan dengan adanya peleburan antara Lembaga Eijkman dengan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) memunculkan permasalahan baru. Permasalahan yang timbul, dijelaskannya, seperti kelambatan proses pengembangan vaksin Merah Putih yang berimbas adanya wacana pendirian perusahaan vaksin asing di dalam negeri.

Demikian yang diungkapkan Amin saat RDP dengan Komisi VII DPR, di Gedung DPR, Senin (17/1/2022).

“Dengan adanya proses-proses ini, tidak hanya terjadi kelambatan munculnya vaksin (Merah Putih) di 2022 menjadi 2023, tetapi kerugian dari negara adalah belum siapnya kita menghasilkan vaksin sendiri, sehingga muncul wacana-wacana untuk mendirikan perusahaan vaksin asing di Indonesia,” kata Amin.

Lebih lanjut, dikatakan Amin, rencana pendirian perusahaan vaksin asing tersebut akan merugikan negara dari sudut ekonomi, penyaluran teknologi hingga kemampuan pengembangan vaksin nasional. Amin juga menyebut hal ini dikhawatirkan akan menciptakan kompetisi di “pasar vaksin” serta menyulitkan anak-anak bangsa yang berkontribusi aktif dalam mengembangkan vaksin dalam negeri.

“Pasti nanti akan ada kompetisi di market (pasar) dan akan menyulitkan anak-anak bangsa ini yang sedang berupaya meningkatkan kapasitasnya mengembangkan vaksin sendiri. Itu salah satu kerugian yang mungkin terjadi,” ujar Amin.

Pada kesempatan yang sama, Amin juga memaparkan perihal keterlambatan pengembangan vaksin Merah Putih yang diharapkan untuk bisa mendapatkan izin penggunaan darurat (EUA) pada pertengahan tahun ini, kemungkinan baru bisa didapat pada 2023.

Kelambatan tersebut, dikatakan Amin, disebabkan oleh banyak faktor. Akibat dari adanya peleburan antara LBM Eijkman dengan BRIN, proses pengembangan yang telah dilakukan LBM Eijkman sendiri di awal 2021 ikut terhambat terutama mengenai anggaran yang tidak kunjung cair pada masa itu.

"Kelambatan penyelesaian vaksin Merah Putih oleh Eijkman disebabkan banyak faktor dan beberapa proses yang belum selesai. Sehingga vaksin Merah Putih tidak akan selesai pada pertengahan tahun ini. Mungkin akan selesai pada akhir tahun atau awal tahun 2023, tergantung dari prosesnya nanti” jelas Amin.

Namun demikian, lebih lanjut dijelaskannya, saat ini pihak Bio Farma dan BRIN akan mempersiapkan proses untuk pra uji klinik dan uji klinik fase 1-3 yang diperkirakan akan selesai pada tahun depan.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Margarito Kamis: Sekda Jadi Pj Rentan Conflict of Interest

Pakar hukum tata negara Margarito Kamis menegaskan sekretaris daerah (sekda) yang menjadi penjabat (pj) kepala daerah akan rentan conflict of interest.

NASIONAL | 16 Mei 2022

21 Warga Binaan Pemasyarakatan Jatim Peroleh Remisi Waisak

Hari Raya Waisak punya arti penting bagi umat Buddha, termasuk 21 warga binaan pemasyarakatan (WBP) Budhis di Jawa Timur.

NASIONAL | 16 Mei 2022

Ahmad Sahroni: Pemudik Betul-betul Merasakan Kehadiran Polri

Wakil Ketua Komisi III DPR Ahmad Sahroni menyebut pemudik betul-betul merasakan kehadiran Polri saat arus mudik dan arus balik Lebaran 2022.

NASIONAL | 16 Mei 2022

Napi Terorisme Bebas Murni dari Lapas Rajabasa Bandar Lampung

Warga binaan kasus terorisme bernama Hartanto (38) yang menjalani hukuman di Lapas Kelas I Rajabasa Bandar Lampung.

NASIONAL | 16 Mei 2022

Polresta Bandar Lampung Gelar Rekonstruksi Pengeroyokan Anggota TNI

Polresta Bandar Lampung menggelar rekonstruksi kasus pengeroyokan terhadap anggota TNI Angkatan Darat (TNI AD) Prada AAS.

NASIONAL | 16 Mei 2022

Karantina Pertanian Surabaya Tolak Transit Sapi Asal Kupang

Petugas Karantina Pertanian Surabaya menolak transitnya 736 ekor sapi asal Kupang, NTT di Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya.

NASIONAL | 16 Mei 2022

Kasus Minyak Goreng, Kejagung Lacak Aset para Tersangka

Kejaksaan Agung (Kejagung) saat ini tengah melacak aset-aset dari para tersangka yang diduga terlibat dalam kasus korupsi minyak goreng..

NASIONAL | 16 Mei 2022

Kecelakaan di Tol Surabaya, Bus Dikemudikan Sopir Pengganti

Pengemudi bus yang mengalami kecelakaan di tol Surabaya-Mojokerto ternyata sopir pengganti yang baru membawa bus sekitar 17 km dari lokasi kecelakaan.

NASIONAL | 16 Mei 2022

Sopir Bus Maut Tol Surabaya-Mojokerto Berpotensi Tersangka

Sopir bus maut PO Ardiansyah yang mengalami kecelakaan bus di Tol Surabaya-Mojokerto berpotensi menjadi tersangka.

NASIONAL | 16 Mei 2022

Jaksa Agung: Pengusutan Kasus Minyak Goreng Tetap Berjalan

Jaksa Agung ST Burhanuddin menegaskan pengusutan kasus minyak goreng tetap berjalan sesuai tahap penanganan perkara pidana.

NASIONAL | 16 Mei 2022


TAG POPULER

# Anggota TNI Tewas


# Medina Zein


# Vaksinasi Covid-19


# Piala Thomas


# Timnas Indonesia


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Data Kematian Covid-19 sampai 16 Mei 2022

Data Kematian Covid-19 sampai 16 Mei 2022

BERITA GRAFIK | 13 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings