Logo BeritaSatu

Rehabilitasi, Pesisisr Pantai Pangandaraan Ditanami 20.000 Pohon

Minggu, 23 Januari 2022 | 06:25 WIB
Oleh : Whisnu Bagus Prasetyo / WBP

Pandandaraan, Beritasatu.com - Pemerintah daerah bersama swasta melakukan rehabilitasi hutan Pantai Karang Tirta Pangandaran, Jawa Barat (Jabar) dengan menanam 20.000 bibit pohon cemara udang di pesisir Pantai Pangandaran dengan potensi lahan seluas 18 hektara (ha) pada Sabtu (22/1/2022).

“Mewakili Pemerintahan Provinsi Jabar kami mengapresiasi Dinas Kehutanan Jawa Barat yang melaksanakan relokasi hutan serta pemberdayaan masyarakat melalui bantuan alat ekonomi produktif untuk budi daya," kata Staf Ahli Gubernur Jawa Barat Bidang Ekonomi dan Pembangunan Berlin Hamdani Gelung Sakti yang hadir dalam kesempatan itu seperti dikutip dalam keterangannya Minggu (23/1/2022).

Berlin mengatakan Pemprov Jabar juga mengucapkan terima kasih kepada SiCepat Ekspres Indonesia sebagai salah satu pihak swasta yang berkontribusi dalam kegiatan Gerakan Nasional Pemulihan Daerah Aliran Sunga (GNPDAS) di Desa Cikande, Bandung Barat pada 28 November 2021. "Kegiatan penanganan ini dilanjutkan untuk lahan kritis Hutan Pantai Desa Sukaresik, Sidamulih, Pangandaran,” tutur Berlin.

Kepala Dinas Kehutanan Jawa Barat Epi Kustiawan memaparkan bahwa rehabilitasi hutan dan lahan adalah upaya untuk memulihkan, mempertahankan, dan meningkatkan fungsi hutan dan lahan, sehingga daya dukung, produktivitas, dan perannnya dalam menjaga system penyangga kehidupan tetap terjaga. "Melalui kolaborasi ini, diharapkan dapat meningkatkan minat menanam bagi seluruh elemen masyarakat sehingga lebih banyak lahan kritis yang terehabilitasi, serta terwujud," kata dia.

Camat Sidamulih Dedi Suharman megungkapkan kegiatan ini akan mendukung berbagai ekosistem di wilayah Hutan Pantai Karang Tirta. Hal ini akan menjadi benteng pertahanan pertama dari bencana alam tsunami, erosi, dan abrasi. "Tsunami di Pangandaran pada 2006 berdampak yang luar biasa sehingga kami megupayakan berbagai cara agar bencana tersebut tidak akan terulang," kata dia.

Kegiatan penanaman pohon ini melibatkan Kelompok Tani Hutan Pesisir Karang Tirta, serta merupakan bentuk kepedulian SiCepat Ekspres. CEO SiCepat Ekspres The Kim Hai, menjelaskan perusahaan mengajak semua pihak untuk bersama-sama memajukan bangsa, salah satunya aspek lingkungan hidup. “SiCepat Ekspres bersama Pemerintah Provinsi Jawa Barat khususnya Dinas Kehutanan turut andil dalam upaya rehabilitasi hutan dan lahan hutan di Pantai Karang Tirta. Bekerja sama dengan Kelompok Tani Hutan Pesisir Karang Tirta, kami melakukan perencanaan dan telah masuk dalam tahap proses pelaksanaan dan monitoring,” jelas The Kim Hai.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Waspada, Rob Berpotensi Terjadi di 9 Wilayah di Jakut

BPBD DKI meminta 9 wilayah di Jakut mewaspadai Rob setelah melihat kenaikan  tinggi muka air Pintu Air Pasar Ikan menjadi 252 sentimeter.

NEWS | 28 Mei 2022

Formula E Jakarta Gaet 7 Sponsor Dalam Negeri

Panitia penyelenggara Formula E Jakarta menggaet tujuh sponsor dalam negeri untuk mendukung pelaksanaan ajang balap mobil listrik di Ancol.

NEWS | 28 Mei 2022

Tangkal Hoax, Sekolah GPM Gelar Pelatihan Literasi Digital

Puluhan guru Sekolah Global Persada Mandiri (GPM) Kota Bekasi mengikuti pelatihan literasi digital untuk menangkal hoax.

NEWS | 28 Mei 2022

Warga Sambut Gowes Sehat Wali kota se-Indonesia di Bandar Lampung

Ratusan warga Bandar Lampung antuasias menyambut wali kota se-Indonesia yang mengikuti kegiatan gowes sehat dalam rangka HUT ke-22 Apeksi.

NEWS | 28 Mei 2022

Bima Arya Ajak 98 Wali Kota Bangkitkan Ekonomi dengan Produk Lokal

Ketua Apeksi yang juga Wali Kota Bogor Bima Arya mengajak 98 wali kota untuk berkolaborasi membangkitkan ekonomi tanah air dengan menggunakan produk lokal.

NEWS | 28 Mei 2022

Abhinaya Satya Lestari, Tema Hari Jadi Ke-540 Bogor

Pada 3 Juni 2022 nanti, Kota Bogor genap berusia 540 tahun. Peringatan Hari Jadi Kota Hujan tahun ini mengusung tema Abhinaya Satya Lestari.

NEWS | 28 Mei 2022

Khofifah Harap Koleksi Buku Buya Syafii Maarif Dihibahkan ke Ponpes

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa berharap koleksi buku milik almarhum Buya Syafii Maarif dapat dihibahkan ke salah satu pondok pesantren.

NEWS | 28 Mei 2022

Sahabat Ganjar Depok Deklarasi Dukungan untuk Ganjar Pranowo

Relawan Sahabat Ganjar DPC Kota Depok memimpin deklarasi dukungan untuk pemenangan Ganjar Pranowo di Depok.

NEWS | 28 Mei 2022

Pencuri Besi Proyek Kereta Cepat di Bekasi Dibebaskan

Melalui restorative justice, pencuri besi di proyek kereta cepat Jakarta-Bandung di Bekasi dibebaskan pihak kepolisian. 

NEWS | 28 Mei 2022

Ketum IA-ITB: Teknologi Alat Utama Dongkrak Pemulihan Ekonomi

Ketum IA-ITB mengatakan teknologi merupakan salah satu alat utama untuk mendongkrak pemulihan ekonomi pascapandemi Covid-19.

NEWS | 28 Mei 2022


TAG POPULER

# Adik Jokowi Menikah


# Yeremia Rambitan


# Joe Biden


# Alex Noerdin


# KRL


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Real Madrid Juara Liga Champions 2021/2022

Real Madrid Juara Liga Champions 2021/2022

BOLA | 43 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings