Logo BeritaSatu

KPK Ultimatum Penerima Aliran Dana Korupsi Tanah Munjul

Senin, 17 Januari 2022 | 23:13 WIB
Oleh : Muhammad Aulia / FFS

Jakarta, Beritasatu.com - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengultimatum para pihak yang kecipratan aliran dana dari dugaan korupsi pengadaan tanah di Munjul, Pondok Ranggon, Jakarta Timur untuk mengembalikan uang yang mereka nikmati. Diketahui, dalam surat dakwaan jaksa KPK terhadap mantan Dirut Perumda Pembangunan Sarana Jaya, Yoory Corneles Pinontoan terungkap dugaan korupsi pengadaan tanah di Munjul merugikan keuangan negara sekitar Rp 152,56 miliar.

"Kami sampaikan kepada siapa pun yang menikmati uang dari hasil tindak pidana korupsi yang berhubungan dengan perkara ini tentu untuk bisa mengembalikan kepeada negara," kata Plt Jubir KPK, Ali Fikri dalam keterangannya, Senin (17/1/2022).

Ali menjelaskan, pengembalian uang hasil korupsi itu bisa dilakukan melalui koordinasi dengan tim jaksa KPK. Nantinya, uang yang dikembalikan akan dirampas dan disetorkan ke kas negara setelah perkara tersebut berkekuatan hukum tetap.

"Nanti kalau kemudian perkara ini sudah mempunyai kekuatan hukum tetap pasti akan dilakukan perampasan dan disetorkan kepada kas negara," katanya.

Ali menyebut salah seorang saksi perkara ini, yakni seorang notaris bernama Yurisca Lady Enggraeni telah berkomunikasi dengan tim jaksa untuk mengembalikan uang yang diterimanya. Namun, Ali belum dapat memerinci total uang yang sudah dikembalikan Yurisca.

"Sejauh ini saksi ini kooperatif, sudah ada komunikasi dengan tim jaksa untuk bisa mengembalikan uang yang berhubungan dengan perkara ini," katanya. Dia sudah berjanji untuk mengembalikan semua uang yang dipakainya.

Dalam surat dakwaan terhadap Yoory, jaksa KPK menyebut korupsi pengadaan tanah Munjul telah memperkaya Yoory, atau orang lain, atau suatu korporasi, yaitu memperkaya Anja Runtuwene dan Rudy Hartono Iskandar selaku pemilik korporasi PT Adonara Propertindo sebesar Rp 152,56 miliar.

Uang hasil korupsi itu dipergunakan Rudi dan Anja untuk kepentingan pribadi, seperti pembelian mobil, apartemen dan pembayaran kartu kredit. Uang itu juga dipergunakan untuk keperluan operasional perusahaan, seperti PT Rhys Auto Gallery yang masih satu grup dengan korporasi PT Adonara Propertindo.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Kecelakaan Bus di Tol Surabaya-Mojokerto, 13 Penumpang Tewas

Kecelakaan Bus Ardiansyah bernomor polisi S 7322 tersebut terjadi setelah menabrak tiang di pinggir bahu jalan tol Surabaya-Mojokerto, sehingga terguling.

NASIONAL | 16 Mei 2022

KPK Duga Wali Kota Ambon Mengondisikan Proses Lelang

KPK mendalami dugaan Wali Kota Ambon Richard Louhenapessy mengondisikan proses lelang pada Pemkot Ambon serta menerima gratifikasi.

NASIONAL | 16 Mei 2022

Ketum PBNU Gus Yahya Ucapkan Selamat Hari Raya Waisak

PBNU Yahya Cholil Staquf atau Gus Yahya mengucapkan selamat merayakan Waisak 2566 Tahun Buddhis.

NASIONAL | 16 Mei 2022

Polisi Gagalkan Penyelundupan Minyak Goreng ke Timor Leste

3 kontainer minyak goreng diamankan anggota Kepolisian Resor Insana Utara, Kabupaten Timor Tengah Utara NTT saat akan diselundupkan ke Timor Leste.

NASIONAL | 16 Mei 2022

Jokowi Ucapkan Selamat Hari Raya Waisak, Yuk Simak

Perseden Jokowi memberikan ucapan Selamat Hari Raya Waisak kepada seluruh umat Buddha di Indonesia.

NASIONAL | 16 Mei 2022

Kejar Ketertinggalan, Gus Halim: Pengelolaan RSNU Harus Profesional

Pengelolaan RSNU selama ini relatif tertinggal dibandingkan dengan penyelenggara layananan kesehatan milik organisasi keagamaan lain.

NASIONAL | 16 Mei 2022

Waduh! Kambing Bantuan Pemkab Kulonprogo Terinfeksi PMK

Seekor kambing milik warga di Pandowan, Galur, Kulonprogo, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) positif mengidap penyakit kuku dan mulut (PMK).

NASIONAL | 16 Mei 2022

Wanita Misterius Berbaju Putih di Lampung Akhirnya Terungkap

Wanita misterius berbaju putih dan berkaca mata hitam yang meminta sumbangan bahkan sampai mematikan listrik rumah pada malam hari.

NASIONAL | 16 Mei 2022

Richard Mille Asia Respons Tudingan Penipuan Jam Tangan Mewah

Richard Mille Asia angkat bicara soal tudingan Tony Sutrisno soal dugaan penipuan terkait pembelian 2 jam Richard Mille senilai Rp 77 miliar.

NASIONAL | 15 Mei 2022

Waisak, Umat Buddha Diajak Perkuat Moderasi Beragama

Menag Yaqut Cholil Qoumas mengajak umat Buddha untuk memperkuat moderasi beragama dalam memperingati Tri Suci Waisak yang jatuh pada Senin (16/5/2022)

NASIONAL | 15 Mei 2022


TAG POPULER

# Anggota TNI Tewas


# Medina Zein


# Vaksinasi Covid-19


# Piala Thomas


# Timnas Indonesia


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Kecelakaan Bus di Tol Surabaya-Mojokerto, 13 Penumpang Tewas

Kecelakaan Bus di Tol Surabaya-Mojokerto, 13 Penumpang Tewas

NASIONAL | 8 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings