Logo BeritaSatu

BMKG: Waspada Gelombang Tinggi hingga 4 Meter pada 19-20 Januari

Rabu, 19 Januari 2022 | 16:55 WIB
Oleh : Maria Fatima Bona / JEM

Jakarta, Beritasatu.com - Badan Meteorologi Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini gelombang tinggi hingga 4 meter yang berpotensi terjadi di beberapa wilayah perairan pada 19-20 Januari 2022.

Pola angin wilayah Indonesia bagian utara dominan bergerak dari barat laut-timur laut dengan kecepatan angin berkisar 5-20 knot, sedangkan di wilayah Indonesia bagian selatan dominan bergerak dari barat daya-barat laut dengan kecepatan angin berkisar 5-30 knot. Kecepatan angin tertinggi terpantau di perairan barat Sumatera Barat, perairan Kepulauan Mentawai, Laut Jawa bagian timur, dan Laut Banda.

BMKG menyebutkan kondisi tersebut menyebabkan peningkatan gelombang yang lebih tinggi di kisaran 2,50 hingga 4 meter berpeluang terjadi di perairan barat Kepulauan Mentawai, perairan Enggano-Bengkulu, perairan barat Lampung, Samudra Hindia barat Nias-Lampung, Selat Sunda bagian barat dan selatan, perairan selatan Banten, perairan selatan Jawa Tengah-Jawa Timur, Samudra Hindia selatan Jawa-Bali, Laut Natuna utara, perairan utara Kepulauan Anambas-Kepulauan Natuna dan Laut Banda.

Potensi gelombang tinggi di beberapa wilayah tersebut dapat berisiko terhadap keselamatan pelayaran. Untuk itu, BMKG selalu mengimbau masyarakat untuk selalu waspada, terutama bagi nelayan yang beraktivitas dengan moda transportasi seperti perahu nelayan dengan kecepatan angin lebih dari 15 knot dan tinggi gelombang di atas 1,25 meter.

Kapal tongkang dengan kecepatan angin lebih dari 16 knot dan tinggi gelombang di atas 1,5 meter. Kapal feri dengan kecepatan angin lebih dari 21 knot dan tinggi gelombang di atas 2,5 meter dan kapal ukuran besar seperti kapal kargo/kapal pesiar dengan kecepatan angin lebih dari 27 knot dan tinggi gelombang di atas 4 meter.

“Dimohon kepada masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di pesisir sekitar area yang berpeluang terjadi gelombang tinggi agar tetap selalu waspada,” tulis peringatan dini BMKG.

Selain itu, BMKG juga merilis waspada gelombang setinggi kisaran 1,25-2,50 meter yang berpeluang terjadi di beberapa perairan seperti perairan utara Sabang, perairan barat Aceh-Kepulauan Nias, Samudra Hindia barat Aceh, perairan barat Sumatera Barat, Teluk Lampung bagian selatan, perairan selatan Jawa Barat, Selat Bali-Lombok-Alas bagian selatan, perairan selatan Pulau Sumbawa-Pulau Sumba, Selat Sape bagian selatan, Selat Sumba bagian barat, perairan Pulau Sawu-Pulau Rote-Kupang, Laut Sawu, dan Selat Ombai.

Gelombang setinggi 1,25-2,50 meter ini juga terjadi juga di Samudra Hindia selatan NTB-NTT, Perairan Bintan-Kepulauan Lingga, Laut Natuna, Perairan Bangka-Belitung, Selat Karimata, Perairan utara Pulau Jawa-Kepulauan Kangean, Laut Jawa, perairan selatan Kalimantan, Selat Makassar bagian selatan, Perairan Kepulauan Selayar, Laut Flores, Perairan Baubau-Kepulauan Wakatobi, Laut Sulawesi bagian tengah dan timur, Perairan Kepulauan Sangihe-Kepulauan Talaud, Perairan Bitung-Likupang, Laut Maluku, perairan utara dan timur Kepulauan Halmahera, Laut Halmahera, perairan utara Papua Barat-Papua, Samudra Pasifik utara Halmahera-Papua, Perairan Kepulauan Sermata-Kepulauan Tanimbar, Perairan Kepulauan Kei-Kepulauan Aru, Perairan Kaimana-Agats dan Laut Arafuru bagian timur.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Buya Syafii Tutup Usia, Menag: Indonesia Kehilangan Guru Bangsa

Buyaa Syafii, mantan ketua umum PP Muhammadiyah tutup usia di DIY. Menag Yaqut Cholil Qoumas menyebut Indonesia kehilangan guru bangsa. 

NEWS | 27 Mei 2022

Buya Syafii Maarif Wafat, Mahfud: Kehilangan Besar untuk Islam dan Indonesia

Mahfud MD menilai wafatnya Buya Syafii Maarif merupakan kehilangan besar untuk umat Islam dan bangsa Indonesia.

NEWS | 27 Mei 2022

Area Pencarian Anak Ridwan Kamil Diperluas

Area pencarian anak Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil yakni Emmeril Khan Mumtadz yang terbawa arus saat berenang di Sungai Aare, Swiss akan diperluas.

NEWS | 27 Mei 2022

Buya Syafii Maarif Meninggal, Indonesia Kehilangan Sosok Panutan

Buya Syafii Maarif meninggal, umat Islam bahkan bangsa Indonesia kehilangan panutan yang selama ini menginspirasi dan menggerakkan banyak elemen bangsa.

NEWS | 27 Mei 2022

Kerugian Korban Pinjaman Online Ilegal Capai Rp 2,5 Miliar

Kasus pinjaman online (pinjol) ilegal yang berhasil diungkap dan meringkus 11 tersangka merugikan korban mencapai Rp 2,5 miliar

NEWS | 27 Mei 2022

KPK Panggil Dua Ajudan Ade Yasin sebagai Saksi Suap

Ajudan Ade Yasin, Anisa Rizky Septiani alias Ica dan Kiky Rizky Fauzi, akan diperiksa sebagai saksi untuk kasus dugaan suap.

NEWS | 27 Mei 2022

Ketua Umum Mathlaul Anwar Bantah Dukung Sandiaga Uno

Ketua Umum Mathlaul Anwar membantah dirinya memberikan dukungan kepada Sandiaga Uno menjadi presiden 2024 dalam Ijtima Ulama Banten.

NEWS | 27 Mei 2022

Disidak Polisi, Pedagang Mengaku Terpaksa Jual Minyak Goreng di Atas HET

Harga minyak goreng di Pasar Bogor Jawa Barat hingga Jumat pagi (27/05/3022) masih berada di atas Harga Eceran Tertinggi (HET).

NEWS | 27 Mei 2022

Dari Inggris, Ridwan Kamil Langsung Terbang ke Swiss

Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil langsung terbang dari Inggris ke Swiss setelah mendapatkan kabar Emmiril Khan Mumtadz hilang di Bern, Swiss

NEWS | 27 Mei 2022

Cacar Monyet, CDC Afrika Khawatirkan Penimbunan Vaksin

CDC Afrika mengkhawatirkan aksi penimbunan vaksin karena wabah cacar monyet. (CDC) Afrika berharap negara-negara kaya tidak akan menimbun vaksin.

NEWS | 27 Mei 2022


TAG POPULER

# Adik Jokowi Menikah


# Yeremia Rambitan


# Joe Biden


# Alex Noerdin


# KRL


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Laba Melesat, Teladan Prima Agro Bagi Dividen Rp 79,8 M

Laba Melesat, Teladan Prima Agro Bagi Dividen Rp 79,8 M

EKONOMI | 10 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings