Logo BeritaSatu

Inkubasi Bisnis dan Teknologi Pertama di Papua, Polinef Fakfak Dipuji Nadiem

Jumat, 21 Januari 2022 | 12:23 WIB
Oleh : Yudo Dahono / YUD

Fakfak, Beritasatu.com - Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Nadiem Makariem menyampaikan pujian kepada Politeknik Negeri Fakfak, Papua Barat atas peluncuran Inkubasi Bisnis dan Teknologi Mahasiswa (IBT) yang dinamakan Krakiminah.

Hal itu disampaikan beliau melalui video dalam acara Peresmian Pusat Inkubasi Bisnis dan Teknologi, Politeknik Negeri Fakfak (Polinef) yang diselanggarakan pada Kamis (20/1/2022) di Auditorium Kampus Politeknik Negeri Fakfak.

“Saya menyampaikan rasa bangga dan apresiasi saya, atas dibangun dan diluncurkannya Pusat Inkubasi Bisnis dan Teknologi Politeknik Negeri Fakfak untuk mendukung terciptanya wirausahawan muda di Papua mendukung filosofi Merdeka Belajar. Ini juga merupakan kebanggaan karena menjadi politeknik pertama dan satu-satunya di Tanah Papua yang memiliki pusat inkubasi ini," kata Nadiem.

Peluncuran dihadiri Direktur Pengembangan SDM Direktorat Jenderal Vokasi Kemendikbuddikti Henri Togar Hasiholan Tambunan, Stafsus Presiden Billy Mambrasar, Bupati Fakfak Untung Tamsil, Ketua DPRD Kabupaten FakFak, Para Direktur Politeknik se- Indonesia dan Ketua Asosiasi Politeknik Indonesia.

Billy yang juga menjabat sebagai Pembina IBT Polinef ini, hadir langsung dalam acara tersebut menyampaikan rasa suka citanya, karena akhirnya ada Institusi Pendidikan di Tanah Papua yang memiliki IBT.

“Salam dari Presiden Joko Widodo untuk Masyarakat Fakfak, dan masyarakat Papua secara keseluruhan,” ujar Billy.

Billy juga menyampaikan pesan dari Presiden Joko Widodo, bahwa pembangunan institusi pendidikan tetap menjadi prioritas untuk pengembangan Sumber Daya Manusia Papua, dalam rangka mendorong percepatan pembangunan di kedua provinsi paling timur Indonesia ini.

Ratusan peserta yang terdiri dari civitas akademika Polinef dan undangan lainnya juga turut memeriahkan acara peresmian ini.

Adapun IBT Polinef ini didirikan untuk mendukung penciptaan Ekosistem Kewirausahaan di Indonesia. Sehingga diharapkan akan bermunculan wirausahawan muda baru di Fakfak dan berdampak pada terciptanya lapangan pekerjaan baru.

Selain IBT, ada juga fasilitas pendidikan lain seperti; laboratorium pengembangan pala dan juga ruangan pameran untuk menampung dan memamerkan produk-produk UMKM lokal di Fakfak. Anggaran ini merupakan bantuan yang telah dikucurkan oleh Pemerintah Pusat sebesar Rp 131 miliar pada tahun lalu.

Direktur Pengembangan SDM Direktorat Jenderal Vokasi Kemendikbudristek Henri Togar Hasiholan Tambunan menyampaikan akan mendukung kemajuan Politeknik Negeri Fakfak untuk menciptakan sumber daya manusia (SDM) Papua yang berkualitas untuk mendukung pembangunan Indonesia.

Sementara itu Direktur Politeknik Negeri Fakfak Muhammad Subhan juga menyatakan siap mendukung program pemerintah, bukan hanya Kabupaten Fakfak,dan Provinsi Papua Barat, tetapi juga wilayah Indonesia lainnya.

“Politeknik Negeri Fakfak ini akan mendukung pengembangan bisnis dan teknologi, berbasis kekuatan lokal dari Fakfak dan Tanah Papua. Kami juga meluncurkan beberapa fasilitas lain, pada saat yang bersamaan, seperti laboratorium ketahanan Pala dan juga ruangan pameran," kata Subhan.

Selain mengajak pemerintah pusat hingga daerah untuk bekerjasa sama, Polinef juga merangkul berbagai pihak, termasuk dengan politeknik negeri dan universitas lainnya di Indonesia untuk bergandengan tangan dalam mewujudkan penciptaan tersebut. Papua Muda Inspiratif juga siap bersinergi dengan Polinef dalam pengembangan potensi anak muda di berbagai bidang.

Peluncuran IBT Polinef Krakiminah pada hari ini merupakan puncak acara dari kegiatan "Polinef dari Fakfak Papua Barat untuk Indonesia" yang berkolaborasi bersama gerakan Papua Muda Inspiratif. Bersamaan dalam acara ini juga diadakan Festival UMKM yang menghadirkan para pebisnis mikro lokal menjadi pusat perhatian para hadirin yang datang, sekaligus ajang promosi produk-produk asli dari Kota Pala tersebut.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Polisi Berupaya Kembalikan Dana Korban DNA Pro

Polisi secepatnya menuntaskan perkara penipuan robot trading aplikasi DNA Pro dan menelusuri seluruh aset para tersangka untuk dikembalikan kepada korban

NEWS | 27 Mei 2022

Besok, KBRI Swiss Sampaikan Update Pencarian Anak Ridwan Kamil

KBRI Swiss berencana menyampaikan update pencarian anak sulung Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil yakni Emmeril Khan Mumtadz besok

NEWS | 27 Mei 2022

Khofifah Ajak Warga Jatim Salat Ghaib untuk Syafii Maarif

Khofifah mengatakan kepergiaan Syafii Maarif dirasakan seluruh rakyat Indonesia karena almarhum merupakan salah satu putra terbaik bangsa.

NEWS | 27 Mei 2022

Besok, KBRI Swiss Akan Sampaikan Update Pencarian Anak Ridwan Kamil

KBRI Swiss rencananya akan menyampaikan update pencarian anak sulung Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil yakni Emmeril Khan Mumtadz besok siang waktu Indonesia.

NEWS | 27 Mei 2022

Megawati Berharap PBB Kuatkan Fungsi BMKG Internasional

Megawati mengajak seluruh negara dunia yang tergabung dalam PBB bahu-membahu memperkuat mitigasi bencana melalui penguatan fungsi BMKG Internasional.

NEWS | 27 Mei 2022

Menlu: Putra Gubernur Ridwan Kamil Belum Ditemukan

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menyatakan bahwa anak Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil Emmeril Kahn Mumtadz belum ditemukan.

NEWS | 27 Mei 2022

Kenangan Din Syamsuddin Mengenai Sosok Buya Syafii Maarif

Mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah, M Din Syamsuddin menceritakan berbagai kenangannya bersama Buya Ahmad Syafii Maarif yang meninggal dunia hari ini.

NEWS | 27 Mei 2022

Polisi Masih Tunggu Hasil Pemeriksaan Urine Sopir Pajero

Polisi masih menunggu hasil pemeriksaan urine terhadap pengemudi mobil Pajero berinisial JRS (23) yang terlibat kecelakaan maut di Jalan MT Haryono, Jaksel

NEWS | 27 Mei 2022

Soal Anak Ridwan Kamil, Keluarga: Belum Ada Informasi Baru

Pihak keluarga belum menerima informasi terbaru mengenai anak pertama Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Emmeril Kahn Mumtadz.

NEWS | 27 Mei 2022

Bima Arya Pimpin Doa untuk Keselamatan Anak Ridwan Kamil

Wali Kota Bogor Bima Arya memimpin doa untuk keselamatan anak sulung Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

NEWS | 27 Mei 2022


TAG POPULER

# Adik Jokowi Menikah


# Yeremia Rambitan


# Joe Biden


# Alex Noerdin


# KRL


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Timnas Hoki Jadikan Piala Asia Uji Coba Asian Games 2023

Timnas Hoki Jadikan Piala Asia Uji Coba Asian Games 2023

SPORT | 9 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings