Logo BeritaSatu

Sabrina Sihombing Dikukuhkan Sebagai Guru Besar Ilmu Manajemen UPH

Rabu, 19 Januari 2022 | 16:27 WIB
Oleh : Hendro D Situmorang / JAS

Tangerang, Beritasatu.com – Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Pelita Harapan (UPH), Prof Dr Sabrina Oktaria Sihombing, SE, MBus, dikukuhkan menjadi Guru Besar Ilmu Manajemen pada Rabu (19/1/2022) di Grand Chapel UPH, Tangerang, berdasarkan Surat Keputusan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) tertanggal 1 Oktober 2021.

Pada acara pengukuhan, Sabrina menyampaikan orasi ilmiahnya yang berjudul “Peran Penting Nilai dalam Manajemen Berkelanjutan”. Melalui paparannya, ia menyampaikan bahwa pentingnya memahami nilai-nilai pribadi yang dapat memengaruhi perilaku individu untuk mencapai manajemen berkelanjutan.

“Manajemen berkaitan dengan orang-orang yang melakukan aktivitas tertentu untuk mencapai tujuan perusahaan. Dengan demikian, dalam manajemen perlu pemahaman yang baik akan faktor-faktor eksternal dan internal yang dapat memengaruhi perilaku individual," papar Sabrina.

"Salah satu faktor internal utama yang dipercaya sebagai fondasi dalam memengaruhi perilaku seseorang adalah nilai-nilai pribadi. Nilai-nilai pribadi kemudian terbentuk yang merepresentasikan keyakinan, prinsip, serta kualitas dari orang tersebut. Nilai-nilai pribadi yang kemudian akan memengaruhi pemikiran, perasaan, dan tindakan orang tersebut,” lanjut dia.

Ia menambahkan bahwa dalam manajemen keberlanjutan, nilai-nilai pribadi juga memengaruhi nilai-nilai kerja. Nilai kerja adalah apa yang dianggap seseorang sebagai sesuatu yang penting dan relevan saat bekerja. Nilai-nilai kerja akan memengaruhi komitmen, kinerja, loyalitas, dan lainnya yang berkaitan dengan pekerjaan.

Pemahaman akan nilai-nilai kerja karyawan merupakan hal yang perlu diperhatikan dalam memotivasi mereka untuk berkomitmen dan produktif dalam pekerjaannya. Menurutnya, pemahaman akan nilai-nilai pribadi dan nilai kerja yang selaras dengan nilai perusahaan akan mendukung keberlangsungan perusahaan tersebut.

“Pemahaman akan nilai-nilai pribadi yang selaras dengan nilai perusahaan akan mendukung keberlangsungan perusahaan tersebut. Penerapan manajemen yang berkelanjutan dan bertanggung jawab dalam bisnis, pemerintahan, dan masyarakat, membutuhkan orang-orang yang dapat memikul tanggung jawab untuk proses keberlanjutan tersebut. Penelitian dan literatur telah menunjukkan bahwa karakteristik individu, yaitu nilai-nilai pribadi, merupakan elemen kunci dalam penerapan tersebut,” jelas Sabrina.

Ia berharap, buah hasil penelitiannya ini dapat memberikan suatu pandangan baru tentang pentingnya memahami nilai-nilai pribadi seseorang untuk mendukung keberlangsungan perusahaan.

Dengan kembali adanya penambahan Guru Besar di UPH, yaitu Prof Dr Sabrina Oktaria Sihombing sebagai guru besar di bidang ilmu manajemen, telah menjadi kebanggaan tersendiri bagi UPH. Melalui hal ini juga UPH menunjukkan komitmennya untuk terus mendukung perkembangan keilmuan pendidikan manajemen agar semakin relevan dengan situasi kehidupan terkini.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Demo 21 Mei, La Nyalla Minta Masyarakat Waspadai Provokator

Ketua DPD, La Nyalla Mattalitti mengatakan demo 21 Mei yang digelar sejumlah elemen masyarakat merupakan hak warga yang dijamin konstitusi.

NEWS | 21 Mei 2022

Otto Hasibuan Sebut Pernyataan Hotman Paris Picu Keonaran

Ketua Umum Persatuan Advokat Indonesia (Peradi) Otto Hasibuan menyatakan pernyataan pengacara Hotman Paris terkait organisasi advokat memicu keonaran. 

NEWS | 20 Mei 2022

Cegah Penularan Virus Hendra, Ini Saran dari Pakar

Guna mencegah penularan virus Hendra terdapat beberapa langkah pencegahan yang dapat dilakukan.

NEWS | 20 Mei 2022

LGP Optimistis PDIP Usung Kader Sendiri di Pilpres 2024

LGP atau Laskar Ganjar-Puan optimistis PDIP bakal mengusung kaderya sendiri di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024

NEWS | 20 Mei 2022

Otto Ungkap Anak Hotman Paris Minta Rekomendasinya untuk Bekerja

Ketua Umum Peradi, Otto Hasibuan menyebut anak Hotman Paris, Felicia Putri Parisienne Hutapea pernah meminta rekomendasinya untuk bekerja sebagai advokat.

NEWS | 20 Mei 2022

Epidemiolog Ingatkan Bahaya dari Virus Hendra dan Nipah

Ancaman pandemi Covid-19 yang belum berakhir kini, bahaya dari virus Hendra serta Nipah harus diwaspadai.

NEWS | 20 Mei 2022

Ibas Jajal Sepeda Downhill di Benteng Bukit Lodenok

Ketua Fraksi Partai Demokrat DPR Edhie Baskoro Yudhoyono atau Ibas menjajal sepeda downhill di Bukti Lodenok saat pulang ke kampung halamannya di Pacitan.

NEWS | 20 Mei 2022

Kemendagri Tingkatkan Mutu Pelayanan Pengelolaan Sampah

Kemendagri melakukan upaya guna meningkatkan pelayanan pengelolaan sampah di Provinsi, Kabupaten/Kota.

NEWS | 20 Mei 2022

Survei INES: Airlangga Hartarto Layak Maju di Pilpres 2024

Survei INES menyebutkan, Airlangga Hartarto layak maju dalam pemilihan presiden (Pilpres) 2024

NEWS | 20 Mei 2022

Raja Yordania Tempatkan Saudara Tirinya di Tahanan Rumah

Raja Yordania Abdullah telah menempatkan saudara tirinya Pangeran Hamzah di bawah tahanan rumah, membatasi komunikasi dan gerakannya.

NEWS | 20 Mei 2022


TAG POPULER

# Deddy Corbuzier


# UAS


# Timnas Indonesia


# Minyak Goreng


# Lin Che Wei


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Demo 21 Mei, La Nyalla Minta Masyarakat Waspadai Provokator

Demo 21 Mei, La Nyalla Minta Masyarakat Waspadai Provokator

NEWS | 3 jam yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings