Logo BeritaSatu

Ahli: Penembakan 4 Anggota FPI Tak Salahi Prosedur

Selasa, 18 Januari 2022 | 17:46 WIB
Oleh : BW

Jakarta, Beritasatu.com - Ahli hukum Kepolisian Universitas Krisnadwipayana Kombes Pol (Purn) Warasman Marbun menyampaikan, penembakan empat anggota FPI yang dilakukan oleh dua polisi tidak menyalahi prosedur. Hal ini karena insiden itu masuk kategori situasi ekstrem yang membutuhkan tindakan tegas aparat.

Dalam situasi ekstrem, polisi harus membela dirinya karena jika tidak, maka dia akan mati atau terluka oleh penjahat yang mengancam keselamatan diri aparat, terang Warasman saat memberi keterangan pada sidang pembunuhan sewenang-wenang (unlawful killing) anggota FPI di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan, Jakarta, Selasa (18/1/2022).

Situasi ekstrem, menurut ahli dari tim penasihat hukum, merujuk pada kejadian yang berlangsung tiba-tiba yang mengancam keselamatan nyawa. Dalam situasi itu, aparat tidak punya waktu untuk berpikir atau melakukan tindakan pencegahan.

Jika merujuk pada ilustrasi tim penasihat hukum, yang mirip dengan situasi penembakan anggota FPI di dalam mobil dalam perjalanan menuju Polda Metro Jaya pada 2020, Warasman menyampaikan situasi itu masuk kategori ekstrem karena anggota FPI yang diamankan di dalam mobil berupaya merampas senjata dan menyerang petugas.

Oleh karena itu, Warasman membenarkan perbuatan polisi yang menggunakan senjata api menembak anggota FPI sebagaimana diilustrasikan baik oleh tim penasihat hukum dan penuntut umum dalam persidangan.

“Artinya, penggunaan (senjata api) itu dalam hal menghadapi keadaan luar biasa. Kenapa disebut luar biasa, karena sudah membahayakan. Kalau tidak bertindak, maka saya (polisi) akan mati, atau teman saya akan mati atau orang lain,” terang Ahli.

Penembakan itu ia lanjut menyampaikan sesuai dengan ketentuan dan asas-asas yang diatur dalam Peraturan Kapolri No 8 Tahun 2009 tentang Implementasi Prinsip dan Standar Hak Asasi Manusia Dalam Penyelenggaraan Tugas Kepolisian Negara Republik Indonesia.

Asas-asas itu di antaranya asas proporsionalitas, asas legalitas, dan asas nesesitas.

Ahli, saat menjawab pertanyaan Jaksa Zet Tadung Allo, menyampaikan asas proporsionalitas/keberimbangan tidak dapat sekadar dilihat dari satu pihak memiliki senjata sementara yang lain atau korban tidak bersenjata.

Warasman menegaskan situasi berimbang diukur dari adanya waktu yang tersedia bagi salah satu pihak untuk memilih opsi-opsi lain di luar menembak atau melakukan tindakan yang berujung pada kematian.

Oleh karena itu, jika merujuk pada ilustrasi insiden penembakan anggota FPI, Warasman meyakini polisi telah melakukan tindakan yang berimbang karena insiden itu terjadi pada situasi yang ekstrem dan membahayakan keselamatan petugas.

Sidang unlawful killing di PN Jakarta Selatan, Jakarta, Selasa, menghadirkan satu ahli dari tim penasihat hukum.

Perwakilan tim kuasa hukum Henry Yosodiningrat menyampaikan pihaknya hanya menghadirkan satu ahli pada persidangan.

Dengan demikian, agenda sidang berikutnya pada Selasa (25/1/2022) adalah pemeriksaan terdakwa, yaitu Brigadir Polisi Satu (Briptu) Fikri Ramadhan, Inspektur Polisi Dua (Ipda) Mohammad Yusmin Ohorella, kata Ketua Majelis Hakim Muhammad Arif Nuryanta sebelum menutup persidangan.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: ANTARA

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

YouTube Hapus 70.000 Video Terkait Perang Ukraina

YouTube telah menghapus lebih dari 70.000 video dan 9.000 saluran yang terkait dengan perang di Ukraina karena melanggar pedoman konten

NEWS | 24 Mei 2022

Mendagri Dorong Pembangunan Daerah Perbatasan Pulau Miangas

Mendagri yang juga Kepala BNPP Tito Karnavian mendorong penguatan daerah perbatasan dan pemerataan pembangunan di Pulau Miangas

NEWS | 24 Mei 2022

IYCTC Dorong Anak Muda Tolak Jadi Replacement Smoker

IYCTC mendorong pemerintah perkuat aturan pengendalian produk tembakau, dan melindungi anak muda dari manipulasi industri rokok.

NEWS | 24 Mei 2022

8 Polwan Jadi Kapolsek, Kapolda Metro: Komitmen Kesetaraan Gender

Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran melantik 28 Kapolsek di wilayah hukum Polda Metro Jaya, 8 orang merupakan polisi wanita (polwan)

NEWS | 24 Mei 2022

Harga Minyak Goreng Curah di Subang Kembali Normal

Harga minyak goreng curah di wilayah Subang, Jawa Barat (Jabar) kini telah kembali ke harga normal.

NEWS | 24 Mei 2022

Jadi Pintu Masuk Revisi UU Cipta Kerja, DPR Sahkan RUU P3

Rapat Paripurna DPR akhirnya mengesahkan revisi UU 12/2011 tentang Pembentukan Peraturan Perundang-undangan (P3) dalam Rapat Paripurna ke-32

NEWS | 24 Mei 2022

Satpam Bank BRI Lumpuhkan Perampok dengan Ancaman Bom

Satpam PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) di Majalengka berhasil menggagalkan upaya perampokan dengan ancaman bom rakitan.

NEWS | 24 Mei 2022

PPKM Luar Jawa-Bali, 170 Daerah Berstatus Level 1

Kebijakan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) di luar Jawa-Bali diperpanjang, 170 daerah berstatus level 1

NEWS | 24 Mei 2022

PPKM Level 1, WFO di Wilayah Jabodetabek Bisa 100%

Pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) di Jawa-Bali kembali diperpanjang mulai 24 Mei hingga 6 Juni 2022.

NEWS | 24 Mei 2022

Tak Minat Jadi Penjabat Gubernur Jakarta, Kapolda: Banyak PR

Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran tidak berminat menjadi penjabat Gubernur DKI Jakarta menggantikan Anies Baswedan

NEWS | 24 Mei 2022


TAG POPULER

# Aturan Baru KTP


# Cekcok di Tol


# SEA Games


# HUT Jakarta


# Polisi Selingkuh


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Pluang Tawarkan Investasi Emas Digital Berlisensi Bappebti

Pluang Tawarkan Investasi Emas Digital Berlisensi Bappebti

EKONOMI | 15 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings