Logo BeritaSatu

Korupsi Satelit Kemenhan, Kejagung Hanya Usut Pihak Sipil

Rabu, 19 Januari 2022 | 21:07 WIB
Oleh : Muhammad Aulia / YUD

Jakarta, Beritasatu.comJaksa Agung ST Burhanuddin memastikan hanya akan menyidik pihak swasta saja dalam kasus korupsi proyek pengadaan Satelit Orbit 123 derajat Bujur Timur (BT) di Kementerian Pertahanan (Kemhan) periode 2015 – 2021. Hal ini dia sampaikan saat menghadiri konferensi pers yang disiarkan di YouTube Kejaksaan RI, Rabu (19/1/2022).

“Kami melakukan penyidikan hanya terhadap yang tersangkanya adalah sipil tidak pada militer,” kata Burhanuddin.

Burhanuddin menyebutkan Kejaksaan Agung (Kejagung) perlu berkoordinasi dengan Polisi Militer untuk mengetahui ada tidaknya oknum dari militer yang terlibat di kasus tersebut. Hal ini mengingat hanya Polisi Militer yang berwenang untuk mengusut potensi keterlibatan oknum militer.

Namun demikian, dia mengatakan koordinasi itu dapat terwujud dalam bentuk koneksitas antar keduanya.

“Kecuali nanti ditentukan lain menjadi koneksitas. Tetapi saat ini yang kami tetap selidiki adalah sipilnya, swastanya,” tutur Burhanuddin.

Dalam kesempatan yang sama, Jaksa Muda Bidang Tindak Pidana Khusus (Jampidsus) Febrie Adriansyah mengatakan kasus korupsi Satelit Kemenhan telah melalui tahapan proses hukum dan sudah masuk ke tahap penyidikan. Pihaknya sudah memiliki bukti awal yang cukup mengenai adanya perbuatan melawan hukum di kasus pengadaan satelit tersebut.

“Kita juga meyakini ini telah terjadi kerugian. Tinggal bagaimana ini proses penyidikan untuk melihat siapa yang bertanggung jawab atau untuk penetapan tersangkanya. Kita sudah melakukan pemeriksaan dan termasuk penggeledahan,” kata Febrie.

Diberitakan sebelumnya, Kejagung telah memeriksa 11 orang saksi terkait dugaan pelanggaran hukum Proyek Satelit Kemhan Tahun 2015-2021 yang merugikan keuangan negara sekitar Rp 800 miliar.

“Kami sudah memeriksa beberapa pihak, baik dari swasta, rekanan pelaksana maupun dari beberapa orang di Kementerian Pertahanan, jumlah yang diperiksa ada 11 orang,” kata Febrie dalam konferensi pers di Kejaksaan Agung, Jakarta, Jumat (14/1/2022) lalu.

Menurut Febrie, kemungkinan jumlah saksi atau pihak-pihak yang diperiksa akan terus bertambah. Tidak hanya memeriksa saksi-saksi, jaksa penyidik juga menguatkan dari alat bukti surat.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Kepuasan Publik terhadap Jokowi Meningkat karena Mudik 2022

Kepuasan publik terhadap Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengalami peningkatan karena keberhasilan pemerintah dalam penyelenggaraan mudik Lebaran 2022.

NEWS | 18 Mei 2022

Survei SMRC: 76,7% Warga Puas dengan Kinerja Presiden Jokowi

Kepuasan publik terhadap kinerja Presiden Joko Widodo (Jokowi) mencapai 76,7 persen. Hal tersebut mengacu survei SMRC.

NEWS | 18 Mei 2022

Penghapusan Tes Covid-19 bagi Pelaku Perjalanan Adaptif

Tes Covid-19 bagi pelaku perjalanan dalam negeri (PPDN) atau luar negeri (PPLN) bersifat adaptif atau menyesuaikan dengan situasi serta kondisi.

NEWS | 18 Mei 2022

Kerja Sama KSP dengan Pihak Lain Dilakukan Sesuai Ketentuan Hukum

Deputi V Kantor Staf Kepresidenan Jaleswari Pramodawardhani menegaskan, kerja sama KSP dengan pihak lain dilaksanakan sesuai ketentuan hukum.

NEWS | 18 Mei 2022

Pekan Ini, Masyarakat Terkoneksi Sapa Warga Bahas PMK Hewan

Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi kembali menggelar program Masyarakat Terkoneksi Sapa Warga dengan tema kewaspadaan terhadap PMK.

NEWS | 18 Mei 2022

Airlangga Bantah Isu Adanya Kudeta di Partai Golkar

Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto membantah kabar adanya kudeta di Partai Golkar. Airlangga memastikan Golkar solid menghadapi Pemilu 2024.

NEWS | 18 Mei 2022

Devanda Minta Dukungan 5 Program Strategis Nasional KNPI

Ketua Harian DPP KNPI Devanda Aditya menyatakan dukungannya bagi seluruh jajaran untuk melaksanakan lima program strategis nasional yang digaungkan MPI KNPI.

NEWS | 18 Mei 2022

Wali Kota Malang Ajak Guru Sukseskan Program Merdeka Belajar

Wali Kota Malang Sutiaji mengajak seluruh guru di Kota Malang turut menyukseskan dan menjalankan program Merdeka Belajar di sekolahnya masing-masing.

NEWS | 18 Mei 2022

Satgas Covid-19: Kebijakan PPKM Akan Terus Diberlakukan

Kebijakan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) akan tetap diberlakukan hingga pandemi Covid-19 dapat dikendalikan.

NEWS | 18 Mei 2022

Airlangga: Koalisi Indonesia Bersatu Sesuai Harapan Presiden Jokowi

Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto menegaskan Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) yang dibentuk Golkar, PAN, dan PPP sesuai dengan harapan Presiden Jokowi.

NEWS | 18 Mei 2022


TAG POPULER

# Lin Che Wei


# UAS


# Cabul


# Atribut Keagamaan


# Tes Covid-19


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Kepuasan Publik terhadap Jokowi Meningkat karena Mudik 2022

Kepuasan Publik terhadap Jokowi Meningkat karena Mudik 2022

NEWS | 13 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings