Logo BeritaSatu

Simpang Rapak Balikpapan Rawan Kecelakaan, Pemda Didesak Bangun Fly Over

Jumat, 21 Januari 2022 | 12:03 WIB
Oleh : Carlos KY Paath / CAR

Jakarta, Beritasatu.comPerempatan Muara Rapak, Balikpapan, Kalimantan Timur (Kaltim), rawan kecelakaan. Pemerintah daerah (pemda) perlu segera membangun fly over di lokasi tersebut. Hal tersebut disampaikan Anggota DPR dari Daerah Pemilihan Kaltim, Irwan kepada wartawan, Jumat (21/1/2022).

“Pemda perlu segera merealisasikan rencana pembangunan fly over di jalan tersebut. Apalagi, pemda dan Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional sudah membuat kajian perencanaan dan lain-lain,” kata Irwan.

Diberitakan, kecelakaan maut terjadi di perempatan Muara Rapak, Jumat (21/1/2022). Dalam video yang beredar dari warganet di Twitter seperti dipantau Beritasatu.com, tampak sebuah truk kontainer diduga mengalami rem blong dan menabrak mobil serta motor yang sedang berhenti di lampu merah.

“Kalau memang tidak ada duit APBD untuk bangun fly over, kita coba gunakan opsi lain, termasuk intervensi melalui APBN di Kementerian PUPR. Kita bantu kawal dan perjuangkan agar ke depan tidak terjadi lagi kejadian menyedihkan seperti ini,” ujar Irwan.

“Harus segera ada evaluasi dan tindakan untuk mencegah terjadinya kecelakaan yang terus memakan korban di lokasi yang sama. Ini tidak boleh terus dibiarkan,” tegas anggota Komisi V DPR dari Fraksi Partai Demokrat ini.

Di sisi lain, Irwan mengapresiasi usaha Direktorat Lalu Lintas (ditlantas) Polda Kaltim, karena sejak delapan bulan lalu sudah mempersiapkan tim traffic accident analysis (TAA). Tim tersebut berstandar modern berbasis teknologi informasi dengan melaksanakan sertifikasi kompetensi penyidik.

“Disiapkan mobil taktis TAA dari Korlantas dan mewajibkan tim TAA turun ke TKP (tempat kejadian perkara) minimal sebulan sekali, sehingga kejadian lakalantas seperti ini, bisa segera diketahui kejadian sebenarnya,” ucap Irwan.

Ketua DPD Partai Demokrat Kaltim ini juga terus mendorong Kementerian Perhubungan melalui Balai Pengelola Transportasi Darat Kaltimtara, membangun beberapa jembatan timbang di ruas jalan nasional Kaltim.

Irwan pun meminta sopir dan pemilik truk yang menyebabkan kecelakaan maut di Balikpapan, ditindak tegas. Keberadaan kendaraan berat di dalam kota juga perlu dievaluasi.

“Keberadaan kendaraan ODOL (over dimensi over loading) dalam kota tidak bisa ditoleransi, harus ditindak tegas, termasuk sopir dan pemilik kendaraan yang menyebabkan musibah besar hari ini di Balikpapan, harus bertanggung jawab di hadapan hukum,” tegas Irwan.

“Mengenai penindakan kendaraan ODOL, kita minta dipertegas sampai dengan penindakan di tempat melalui revisi UU LLAJ yang mulai dibahas Komisi V DPR,” kata Irwan.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Waspada, Rob Berpotensi Terjadi di 9 Wilayah di Jakut

BPBD DKI meminta 9 wilayah di Jakut mewaspadai Rob setelah melihat kenaikan  tinggi muka air Pintu Air Pasar Ikan menjadi 252 sentimeter.

NEWS | 28 Mei 2022

Formula E Jakarta Gaet 7 Sponsor Dalam Negeri

Panitia penyelenggara Formula E Jakarta menggaet tujuh sponsor dalam negeri untuk mendukung pelaksanaan ajang balap mobil listrik di Ancol.

NEWS | 28 Mei 2022

Tangkal Hoax, Sekolah GPM Gelar Pelatihan Literasi Digital

Puluhan guru Sekolah Global Persada Mandiri (GPM) Kota Bekasi mengikuti pelatihan literasi digital untuk menangkal hoax.

NEWS | 28 Mei 2022

Warga Sambut Gowes Sehat Wali kota se-Indonesia di Bandar Lampung

Ratusan warga Bandar Lampung antuasias menyambut wali kota se-Indonesia yang mengikuti kegiatan gowes sehat dalam rangka HUT ke-22 Apeksi.

NEWS | 28 Mei 2022

Bima Arya Ajak 98 Wali Kota Bangkitkan Ekonomi dengan Produk Lokal

Ketua Apeksi yang juga Wali Kota Bogor Bima Arya mengajak 98 wali kota untuk berkolaborasi membangkitkan ekonomi tanah air dengan menggunakan produk lokal.

NEWS | 28 Mei 2022

Abhinaya Satya Lestari, Tema Hari Jadi Ke-540 Bogor

Pada 3 Juni 2022 nanti, Kota Bogor genap berusia 540 tahun. Peringatan Hari Jadi Kota Hujan tahun ini mengusung tema Abhinaya Satya Lestari.

NEWS | 28 Mei 2022

Khofifah Harap Koleksi Buku Buya Syafii Maarif Dihibahkan ke Ponpes

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa berharap koleksi buku milik almarhum Buya Syafii Maarif dapat dihibahkan ke salah satu pondok pesantren.

NEWS | 28 Mei 2022

Sahabat Ganjar Depok Deklarasi Dukungan untuk Ganjar Pranowo

Relawan Sahabat Ganjar DPC Kota Depok memimpin deklarasi dukungan untuk pemenangan Ganjar Pranowo di Depok.

NEWS | 28 Mei 2022

Pencuri Besi Proyek Kereta Cepat di Bekasi Dibebaskan

Melalui restorative justice, pencuri besi di proyek kereta cepat Jakarta-Bandung di Bekasi dibebaskan pihak kepolisian. 

NEWS | 28 Mei 2022

Ketum IA-ITB: Teknologi Alat Utama Dongkrak Pemulihan Ekonomi

Ketum IA-ITB mengatakan teknologi merupakan salah satu alat utama untuk mendongkrak pemulihan ekonomi pascapandemi Covid-19.

NEWS | 28 Mei 2022


TAG POPULER

# Adik Jokowi Menikah


# Yeremia Rambitan


# Joe Biden


# Alex Noerdin


# KRL


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Real Madrid Juara, Carlo Ancelotti Torehkan Sejarah

Real Madrid Juara, Carlo Ancelotti Torehkan Sejarah

BOLA | 1 jam yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings