Logo BeritaSatu

KPK Sita Aset Bupati HSU Senilai Belasan Miliar Rupiah Terkait Pencucian Uang

Selasa, 18 Januari 2022 | 18:36 WIB
Oleh : Muhammad Aulia / FFS

Jakarta, Beritasatu.com - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyita sejumlah aset milik Bupati nonaktif Hulu Sungai Utara (HSU) Abdul Wahid. Aset-aset dengan nilai total mencapai belasan miliar rupiah itu disita KPK lantaran diduga terkait dengan kasus dugaan suap, gratifikasi dan tindak pidana pencucian uang (TPPU) yang menjerat Abdul Wahid sebagai tersangka.

"Tim penyidik KPK telah melakukan penyitaan berbagai aset dari tersangka AW (Abdul Wahid) terkait dugaan adanya penerimaan suap, gratifikasi dan TPPU," kata Plt Jubir KPK Ali Fikri dalam keterangannya, Selasa (18/1/2022).

KPK menduga Abdul telah mempergunakan uang suap dan gratifikasi yang diterimanya untuk membeli sejumlah aset dalam bentuk tanah dan bangunan serta kendaraan bermotor. Pembelian aset itu dengan mengatasnamakan pihak lain itu diduga dilakukan Abdul Wahid untuk menyembunyikan atau menyamarkan asal usul harta kekayaannya yang berasal dari tindak pidana korupsi.

"Tim penyidik menduga kuat adanya kesengajaan tersangka AW dalam melakukan transaksi keuangan tidak melalui jasa layanan transaksi keuangan yang sah dan menyembunyikan hingga menyamarkan asal usul harta kekayaannya dengan mengatasnamakan pihak-pihak lain," kata Ali.

Ali memaparkan sejumlah aset Abdul Wahid yang disita tim penyidik KPK, di antaranya tanah dan bangunan yang berada di wilayah Kabupaten Hulu Sungai Utara dan sekitarnya dengan nilai Rp 10 miliar serta uang tunai dalam bentuk mata uang rupiah dan mata uang asing yang jumlahnya sekitar Rp 4,2 miliar. Selain itu, tim penyidik juga menyita kendaraan bermotor yang diduga milik Abdul.

"Seluruh barang bukti ini akan di konfirmasi kepada para saksi, baik saat proses penyidikan hingga proses pembuktian di persidangan," kata Ali.

Ali mengatakan, aset-aset itu akan dirampas setelah perkara yang menjerat Abdul Wahid berkekuatan hukum tetap.. Hal ini merupakan salah satu capaian dan tambahan pemasukan bagi negara dari asset recovery tindak pidana korupsi maupun TPPU untuk dipergunakan bagi pembangunan.

"Dalam suatu penanganan perkara TPPU, KPK juga mengharapkan peran masyarakat jika mengetahui aset-aset lainnya yang diduga terkait dalam perkara ini, dapat menginformasikannya kepada KPK. Hal ini sebagai wujud keturutsertaan masyarakat dlm upaya pemberantasan korupsi dan optimalisasi penerimaan negara melalui penegakkan hukum," kata Ali.

Diketahui, KPK menetapkan Abdul Wahid sebagai tersangka kasus dugaan pencucian uang. Penerapan pasal tindak pidana pencucian uang (TPPU) ini merupakan pengembangan dari penyidikan kasus dugaan suap dan gratifikasi terkait pengadaan barang dan jasa di Kabupaten HSU pada 2021 sampai 2022 yang menjerat Abdul Wahid.

Pasal TPPU itu diterapkan lantaran KPK menemukan adanya dugaan Abdul Wahid menyembunyikan atau menyamarkan uang suap dan gratifikasi yang diterimanya. Abdul Wahid diduga membeli aset berupa properti, kendaraan dan menempatkan uang dalam rekening bank untuk menyamarkan dan mengubah bentuk suap dan gratifikasi yang diterimanya.

Terdapat sejumlah aset milik Abdul Wahid yang tidak terdaftar dalam laporan harta kekayaan penyelenggara negara (LHKPN) miliknya. Beberapa di antaranya, seperti properti, mobil dan sejumlah uang dalam bentuk rupiah dan mata uang asing sudah disita KPK.

Sebelumnya, Abdul Wahid ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan suap dan gratifikasi dalam pengembangan kasus dugaan penerimaan hadiah atau janji oleh penyelenggara negara terkait pengadaan barang dan jasa di Kabupaten HSU pada 2021 sampai 2022.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Update Covid-19: Tambah 345, Kasus Baru Naik Dua Kali Lipat

Kasus baru positif harian Covid-19 di Indonesia dilaporkan Kementerian Kesehatan hari ini naik dua kali lipat dibandingkan kemarin.

NEWS | 24 Mei 2022

Siloam Hospitals Manado Ingatkan Pentingnya Hidup Sehat

Siloam Hospitals Manado, Sulawesi Utara mengingatkan tentang pentingnya menjaga polda hidup sehat.

NEWS | 24 Mei 2022

Amnesty International: Eksekusi Mati Melonjak 20 Persen pada 2021

Amnesty International menyatakan kasus eksekusi mati melonjak 20 persen dan jumlah hukuman mati yang dijatuhkan meningkat 40 persen pada 2021.

NEWS | 24 Mei 2022

Banjir Rob, Gubernur Jateng Kembali Cek Tanggul Laut Jebol

Gubernur Jawa  Tengah Ganjar Pranowo kembali meninjau beberapa titik yang tergenang rob, serta tanggul laut yang jebol, Selasa 24 Mei 2022.

NEWS | 24 Mei 2022

Kemendagri Harus Susun Aturan Teknis Penjabat Kepala Daerah

Saan Mustopa menganjurkan Kemendagri segera membuat dan menyusun aturan teknis penunjukan dan pengangkatan penjabat kepala daerah.

NEWS | 24 Mei 2022

Menko PMK Launching Penanaman 10 Juta Pohon Mangrove

Menko PMK Muhadjir Effendy saat me-launching penanaman 10 juta pohon mangrove di 34 provinsi di Indonesia.

NEWS | 24 Mei 2022

Westlife Gelar Konser di Jakarta pada 11 Februari 2023

Westlife akan menggelar konser The Wild Dreams Tour pada 11 Februari 2023 di Stadion Madya, Gelora Bung Karno, Jakarta.

NEWS | 24 Mei 2022

BPBD Jateng Kerahkan Tim ke Daerah Terdampak Banjir Rob

BPBD Jateng mengerahkan tim ke daerah terdampak banjir rob yang terjadi di wilayahnya. Tim akan siaga di posko hingga dapur umum.

NEWS | 24 Mei 2022

Empat Negara Eropa Serukan Perampasan Aset Rusia untuk Ukraina

Empat negara Eropa menyerukan perampasan aset Rusia untuk rekonstruksi Ukraina. Seruan disampaikan lewat surat dari Lithuania, Slovakia, Latvia dan Estonia

NEWS | 24 Mei 2022

Aruna Hadiri Pra-KTT III Y-20 Indonesia di Balikpapan

Aruna, perusahaan perikanan terintegrasi asal Indonesia diundang untuk menjadi bagian dari Pra-KTT III Y20 Indonesia  di Balikpapan, Kaltim.

NEWS | 24 Mei 2022


TAG POPULER

# Aturan Baru KTP


# Cekcok di Tol


# SEA Games


# HUT Jakarta


# Polisi Selingkuh


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Gubernur Kalsel Resmikan Rumah Sakit ke-40 Siloam di Banjarmasin

Gubernur Kalsel Resmikan Rumah Sakit ke-40 Siloam di Banjarmasin

NEWS | 10 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings