Logo BeritaSatu

MAKI Kecewa terhadap Vonis Nihil Heru Hidayat

Rabu, 19 Januari 2022 | 11:11 WIB
Oleh : Muhammad Aulia / RSAT

Jakarta, Beritasatu.com - Masyarakat Anti Korupsi Indonesia (MAKI) menyatakan kecewa terhadap vonis majelis hakim tindak pidana korupsi (Tipikor) yang memvonis nihil Presiden Komisari PT Trada Alam Minera Heru Hidayat dalam kasus korupsi di PT Asabri. Vonis itu disebut tidak mencerminkan keadilan untuk masyarakat.

"MAKI menyatakan kecewa atas putusan tersebut. Jika tidak memberi hukuman mati sesuai tuntutan jaksa, semestinya tetap memberikan hukuman seumur hidup atau hukuman seumur hidup secara bersyarat," kata Koordinator MAKI Boyamin Saiman dalam keterangannya, Rabu (19/1/2022).

Boyamin menyoroti kemungkinan vonis seumur hidup Heru di kasus sebelumnya yakni korupsi PT Asuransi Jiwasraya dapat berkurang atau bahkan bebas lewat mekanisme Peninjauan Kembali (PK). Jika hal itu, terjadi, vonis seumur hidup dalam kasus korupsi Asabri bisa tetap berlaku untuk Heru Hidayat.

Dia juga mengacu Pasal 193 Ayat (1) KUHAP. Pasal itu menegaskan terdakwa yang dinyatakan bersalah oleh hakim harus dijatuhi hukuman pidana. Hakim tidak boleh memvonis nihil mengingat Heru Hidayat divonis seumur hidup, bukan penjara maksimal 20 tahun.

"Putusan kemarin menyatakan perbuatan terdakwa Heru Hidayat terbukti. Mestinya dipidana dan bukan nihil. Bisa seumur hidup atau mati," ungkap Boyamin.

Atas dasar itu, Boyamin mendorong pihak jaksa penuntut untuk mengajukan banding terhadap vonis nihil dari hakim. Dia juga mengatakan vonis mati sebetulnya adalah hukuman yang paling proporsional untuk Heru Hidayat.

"Mengingat perbuatan Heru Hidayat sangat merugikan negara, masyarakat, dan nasabah (Jiwasraya dan Asabri) secara berulang," imbuhnya.

Diketahui, majelis hakim Tipikor memvonis nihil Presiden Komisaris PT Trada Alam Minera Heru Hidayat. Heru terbukti bersalah dalam kasus korupsi PT Asabri.

"Menyatakan terdakwa Heru Hidayat sah meyakinkan melakukan tindak pidana korupsi dalam dakwaan ke 1 primer dan TPPU sebagaimana dalam dakwaan ke 2 primer menjatuhkan pidana dengan pidana nihil," kata Ketua Majelis Hakim IG Eko Purwanto dalam putusannya.

Vonis ini jauh lebih ringan dibanding tuntutan jaksa yang menuntut Heru divonis hukuman mati oleh majelis hakim. Selain itu, Heru juga diwajibkan membayar ganti rugi sebesar Rp 12,6 triliun.

Vonis nihil diberikan oleh hakim karena Heru sudah berstatus sebagai narapidana di perkara lain yakni korupsi di Jiwasraya. Adapun dalam perkara tersebut, Heru sudah divonis hukuman maksimal yakni seumur hidup.

"Meski bersalah tapi karena terdakwa telah dijatuhi hukuman seumur hidup, maka pidana yang dijatuhi dalam perkara a quo adalah nihil," kata Eko.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Waspada, Rob Berpotensi Terjadi di 9 Wilayah di Jakut

BPBD DKI meminta 9 wilayah di Jakut mewaspadai Rob setelah melihat kenaikan  tinggi muka air Pintu Air Pasar Ikan menjadi 252 sentimeter.

NEWS | 28 Mei 2022

Formula E Jakarta Gaet 7 Sponsor Dalam Negeri

Panitia penyelenggara Formula E Jakarta menggaet tujuh sponsor dalam negeri untuk mendukung pelaksanaan ajang balap mobil listrik di Ancol.

NEWS | 28 Mei 2022

Tangkal Hoax, Sekolah GPM Gelar Pelatihan Literasi Digital

Puluhan guru Sekolah Global Persada Mandiri (GPM) Kota Bekasi mengikuti pelatihan literasi digital untuk menangkal hoax.

NEWS | 28 Mei 2022

Warga Sambut Gowes Sehat Wali kota se-Indonesia di Bandar Lampung

Ratusan warga Bandar Lampung antuasias menyambut wali kota se-Indonesia yang mengikuti kegiatan gowes sehat dalam rangka HUT ke-22 Apeksi.

NEWS | 28 Mei 2022

Bima Arya Ajak 98 Wali Kota Bangkitkan Ekonomi dengan Produk Lokal

Ketua Apeksi yang juga Wali Kota Bogor Bima Arya mengajak 98 wali kota untuk berkolaborasi membangkitkan ekonomi tanah air dengan menggunakan produk lokal.

NEWS | 28 Mei 2022

Abhinaya Satya Lestari, Tema Hari Jadi Ke-540 Bogor

Pada 3 Juni 2022 nanti, Kota Bogor genap berusia 540 tahun. Peringatan Hari Jadi Kota Hujan tahun ini mengusung tema Abhinaya Satya Lestari.

NEWS | 28 Mei 2022

Khofifah Harap Koleksi Buku Buya Syafii Maarif Dihibahkan ke Ponpes

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa berharap koleksi buku milik almarhum Buya Syafii Maarif dapat dihibahkan ke salah satu pondok pesantren.

NEWS | 28 Mei 2022

Sahabat Ganjar Depok Deklarasi Dukungan untuk Ganjar Pranowo

Relawan Sahabat Ganjar DPC Kota Depok memimpin deklarasi dukungan untuk pemenangan Ganjar Pranowo di Depok.

NEWS | 28 Mei 2022

Pencuri Besi Proyek Kereta Cepat di Bekasi Dibebaskan

Melalui restorative justice, pencuri besi di proyek kereta cepat Jakarta-Bandung di Bekasi dibebaskan pihak kepolisian. 

NEWS | 28 Mei 2022

Ketum IA-ITB: Teknologi Alat Utama Dongkrak Pemulihan Ekonomi

Ketum IA-ITB mengatakan teknologi merupakan salah satu alat utama untuk mendongkrak pemulihan ekonomi pascapandemi Covid-19.

NEWS | 28 Mei 2022


TAG POPULER

# Adik Jokowi Menikah


# Yeremia Rambitan


# Joe Biden


# Alex Noerdin


# KRL


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Real Madrid Juara, Carlo Ancelotti Torehkan Sejarah

Real Madrid Juara, Carlo Ancelotti Torehkan Sejarah

BOLA | 29 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings