Logo BeritaSatu

OTT 3 Kepala Daerah dan Hakim, Firli Bahuri: KPK Tidak Pandang Bulu

Kamis, 20 Januari 2022 | 19:38 WIB
Oleh : Carlos KY Paath / CAR

Jakarta, Beritasatu.comKomisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melakukan operasi tangkap tangan (OTT) tiga kepala daerah, panitera, pengacara, dan hakim pada awal 2022. Ketua KPK Firli Bahuri menegaskan KPK tidak akan pandang bulu dalam mengusut kasus tindak pidana korupsi.

“Saya tegaskan bahwa KPK tidak akan pandang bulu. Siapa saja yang melanggar sistem yang telah kita buat demi menjaga integritas kelembagaan dan produktivitas pembangunan yang dicanangkan oleh presiden sebagai pemimpin, pasti mereka akan terkena dan dimintakan pertanggungjawaban pidana, baik pemidanaan badan maupun perampasan harta miliknya untuk pemiskinan,” kata Firli, Kamis (20/1/2022).

Firli mengatakan seluruh elemen bangsa tentu merasa terpukul, karena adanya penangkapan panitera, pengacara, dan hakim oleh Tim KPK di Surabaya, Jawa Timur. Keprihatinan ini, menurut Firli, tentunya berlanjut setelah secara berturut-turut beberapa pejabat eksekutif atau setidaknya tiga orang kepala daerah terjerat OTT.

“Sungguh semua peristiwa ini garis besarnya adalah karena pelanggaran sistem, karena sistemnya gagal, buruk atau lemah. Kita sebagai negara hukum sudah memiliki sistem pencegahan dan pemberantasan korupsi yang makin lama makin kita perbaiki. Sistem harus dibangun agar tidak ada celah dan peluang untuk korupsi, tidak boleh ada lagi sistem yang ramah kepada korupsi,” ujarnya.

Firli mengatakan sinergisitas antarlembaga negara dalam pencegahan dan penindakan juga sedang diorkestrasikan. “Kalau tidak ada pelanggaran sistem yang seorang pejabat lakukan, maka tidak akan mungkin dapat masuk ke dalam aksi perilaku korupsi, tetapi apabila pelanggaran sistem dilakukan maka tentu oknum-oknum ini bisa berefek perilaku korupsi dan penindakan tegas pasti dilakukan oleh KPK,” imbuh Firli.

Firli mengajak seluruh pihak untuk berhati-hati. “Jangan pernah mau berniat sedikit pun untuk korupsi. Tegakkan muruah lembaga dan harga diri agar kita bisa mewariskan sebuah negara dan birokrasi yang bersih yang membanggakan rakyat indonrsia serta warisan peradaban antikorupsi bagi generasi selanjutnya,” tegasnya.

Firli juga bicara mengenai adanya para pejabat di lingkungan yudikatif dan penegak hukum. Menurut Firli, hakim dan pengacara adalah penegak hukum. “Tentu kami sangat prihatin dan kami akan membicarakan dengan organisasi induk yang bersangkutan,” tutur Firli.

KPK menginginkan tindakan pencegahan di organisasi induk masing-masing penegak hukum dapata terus diperkuat. Dengan begitu, pelanggaran hukum dan etika terhadap sistem tidak berlangsung di lembaga tersebut.

“Sekali lagi, kami berjanji bahwa penegakan hukum tidak akan pandang bulu. KPK dan seluruh penegak hukum tidak akan pernah lelah pemberantasan korupsi sampai Indonesia bebas dari korupsi. Sambil menunggu konferensi pers terhadap kegiatan tangkap tangan Surabaya, saya mohon doa dan dukungan semua sahabat agar semua berjalan lancar dan baik,” demikian Firli.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Sanksi Barat pada Rusia Dapat Berlangsung Beberapa Dekade

Sanksi Barat pada Rusia tampaknya akan tetap berlaku untuk waktu yang sangat lama, bahkan mungkin beberapa dekade.

NEWS | 21 Mei 2022

BMKG: Jakarta Berpotensi Diguyur Hujan Disertai Petir

BMKG menginformasikan, Jakarta berpotensi diguyur hujan dengan disertai petir dan angin kencang pada siang dan sore hari ini, Sabtu (21/5/2022).

NEWS | 21 Mei 2022

Wabah Cacar Monyet, AS Beli Jutaan Dosis Vaksin

Amerika Serikat (AS) membeli jutaan dosis vaksin untuk virus berbahaya saat wabah cacar monyet melanda.

NEWS | 21 Mei 2022

Kabar Duka! Mantan Anggota KPU Viryan Aziz Meninggal Dunia

Anggota KPU periode 2017-2022, Viryan Aziz meninggal dunia karena sakit yang dideritanya di Rumah Sakit Abdi Waluyo, Jakarta.

NEWS | 21 Mei 2022

Adikoesoemo Hadirkan Beasiswa Pascasarjana Pertama di SMU

Adikoesoemo menghadirkan program beasiswa pascasarjana pertama di Singapore Management University (SMU) untuk mahasiswa Indonesia.

NEWS | 21 Mei 2022

Presenter TV Perempuan Afghanistan Wajib Tutupi Wajah

Presenter TV Perempuan Afghanistan perempuan harus menutupi wajah saat sedang siaran. Perintah Taliban harus diterapkan dan tidak untuk didiskusikan.

NEWS | 21 Mei 2022

Rusia Tuding Sanksi Barat Merusak Ketahanan Pangan

Rusia menuding sanksi Barat terkait perang Ukraina telah merusak ketahanan pangan.  Sanksi terkait Ukraina telah memperburuk masalah yang ada.

NEWS | 21 Mei 2022

Produksi Ikan Bandeng Kabupaten Bekasi Terus Digenjot

Produksi ikan bandeng Kabupaten Bekasi terus digenjot. Selain bandeng, ada ikan lain yang akan ditingkatkan, seperti nila, patin, dan gurame,

NEWS | 21 Mei 2022

Polandia Siap Bangun Pangkalan Militer NATO Permanen

Polandia siap membangun pangkalan Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO) permanen. Polandia juga akan menampung unit infanteri ringan dari blok tersebut.

NEWS | 21 Mei 2022

Demo 21 Mei, La Nyalla Minta Masyarakat Waspadai Provokator

Ketua DPD, La Nyalla Mattalitti mengatakan demo 21 Mei yang digelar sejumlah elemen masyarakat merupakan hak warga yang dijamin konstitusi.

NEWS | 21 Mei 2022


TAG POPULER

# DNA Pro


# CPO


# PDSI


# SEA Games


# Hari Kebangkitan Nasional


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Sanksi Barat pada Rusia Dapat Berlangsung Beberapa Dekade

Sanksi Barat pada Rusia Dapat Berlangsung Beberapa Dekade

NEWS | 13 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings