Logo BeritaSatu

Lestari Moerdijat Dorong Legislator Punya Pemahaman Utuh Bahas RUU TPKS

Senin, 17 Januari 2022 | 23:45 WIB
Oleh : Yustinus Paat / CAR

Jakarta, Beritasatu.com - Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat mengharapkan para legislator memiliki pemahaman yang utuh atau komprehensif atas Rancangan Undang-Undang Tindak Pidana Kekerasan Seksual (RUU TPKS). Menurut Lestari, pemahaman yang utuh ini bertujuan tujuan utama dari lahirnya UU TPKS bisa terwujud, yakni memberi kepastian hukum dan melindungi korban pada tindak kekerasan seksual.

“Sejumlah pihak memang belum sepenuhnya memahami secara utuh terkait pasal-pasal pada RUU TPKS, sehingga perlu ada upaya untuk memberi pemahaman kepada sejumlah pihak,” kata Lestari di Jakarta, Senin (17/1/2022).

Semangat para legislator, menurut Lestari, memang terkesan menggebu untuk memasukkan sejumlah usulan pada RUU TPKS, dalam menyikapi maraknya tindak kekerasan seksual di masyarakat. Beberapa pihak, katanya, berharap aspek kesusilaan juga diatur dalam RUU TPKS.

Padahal, Lestari menyatakan RUU TPKS dirancang untuk melindungi korban dari aspek yang lebih luas lagi, yaitu kemanusiaan.

“Meletakkan kekerasan seksual sebagai kejahatan kesusilaan dapat mengakibatkan degradasi derajat tindakan kejahatan terhadap nilai-nilai kemanusiaan, yang kemudian hanya meletakkan kejahatan kekerasan seksual sebagai kejahatan moralitas,” tandas Anggota Majelis Tinggi Partai Nasdem ini.

Lestari mengatakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat membuka sidang Kabinet Paripurna, di Istana Negara, Jakarta, pada 10 Mei 2016, menyatakan kejahatan seksual yang marak terjadi sebagai bentuk kejahatan berat dan harus ditangani serius.

Menurut Lestari, memasukkan norma-norma kesusilaan dalam RUU TPKS akan berdampak negatif. Norma tersebut, katanya, malah tidak mampu menjangkau perlindungan terhadap korban, sehingga berakibat pada melemahnya upaya penyelesaian secara hukum.

Apalagi, tambahnya, tindak pidana kesusilaan dalam doktrin hukum pidana, termasuk delik personal atau delik subjektif yang oleh sebab itu tidak bisa diukur secara objektif, seperti tindak pidana kekerasan seksual.

“Sejumlah isu yang belum mendapat pemahaman yang utuh dari sejumlah pihak diharapkan segera disampaikan dengan argumen-argumen yang mudah dipahami sehingga perangkat hukum yang benar-benar memberi kepastian hukum dalam mencegah, melindungi dan merehabilitasi korban dan pelaku kekerasan seksual bisa segera hadir di tengah maraknya tindak kekerasan seksual di masyarakat,” ujarnya.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Ketum PBNU Gus Yahya Ucapkan Selamat Hari Raya Waisak

PBNU Yahya Cholil Staquf atau Gus Yahya mengucapkan selamat merayakan Waisak 2566 Tahun Buddhis.

NASIONAL | 16 Mei 2022

Polisi Gagalkan Penyelundupan Minyak Goreng ke Timor Leste

3 kontainer minyak goreng diamankan anggota Kepolisian Resor Insana Utara, Kabupaten Timor Tengah Utara NTT saat akan diselundupkan ke Timor Leste.

NASIONAL | 16 Mei 2022

Jokowi Ucapkan Selamat Hari Raya Waisak, Yuk Simak

Perseden Jokowi memberikan ucapan Selamat Hari Raya Waisak kepada seluruh umat Buddha di Indonesia.

NASIONAL | 16 Mei 2022

Kejar Ketertinggalan, Gus Halim: Pengelolaan RSNU Harus Profesional

Pengelolaan RSNU selama ini relatif tertinggal dibandingkan dengan penyelenggara layananan kesehatan milik organisasi keagamaan lain.

NASIONAL | 16 Mei 2022

Waduh! Kambing Bantuan Pemkab Kulonprogo Terinfeksi PMK

Seekor kambing milik warga di Pandowan, Galur, Kulonprogo, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) positif mengidap penyakit kuku dan mulut (PMK).

NASIONAL | 16 Mei 2022

Wanita Misterius Berbaju Putih di Lampung Akhirnya Terungkap

Wanita misterius berbaju putih dan berkaca mata hitam yang meminta sumbangan bahkan sampai mematikan listrik rumah pada malam hari.

NASIONAL | 16 Mei 2022

Richard Mille Asia Respons Tudingan Penipuan Jam Tangan Mewah

Richard Mille Asia angkat bicara soal tudingan Tony Sutrisno soal dugaan penipuan terkait pembelian 2 jam Richard Mille senilai Rp 77 miliar.

NASIONAL | 15 Mei 2022

Waisak, Umat Buddha Diajak Perkuat Moderasi Beragama

Menag Yaqut Cholil Qoumas mengajak umat Buddha untuk memperkuat moderasi beragama dalam memperingati Tri Suci Waisak yang jatuh pada Senin (16/5/2022)

NASIONAL | 15 Mei 2022

KNPI Luncurkan Gerakan Membangun Investor of Change Pemuda Indonesia

KNPI meluncurkan program nasional di Gedung Pemuda/KNPI, Kuningan, Jakarta, Minggu (15/5/2022).

NASIONAL | 15 Mei 2022

Elf Tabrak Sejumlah Motor di Karawang, 7 Orang Tewas

Tujuh orang meninggal dunia dan sepuluh orang lainnya luka-luka saat sebuah minibus Elf menabrak belasan motor di Jalan Raya Purwasari, Kabupaten Karawang.

NASIONAL | 15 Mei 2022


TAG POPULER

# Anggota TNI Tewas


# Medina Zein


# Vaksinasi Covid-19


# Piala Thomas


# Timnas Indonesia


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Elon Musk: Indonesia Memiliki Masa Depan yang Hebat

Elon Musk: Indonesia Memiliki Masa Depan yang Hebat

DUNIA | 11 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings