Logo BeritaSatu

BPBD: 239 Rumah di 5 Kecamatan di Jember Terdampak Banjir Bandang

Jumat, 21 Januari 2022 | 20:27 WIB
Oleh : WM

Jember, Beritasatu.com - Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jember Heru Widagdo mengatakan, sebanyak 239 rumah warga yang tersebar di 5 kecamatan di Kabupaten Jember, Jawa Timur, terdampak banjir bandang.

"Lima kecamatan yang terdampak banjir disertai lumpur yakni Kecamatan Panti, Sukorambi, Bangsalsari, Rambipuji, dan Kaliwates," katanya, di Jember, Jumat (21/1/2022).

Menurutnya, sebanyak 239 rumah dan tempat usaha terendam banjir yang disertai lumpur, enam rumah rusak sedang, satu rumah rusak berat, dan musala juga terendam banjir.

"Upaya yang dilakukan melakukan evakuasi warga yang berada di tepi Sungai Kalijompo dan pembersihan akses jalan yang berlumpur di lokasi terdampak banjir," katanya.

Ia menjelaskan, tidak ada korban jiwa dalam kejadian banjir tersebut, namun beberapa rumah warga rusak diterjang luapan air sungai yang keruh.

Saat ini, lanjut dia, pihak Tagana dari Dinas Sosial mendistribusikan bantuan 200 nasi bungkus di Desa Pakis, Kecamatan Panti.

"Kami berbagi tugas dengan pihak PMI, Dinsos, Pemadam Kebakaran, TNI/Polri, dan perangkat desa/kecamatan dalam penanganan bencana banjir," katanya.

Ia mengatakan banjir disertai lumpur akibat hujan dengan intensitas sedang hingga lebat terjadi di beberapa wilayah Kabupaten Jember pada Kamis (20/1) sore hingga malam.

"Sungai Petung mengalami kenaikan debit air, berwarna keruh coklat dan berlumpur yang masuk ke permukiman warga setinggi 70-90 cm," tuturnya.

Ia mengatakan dampak banjir disertai lumpur terjadi di beberapa desa, bahkan beberapa bagian rumah warga tergerus derasnya arus sungai yang debit airnya meningkat.

Sementara itu, Bupati Jember Hendy Siswanto bersama Ketua DPRD Jember Itqon Syauqi meninjau lokasi terdampak banjir di Desa Pakis, Kecamatan Panti dan Desa Badean, Kecamatan Bangsalsari.

"Banjir yang terjadi selama 2 hari berturut-turut dengan debit air yang sangat tinggi memiliki dampak kerusakan yang cukup besar, mengingat dari 10 tahun terakhir baru kali ini banjir di Jember cukup besar," tuturnya.

Menurutnya, banjir tersebut merupakan banjir tahunan karena sejauh ini belum ada perbaikan terhadap posisi di hulu, sehingga sungguh sangat mengkhawatirkan ke depan kalau tidak segera melakukan perbaikan di hulu sungai.

Ke depannya, lanjut dia, Pemkab Jember bersama Pemprov Jatim akan berkolaborasi, serta berharap penanganan hulu itu menjadi proyek nasional.

"Pekerjaan penanganan bencana nasional ini membutuhkan kolaborasi antara Pemkab Jember, Provinsi dan pemerintah pusat karena menyangkut biaya yang cukup besar dan penelitian yang komprehensif," ujarnya.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: ANTARA

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Margarito Kamis: Sekda Jadi Pj Rentan Conflict of Interest

Pakar hukum tata negara Margarito Kamis menegaskan sekretaris daerah (sekda) yang menjadi penjabat (pj) kepala daerah akan rentan conflict of interest.

NASIONAL | 16 Mei 2022

21 Warga Binaan Pemasyarakatan Jatim Peroleh Remisi Waisak

Hari Raya Waisak punya arti penting bagi umat Buddha, termasuk 21 warga binaan pemasyarakatan (WBP) Budhis di Jawa Timur.

NASIONAL | 16 Mei 2022

Ahmad Sahroni: Pemudik Betul-betul Merasakan Kehadiran Polri

Wakil Ketua Komisi III DPR Ahmad Sahroni menyebut pemudik betul-betul merasakan kehadiran Polri saat arus mudik dan arus balik Lebaran 2022.

NASIONAL | 16 Mei 2022

Napi Terorisme Bebas Murni dari Lapas Rajabasa Bandar Lampung

Warga binaan kasus terorisme bernama Hartanto (38) yang menjalani hukuman di Lapas Kelas I Rajabasa Bandar Lampung.

NASIONAL | 16 Mei 2022

Polresta Bandar Lampung Gelar Rekonstruksi Pengeroyokan Anggota TNI

Polresta Bandar Lampung menggelar rekonstruksi kasus pengeroyokan terhadap anggota TNI Angkatan Darat (TNI AD) Prada AAS.

NASIONAL | 16 Mei 2022

Karantina Pertanian Surabaya Tolak Transit Sapi Asal Kupang

Petugas Karantina Pertanian Surabaya menolak transitnya 736 ekor sapi asal Kupang, NTT di Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya.

NASIONAL | 16 Mei 2022

Kasus Minyak Goreng, Kejagung Lacak Aset para Tersangka

Kejaksaan Agung (Kejagung) saat ini tengah melacak aset-aset dari para tersangka yang diduga terlibat dalam kasus korupsi minyak goreng..

NASIONAL | 16 Mei 2022

Kecelakaan di Tol Surabaya, Bus Dikemudikan Sopir Pengganti

Pengemudi bus yang mengalami kecelakaan di tol Surabaya-Mojokerto ternyata sopir pengganti yang baru membawa bus sekitar 17 km dari lokasi kecelakaan.

NASIONAL | 16 Mei 2022

Sopir Bus Maut Tol Surabaya-Mojokerto Berpotensi Tersangka

Sopir bus maut PO Ardiansyah yang mengalami kecelakaan bus di Tol Surabaya-Mojokerto berpotensi menjadi tersangka.

NASIONAL | 16 Mei 2022

Jaksa Agung: Pengusutan Kasus Minyak Goreng Tetap Berjalan

Jaksa Agung ST Burhanuddin menegaskan pengusutan kasus minyak goreng tetap berjalan sesuai tahap penanganan perkara pidana.

NASIONAL | 16 Mei 2022


TAG POPULER

# Anggota TNI Tewas


# Medina Zein


# Vaksinasi Covid-19


# Piala Thomas


# Timnas Indonesia


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Pemkab Bogor Ingin Kembalikan Daya Pikat Kawasan Puncak

Pemkab Bogor Ingin Kembalikan Daya Pikat Kawasan Puncak

MEGAPOLITAN | 9 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings