Logo BeritaSatu

Forum Rembuk Rakyat Kalimantan Sambut Ibu Kota Nusantara

Selasa, 18 Januari 2022 | 18:27 WIB
Oleh : Carlos KY Paath / LES

Jakarta, Beritasatu.com – Ketua Forum Rembuk Rakyat Kalimantan (FRRK) Decky Samuel menegaskan, pihaknya mengapresiasi pengesahan Rancangan Undang-Undang (RUU) Ibu Kota Negara (IKN) menjadi undang-undang (UU). Decky menyatakan pihaknya mendukung nama IKN baru, yakni Nusantara.

“Kami mengucapkan selamat datang di Ibu Kota Nusantara. Kami mendukung pemerintah untuk menyegerakan proses pemindahan ibu kota negara,” kata Decky di gedung DPR, Jakarta, Selasa (18/1/2022).

Decky mengatakan, IKN mempunyai peran yang penting bagi segala aspek kegiatan pemerintahan. IKN disebut memiliki fungsi utama, yaitu sebagai pusat kekuasaan politik maupun perekonomian suatu negara. Tidak hanya itu, IKN juga mencerminkan sisi kebudayaan dari negara tersebut.

Decky menuturkan pada Agustus 2019, Presiden Joko Widodo (Jokowi) memutuskan IKN dipindah ke wilayah Kalimantan Timur (Kaltim). IKN yang akan dibangun akan lebih smart, green, beautiful dan sustainable.

“Pemindahan IKN ini, karena dalam kajiannya Jakarta sudah sangat kritis ditinjau dari berbagai aspek, seperti geologis, demografis, planologis, infrastruktur, kesehatan lingkungan, dan juga kondisi sosial-budayanya,” kata Decky.

Sementara itu, Sekretaris FRRK Anderyan Noor mengatakan pemindahan IKN akan diikuti oleh perubahan aspek sosial-budaya dan sosial-ekonomi. Tidak hanya dirasakan masyarakat lokal dan pendatang, tetapi memiliki dampak berantai ke seluruh penjuru Tanah Air.

“Pemindahan Sekitar 1,5 juta pendatang, yang terdiri dari aparatur sipil negara dan keluarganya, serta pelaku ekonomi lainnya akan hadir di wilayah ibu kota baru,” kata Anderyan.

“Pertemuan budaya antara masyarakat lokal dan para pendatang akan mengubah struktur sosial dan menciptakan berbagai potensi positif maupun negatif. Memastikan masyarakat lokal tidak hanya menjadi penonton, tetapi ikut aktif dan maju membangun kota pintar IKN memerlukan sejumlah persiapan dan strategi,” ucapnya.

Anderyan mengatakan pembangunan IKN akan menjadi penentu kebangkitan peradaban bangsa Indonesia. Diperlukan suatu kajian sosial, budaya, dan ekonomi yang lebih menyeluruh dan mendalam untuk memastikan terwujudnya kondisi struktural ideal.

Dikatakan, masyarakat se-Kalimantan menyambut IKN sebagai smart city dan penguatan identitas bangsa yang mampu mengintegrasikan kemajuan teknologi informasi. IKN yang mampu memberdayakan SDM, modal sosial, dan infrastruktur telekomunikasi modern. Hal ini, katanya, semata-mata untuk mewujudkan pertumbuhan ekonomi berkelanjutan dan kualitas kehidupan yang tinggi.

“Ketika IKN dibangun sebagai smart city dengan tetap memperhatikan, bahkan memperkuat Identitas Bangsa tentu merupakan sebuah harapan yang mampu membangiktkan semangat kebangsaan dan penanda kebangkitan peradaban,” kata Anderyan.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Amnesty International: Eksekusi Mati Melonjak 20 Persen pada 2021

Amnesty International menyatakan kasus eksekusi mati melonjak 20 persen dan jumlah hukuman mati yang dijatuhkan meningkat 40 persen pada 2021.

NEWS | 24 Mei 2022

Banjir Rob, Gubernur Jateng Kembali Cek Tanggul Laut Jebol

Gubernur Jawa  Tengah Ganjar Pranowo kembali meninjau beberapa titik yang tergenang rob, serta tanggul laut yang jebol, Selasa 24 Mei 2022.

NEWS | 24 Mei 2022

Kemendagri Harus Susun Aturan Teknis Penjabat Kepala Daerah

Saan Mustopa menganjurkan Kemendagri segera membuat dan menyusun aturan teknis penunjukan dan pengangkatan penjabat kepala daerah.

NEWS | 24 Mei 2022

Menko PMK Launching Penanaman 10 Juta Pohon Mangrove

Menko PMK Muhadjir Effendy saat me-launching penanaman 10 juta pohon mangrove di 34 provinsi di Indonesia.

NEWS | 24 Mei 2022

Westlife Gelar Konser di Jakarta pada 11 Februari 2023

Westlife akan menggelar konser The Wild Dreams Tour pada 11 Februari 2023 di Stadion Madya, Gelora Bung Karno, Jakarta.

NEWS | 24 Mei 2022

BPBD Jateng Kerahkan Tim ke Daerah Terdampak Banjir Rob

BPBD Jateng mengerahkan tim ke daerah terdampak banjir rob yang terjadi di wilayahnya. Tim akan siaga di posko hingga dapur umum.

NEWS | 24 Mei 2022

Empat Negara Eropa Serukan Perampasan Aset Rusia untuk Ukraina

Empat negara Eropa menyerukan perampasan aset Rusia untuk rekonstruksi Ukraina. Seruan disampaikan lewat surat dari Lithuania, Slovakia, Latvia dan Estonia

NEWS | 24 Mei 2022

Aruna Hadiri Pra-KTT III Y-20 Indonesia di Balikpapan

Aruna, perusahaan perikanan terintegrasi asal Indonesia diundang untuk menjadi bagian dari Pra-KTT III Y20 Indonesia  di Balikpapan, Kaltim.

NEWS | 24 Mei 2022

Rajungan Berpotensi Jadi Unggulan Sektor Perikanan Lampung

Gubernur Arinal Djunaidi menyebut potensi sumber daya kelautan dan perikanan Provinsi Lampung sangat besar, termasuk rajungan.

NEWS | 24 Mei 2022

78 Sapi Terpapar PMK di Lampung Sebagian Besar Sembuh

Sebanyak 78 ekor ternak sapi di Provinsi Lampung telah terindikasi terpapar penyakit mulut dan kuku (PMK) berdasarkan data hingga Senin, 23 Mei 2022

NEWS | 24 Mei 2022


TAG POPULER

# Aturan Baru KTP


# Cekcok di Tol


# SEA Games


# HUT Jakarta


# Polisi Selingkuh


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Gubernur BI Sebut Indikator Ekonomi Kuartal II Terus Menguat

Gubernur BI Sebut Indikator Ekonomi Kuartal II Terus Menguat

EKONOMI | 7 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings