Logo BeritaSatu

Usut Dugaan Korupsi Garuda, Kejagung Koordinasi dengan KPK

Rabu, 19 Januari 2022 | 17:30 WIB
Oleh : Muhammad Aulia / FFS

Jakarta, Beritasatu.com - Kejaksaan Agung (Kejagung) memastikan akan terus berkoordinasi dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dalam mengusut dugaan korupsi di PT Garuda Indonesia. Hal ini mengingat KPK telah rampung menangani perkara suap pengadaan dan perawatan pesawat dan mesin pesawat di maskapai pelat merah tersebut.

Jaksa Agung, ST Burhanuddin mengatakan, koordinasi dengan KPK ini penting dilakukan agar tidak terjadi azas nebis in idem. Azas nebis in idem adalah seseorang tidak boleh dituntut dua kali karena perbuatan yang telah mendapat putusan yang telah berkekuatan hukum tetap.

"Setiap penanganan kami nanti akan koordinasi dengan KPK karena KPK ada beberapa yang telah tuntas di KPK. Kita akan selalu koordinasi agar tidak terjadi nebis in idem," kata Burhanuddin dalam konferensi pers yang disiarkan akun Youtube Kejaksaan RI, Rabu (19/1/2022).

Burhanuddin mengatakan, pihaknya telah meningkatkan penanganan kasus dugaan korupsi PT Garuda Indonesia ke tahap penyidikan. Untuk saat ini, kata Burhanuddin, pihaknya mengusut pengadaan pesawat ATR 72-600. Namun, tidak menutup kemungkinan proses penyidikan berkembang dengan mengusut pengadaan pesawat lainnya seperti Bombardier, Airbus, Boeing dan Rolls-Royce.

"tidak akan sampai di situ saja. ada beberapa pengadaan kontrak, pinjam, atau apa pun nanti, kita masih akan kembangkan. Mulai dari ATR, Bombardier Airbus, Boeing, dan Rolls-Royce. Kita akan kembangkan dan kita akan tuntaskan," kata Burhanuddin.

Diketahui, KPK telah menangani kasus korupsi di Garuda sejak awal 2017 silam. Terdapat tiga orang yang dijerat KPK atas kasus suap pengadaan pesawat dan mesin pesawat di PT Garuda Indonesia dan pencucian uang. Ketiga orang itu, yakni mantan Dirut PT Garuda Indonesia, Emirsyah Satar; pendiri PT Mugi Rekso Abadi (MRA) sekaligus Beneficial Owner Connaught International Pte ltd Soetikno Soedarjo; dan mantan Direktur Teknik PT Garuda Indonesia, Hadinoto Soedigno.

KPK telah mengeksekusi Emirsyah ke Lapas Sukamiskin pada 3 Februari 2021 silam setelah kasasi yang diajukannya ditolak Mahkamah Agung (MA). Di Lapas Sukamiskin, Emirsyah bakal menjalani hukuman 8 tahun pidana penjara dikurangi masa tahanan sebagaimana putusan Pengadilan Tipikor Jakarta yang dikuatkan putusan Pengadilan Tinggi DKI dan MA. Selain dihukum 8 tahun pidana penjara, Emirsyah Satar juga diwajibkan membayar denda sebesar Rp 1 miliar subsider 3 bulan kurungan serta kewajiban membayar uang pengganti sejumlah Sin$ 2.117.315,27 selama 2 tahun.

Pengadilan Tipikor Jakarta menyatakan Emirsyah terbukti menerima suap senilai Rp 49,3 miliar dan pencucian uang senilai sekitar Rp 87,464 miliar.


hal 1 dari 2 halaman

Halaman: 12selengkapnya

Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Polisi Pulangkan 26 Mahasiswa Penerobos Barikade saat Demo

26 mahasiswa yang sempat terobos barikade polisi saat demo di depan gedung DPR/MPR, Jumat (20/5/2022) lalu, telah dipulangkan.

NEWS | 24 Mei 2022

Penunjukan Luhut Urus Minyak Goreng Berpotensi Timbulkan Disharmoni di Kabinet

Politikus PDIP Deddy Yevri Sitorus menganggap penunjukan Luhut mengurusi sengkarut minyak goreng bisa timbulkan disharmoni dalam kabinet.

NEWS | 24 Mei 2022

KPK Tatar Finalis Puteri Indonesia soal Antikorupsi

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akan menatar 45 finalis Puteri Indonesia soal antikorupsi, Selasa (24/5/2022).

NEWS | 24 Mei 2022

Polres Lembata Diminta Ungkap Bukti Permulaan Kematian Bendahara Bupati

Polres Lembata, Nusa Tenggara Timur (NTT), diminta segera mengungkap bukti permulaan kasus kematian Bendahara Bupati Lembata, Albertus Ali Buran

NEWS | 24 Mei 2022

Hari Ini DPR Sahkan RUU Peraturan Perundang-undangan

DPR akan mengesahkan Revisi Undang-undang (RUU) 12/2011 tentang Pembentukan Peraturan Perundang-undangan (P3) dalam Rapat Paripurna ke-23

NEWS | 24 Mei 2022

BMKG Prediksi Banjir Rob di Sebagian Jawa hingga 25 Mei

BMKG memprediksi pasang surut, kondisi banjir pesisir (banjir rob) di sebagian utara Jawa dapat berlangsung hingga 25 Mei 2022.

NEWS | 24 Mei 2022

IWCS Dorong Peran Perempuan dalam Transformasi Digital

Indonesia Women In Cybersecurity (IWCS) ingin mendorong perang perempuan dalam transformasi digital.

NEWS | 24 Mei 2022

Mendagri Minta Daerah Tingkatkan Realisasi Belanja

Mendagri Tito Karnavian meminta pemerintah daerah meningkatkan realisasi belanja yang bersumber dari APBD

NEWS | 24 Mei 2022

Starbucks Akan Hengkang dari Rusia setelah 15 Tahun

Starbucks akan hengkang dari Rusia setelah hampir 15 tahun beroperasi.  Kepergian Starbucks menandai penarikan perusahaan terbaru dari Rusia

NEWS | 24 Mei 2022

Terdakwa Pastikan Mardani Maming Tak Terima Dana Gratifikasi

Terdakwa kasus dugaan korupsi izin tambang, Dwiyono Putrohadi memastikan Mardani Maming tidak menerima sepeserpun uang gratifikasi senilai Rp 27,6 miliar.

NEWS | 24 Mei 2022


TAG POPULER

# Aturan Baru KTP


# Cekcok di Tol


# SEA Games


# HUT Jakarta


# Polisi Selingkuh


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
6 Parameter Penanganan Mudik 2022 Tercapai Sangat Memuaskan

6 Parameter Penanganan Mudik 2022 Tercapai Sangat Memuaskan

NEWS | 8 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings