Logo BeritaSatu

Rumah Perubahan Gandeng Alibaba dan BNI Bekali Guru dengan Kompetensi Digital

Minggu, 23 Januari 2022 | 09:26 WIB
Oleh : Rully Satriadi / RSAT

Jakarta, Beritasatu.comRumah Perubahan berkolaborasi dengan Alibaba Business School, dan PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI akan membekali para guru mata pelajaran ekonomi di seluruh Indonesia dengan kompetensi digital dalam program Global Digital Talent (GDT).

Hal itu disampaikan founder Rumah Perubahan Rhenald Kasali dalam siaran pers, Sabtu (22/1/2022).

Rhenald mengatakan, pesatnya perkembangan teknologi informasi mengubah peta perekonomian global maupun nasional. Di Indonesia, kontribusi ekonomi digital terus membesar dan menjadikan Indonesia sebagai salah satu raksasa ekonomi digital di Kawasan Asia.

Rhenald menyebutkan perubahan peta perekonomian ini harus dipahami sejak dini oleh para siswa di bangku sekolah. Tujuannya, agar siswa memiliki bekal memadai saat memasuki dunia baru ini.

“Karena itu, langkah pertama yang perlu dilakukan adalah membekali guru dengan kompetensi digital, supaya kompetensi itu bisa diajarkan kepada para siswa,” kata Rhenald.

Rhenald menyebutkan, Mahir Academy digandeng sebagai partner dalam pelaksanaan program dengan sertifikasi internasional yang dijalankan pada periode Desember 2021 hingga Januari 2022 ini.

Menurut Rhenald, guru menjadi pintu masuk yang efektif untuk menyebarkan kompetensi digital kepada siswa, terutama untuk pelajar pada jenjang SMA, SMK, dan sederajat.

Kompetensi itu sangat penting sebagai bekal siswa sebelum melanjutkan ke pendidikan tinggi ataupun masuk ke dunia kerja.

Guru Besar Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia itu menyatakan, teknologi membuat zaman berubah dan mendorong manusia melakukan perubahan serta memberikan kecepatan, sehingga membuat dunia seperti tak berbatas dan terhubung.

Namun demikian, teknologi digital juga memiliki dampak negatif sehingga manusia juga harus peka dan mempelajari science agar tetap bisa beradaptasi dengan perubahan yang terjadi. “Kita tidak dituntut untuk berubah, tapi kita dituntut untuk relevan pada zamannya,” jelasnya.

Disebutkan, agar bisa relevan, para guru yang mengikuti program GDT mendapatkan berbagai materi komprehensif tentang kompetensi digital. Di antaranya, Embrace Digital Economy yang membahas tentang inklusivitas ekonomi digital, The Features of Digital Economy yang membahas tentang ekosistem bisnis online, serta Business Paradigm Shift yang membahas tentang perubahan pola konsumsi di era digital.

Selain itu, para guru juga mendapatkan materi The Changing Nature of Work yang membahas tentang perubahan sifat pekerjaan di era digital, serta Transformation of Traditional Industry yang membahas tentang perubahan peta industri sektor ritel dan manufaktur akibat teknologi online.

Rhenald mengatakan, berbagai pengetahuan tersebut sangat penting diketahui oleh guru maupun para siswa agar lebih siap menghadapi perubahan zaman di era digital.

“Semoga dengan pengetahuan baru yang didapatkan ini, bisa membuat kita menyadari dan mempersiapkan masa depan yang penuh ketidakpastian,” paparnya.

Corporate Secretary BNI Mucharom menambahkan, pengembangan kompetensi digital untuk para guru sejalan dengan komitmen BNI dalam memajukan ekosistem dunia Pendidikan di Indonesia.

Di internal BNI sendiri, program percepatan transformasi digital terus dilakukan demi mengantisipsi tuntutan masyarakat yang semakin digital savvy.

Beberapa champion product yang kini dikembangkan BNI berkaitan dengan penguatan digital adalah BNI New Mobile Banking, BNI Direct, dan BNI API Open Banking.

“Untuk itu kami pun mendukung program yang dikembangkan Rumah Perubahan dan Alibaba, sebagai bagian dari implementasi salah satu misi Perseroan, yaitu Memberikan layanan prima dan solusi digital kepada seluruh Nasabah selaku Mitra Bisnis pilihan utama,” ujar Mucharom.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

580 Ekor Bulus Karapas Lunak Dilepasliarkan di Sungai Mekong

Sekitar 580 tukik bulus karapas lunak raksasa Cantor yang terancam punah dibebaskan ke alam liar di sepanjang Sungai Mekong di provinsi Kratie, Kamboja

NEWS | 25 Mei 2022

Waspada, Cacar Monyet Bisa Menular Lewat Cairan Tubuh

Masa inkubasi cacar monyet biasanya 6 sampai 16 hari tetapi dapat mencapai 5 sampai 21 hari. 

NEWS | 25 Mei 2022

Penanganan PMK di Lombok Timur Berbasis Kearifan Lokal

Strategi komunikasi penanganan PMK di Lombok Timur melibatkan pemuka agama dan menggunakan pengeras suara masjid yang ada di desa-desa.

NEWS | 25 Mei 2022

Jerman Desak Hungaria Sepakati Embargo Minyak Rusia

Jerman mendesak Hungaria menyepakati embargo minyak Rusia. keputusasaan Jerman atas penolakan beberapa negara Eropa terhadap embargo minyak Rusia terungkap

NEWS | 25 Mei 2022

Tak Perlu Panik, Pakar IPB Tegaskan PMK Bisa Dikendalikan

Pakar IPB Denny W Lukman mengatakan bahwa penyakit mulut dan kuku (PMK) bisa dikendalikan secara terukur.

NEWS | 25 Mei 2022

Epidemiolog: Kebijakan Pemerintah Tangani PMK Sudah Tepat

Upaya pencegahan PMK oleh pemerintah dinilai tepat mengingat penularan PMK bisa melalui kontak langsung bahkan melalui udara.

NEWS | 25 Mei 2022

Mendagri: Pembangunan Perbatasan Perkuat Pertahanan Indonesia

Mendagri Tito Karnavian menegaskan Gerakan Pembangunan Terpadu Perbatasan merupakan langkah Pemerintah dalam percepatan pembangunan kawasan perbatasan.

NEWS | 25 Mei 2022

Gerebek Kampung Ambon, Polisi Tangkap 2 Pengedar Narkoba

Polisi menangkap dua pengedar narkoba jenis sabu saat menggerebek Kampung Ambon, Cengkareng, Jakarta Barat. 

NEWS | 25 Mei 2022

Polda Metro Buru Pencuri dengan Modus Pecah Kaca Mobil

Polda Metro Jaya memburu P, pencuri dengan modus pecah kaca mobil. Polda meringkus DS (35) sebagai tersangka dalam kasus itu.

NEWS | 24 Mei 2022

Akademisi: Penolakan UAS Bagian dari Kedaulatan Singapura

Penolakan UAS atau Ustaz Abdul Somad masuk Singapura merupakan bagian dari hak kedaulatan negara tersebut guna melindungi eksistensi negaranya.

NEWS | 24 Mei 2022


TAG POPULER

# Aturan Baru KTP


# Cekcok di Tol


# SEA Games


# HUT Jakarta


# Polisi Selingkuh


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Timnas Indonesia Satu Grup dengan Vietnam di Piala Asia U-20

Timnas Indonesia Satu Grup dengan Vietnam di Piala Asia U-20

BOLA | 18 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings