Logo BeritaSatu

Mayjen Maruli Simanjuntak, Pangkostrad Termuda dan "Bapak Air"

Sabtu, 22 Januari 2022 | 18:42 WIB
Oleh : Lenny Tristia Tambun / FFS

Jakarta, Beritasatu.comMayjen TNI Maruli Simanjuntak ditunjuk sebagai Pangkostrad oleh Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa, Jumat (21/1/2022). Namun ada pihak yang menilai, penunjukan tersebut dibayang-bayangi sosok Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan yang merupakan mertua dari Maruli Simanjuntak.

Apakah benar demikian? Sebuah catatan dari Ketua Yayasan Kita Jaga Alam dan juga wartawan senior Egy Massadiah menepis anggapan tersebut. Egy yang cukup dekat dengan sosok Pangkostrad ini, menceritakan bagaimana perjuangan dan dedikasi Maruli Simanjuntak dalam menjalankan tugas-tugasnya dengan baik dan dekat dengan rakyat.

“Ini tentang Panglima Kostrad yang baru, Maruli. Lulusan Akmil 1992. Sebagian besar pengabdiannya ditunaikan di Korps Baret Merah. Saya mengenalnya sejak ia berpangkat letnan dua,” kata Egy Massadiah mengawali catatannya yang diterima Beritasatu.com, Sabtu (22/1/2022).

Seusai mengemban amanat sebagai Komandan Paspampres (2018-2020), Maruli mendapat tugas teritori sebagai Pangdam Udayana, berkedudukan di Bali. Ketika dilantik menjadi Pangdam Udayana November 2020, sejumlah media memilih angle yang sama dalam pemberitaannya, yakni Pangdam termuda.

Setahun lebih Maruli mengomandani wilayah Bali, NTT, dan NTB. Itu artinya, ketika dipromosi ke jabatan baru sebagai Pangkostrad, bisa jadi Maruli merupakan Pangkostrad termuda sepanjang sejarah TNI. Jika bukan jabatannya, setidaknya jenderal bintang tiga (letnan jenderal) termuda di angkatannya.

Karier yang moncer, terkadang diikuti pameo “semakin tinggi pohon, semakin kencang angin bertiup”. Salah satu “tiupan angin kencang” yang menerpa Maruli adalah statusnya sebagai anak-menantu Menko Kemaritiman dan Investasi, Jenderal TNI (HOR) (Purn) Luhut Binsar Panjaitan.

“(Sebagian) orang pun lantas mengaitkan kecemerlangan karier Maruli dengan statusnya sebagai menantu Luhut,” ujar Egy Massadiah.

Menurut Egy, tentu tidak adil dan fair, jika mengaitkan karier seseorang dengan takdir Tuhan jika disepakati jodoh merupakann takdir (ketentuan) Tuhan. Dikatakan, Maruli menjadi anak-menantu Luhut, adalah takdir yang tak bisa dielakkan oleh manusia.

Egy pun menceritakan bagaimana pertemuan Maruli Simanjuntak dengan anak perempuan Luhut Binsar Pandjaitan, yaitu Paulina Pandjaitan.

“Mungkin sedikit yang tahu, bahwa Paulina Panjaitan, yang kemudian menjadi Nyonya Maruli, mengenal Maruli Simanjuntak justru bukan sebagai seorang prajurit (TNI), melainkan sebagai atlet judo,” tutur Egy Massadiah.

“Benar. Kisah mereka terajut saat SEA Games ke-18 tahun 1995 di Jakarta. Paulina sebagai liaison officer, sedangkan Maruli sebagai atlet judo. Atlet yang berlatar belakang militer. Tahukah Anda, di mana posisi calon mertuanya saat itu? Tahun 1995, Kolonel (Inf) Luhut Binsar Panjaitan menjabat Komandan Korem 081/Dhirotsaha Jaya, Madiun, Jawa Timur,” lanjut Egy Massadiah.


hal 1 dari 3 halaman

Halaman: 123selengkapnya

Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Baliho Dukung Firli Bahuri Maju Capres Dipastikan Bukan dari KPK

Baliho yang mendukung Firli Bahuri untuk maju pencalonan presiden (capres) 2024 dipastikan bukan dari KPK.

NEWS | 27 Mei 2022

Perempuan Berpendidikan Tinggi Akan Tumbuhkan Generasi Cerdas

Kehadiran perempuan-perempuan yang berpendidikan tinggi akan menjadi tulang punggung bagi tumbuh suburnya generasi cerdas.

NEWS | 27 Mei 2022

Kenang Sosok Buya Syafii, Alissa Wahid: Beliau Berhati Bersih, Bernurani Jernih

Putri Presiden ke-4 RI Abdurrahman Wahid (Gus Dur), Alissa Wahid mengatakan, Buya Syafii Maarif adalah tokoh yang berhati bersih dan bernurani jernih

NEWS | 27 Mei 2022

Firli Bahuri Minta Tak Diganggu Isu Capres 2024

Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri menegaskan, dirinya tidak mau diganggu oleh isu Capres 2024.

NEWS | 27 Mei 2022

Syafii Maarif Tutup Usia, JK: Kita Kehilangan Guru Bangsa

Wakil Presiden ke-10 dan ke-12 RI, Jusuf Kalla (JK) berduka atas wafatnya mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah Ahmad Syafii Maarif.

NEWS | 27 Mei 2022

Wagub DKI Doakan Anak Ridwan Kamil Ditemukan Selamat

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mendoakan putra sulung Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Emmeril Khan Mumtadz ditemukan selamat

NEWS | 27 Mei 2022

Tawaran Tiongkok di Pasifik Berpotensi Kacaukan Kawasan

Tawaran Tiongkok kepada negara-negara di Pasifik berpotensi mengacaukan kawasan. AS menuding Beijing mengambil keuntungan.

NEWS | 27 Mei 2022

Panitia Bakal Pajang Mobil Replika Formula E saat CFD, Ini Respons Polisi

Pihak panitia Formula E berencana memamerkan mobil replika Formula E saat car free day (CFD) di Jakarta.

NEWS | 27 Mei 2022

Dorong Pertumbuhan Ekonomi Nelayan, Perpres MLIN Perlu Segera Diterbitkan

Perpres MLIN sangat diharapkan oleh sebagian besar masyarakat Maluku, khususnya para penggiat di sektor perikanan.

NEWS | 27 Mei 2022

Kasus Covid-19 Terkendali, Status Pandemi Bisa Dicabut WHO

Status pandemi Covid-19 dapat dicabut WHO dengan syarat negara mampu mengendalikan kasus harian di wilayahnya masing-masing.

NEWS | 27 Mei 2022


TAG POPULER

# Adik Jokowi Menikah


# Yeremia Rambitan


# Joe Biden


# Alex Noerdin


# KRL


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Panggung Perayaan Kenaikan Isa Almasih di JIS Tak Gunakan Area Rumput

Panggung Perayaan Kenaikan Isa Almasih di JIS Tak Gunakan Area Rumput

NEWS | 12 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings