Logo BeritaSatu

Nadiem: Kemendikbudristek selalu Berpihak pada Guru Honorer

Rabu, 19 Januari 2022 | 16:37 WIB
Oleh : Maria Fatima Bona / JEM

Jakarta, Beritasatu.com - Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Anwar Makarim menegaskan, dalam proses rekrutmen guru honorer skema pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (P3K), Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) akan selalu berpihak pada guru honorer.

“Kemendikbudristek mengambil posisi yang sangat jelas di sini, walaupun ini bukan keputusan Kemendikbudristek tapi ini keputusan panselnas (panitia seleksi nasional) terdiri dari beberapa pihak, posisi Kemendikbudristek ada di sini untuk guru honorer,” kata Nadiem pada Rapat Kerja Komisi X DPR di Gedung DPR, Rabu (19/1/2022).

“Artinya apa, kami mengambil posisi dan berjuang di panselnas untuk guru- guru yang sudah lolos passing grade tetapi belum dapat formasi. Kita ingin dia (guru) tidak harus tes lagi pada saat formasinya keluar dia langsung dapat,” sambungnya.

Untuk itu, Nadiem berharap para guru honorer dan organisasi guru menyadari posisi Kemendikbudristek. Menurut Nadiem, pihaknya terus berjuang hingga ada perubahan peraturan menteri pendayagunaan aparatur negara dan reformasi birokrasi.

Adapun perubahan seperti para guru yang telah lolos passing grade yang formasinya belum dibuka tidak perlu mengikuti seleksi ulang ketika pemerintah daerah (pemda) membuka formasi tersebut. Para guru tersebut secara otomatis mengisi formasi yang ada.

“Kita mengambil posisi yang sangat jelas untuk membela hak guru yang sudah passing grade tetapi belum mendapat formasi,” ucapnya.

Selanjutnya, kata Nadiem, pihaknya juga memperjuangkan afirmasi agar memberi kesempatan prioritas bagi guru honorer di sekolah negeri induk untuk menjadi P3K (Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja) di sekolah tersebut.

“Itu perjuangan kedua kita untuk memastikan dan memaksimalkan bahwa kita memberikan kesempatan terbesar terlebih dahulu bagi guru-guru honorer di sekolah negeri di sekolah induknya, sehingga dia mendapatkan kesempatan terbesar,” terang Nadiem.

Nadiem juga menuturkan, bentuk keberpihakkan Kemendikbudristek terwujud dengan hampir 300.000 guru honorer diangkat menjadi P3K pada seleksi tahap I tahun 2021 lalu.

“Guru honorer yang tadinya pendapatan Rp 300.000 atau Rp 400.000 per bulan dengan gaji begitu kecil ini, sekarang telah menjadi P3K, sehingga 300.000 guru honorer sekarang kesejahteraannya terjamin,” ucapnya

“Menurut saya suatu hal patut untuk dirayakan walaupun seleksi belum sempurna, kita akan terus memperjuangkan hak-hak guru induk guru honorer. Angka 300.000 tidak kecil, ini akan mengubah kehidupan dan kesejahteraan mereka selama-selamanya,” ucapnya.

Kendati demikian, untuk nasib guru honorer yang selama ini bekerja di sekolah swasta atau yayasan yang lolos P3K, Nadiem mengatakan, undang-undang tentang aparatur sipil negara (ASN) mengunci 2 hal dalam rekrutmen P3K.

Pertama, seleksi P3K untuk guru ini dapat diikuti oleh semua guru honorer baik yang ada di sekolah sekolah negeri maupun sekolah swasta.

Kedua, pegawai ASN harus bekerja di dalam organisasi pemerintahan dan tidak bisa bekerja pada pihak swasta. Untuk itu, bagi guru yang selama ini mengajar sekolah swasta tentu harus menjadi ASN P3K di sekolah negeri.

“Jadi ini dua hal yang memang dikunci oleh Undang-Undang ASN,’ ucapnya.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Wakapolri Harap KBPP Polri Jaga Nama Baik Organisasi

Wakapolri Komjen Pol Gatot Eddy Pramono berharap Keluarga Besar Putra Putri (KBPP) Polri diharapkan untuk selalu menjaga nama baik organisasi.

NEWS | 20 Mei 2022

Terima KIP, Mahasiswa UMNU Kebumen Terima Kasih ke Puan

Ratusan Mahasiswa Universitas Ma'arif Nahdlatul Ulama (UMNU) Kebumen menyampaikan apresiasi dan berterima kasih kepada Ketua DPR Puan Maharani.

NEWS | 20 Mei 2022

Komisi VI DPR Minta Kejagung Tuntaskan Kasus Ekspor CPO

DPR meminta Kejaksaan Agung (Kejagung) dapat menuntaskan kasus ekspor crude palm oil (CPO) atau kasus minyak goreng.

NEWS | 20 Mei 2022

Kasus Cacar Monyet Pertama Terdeteksi di Australia

Australia pada hari Jumat (20/5/2022) melaporkan kasus cacar monyet pertamanya pada seorang pelancong yang baru saja kembali dari Inggris.

NEWS | 20 Mei 2022

Perkara Jiwasraya, Kejagung Sita Aset Tambang Heru Hidayat

Kejagung menyita aset berupa tambang seluas 5.350 hektare milik terpidana perkara korupsi PT Asuransi Jiwasraya (Persero), Heru Hidayat

NEWS | 20 Mei 2022

Vaksin Merah Putih Segera Jalani Uji Klinik Fase 3

Vaksin Merah Putih yang dikembangkan Unair segera menjalani uji klinik fase 3 pada bulan Juni 2022 mendatang.

NEWS | 20 Mei 2022






TAG POPULER

# Deddy Corbuzier


# UAS


# Timnas Indonesia


# Minyak Goreng


# Lin Che Wei


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Semangat Harkitnas Sejalan dengan Presidensi G-20 Indonesia

Semangat Harkitnas Sejalan dengan Presidensi G-20 Indonesia

NEWS | 7 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings