Logo BeritaSatu

Gaungkan Pentingnya Merawat Lingkungan, PDIP Sebarkan Info dalam 7 Bahasa

Minggu, 23 Januari 2022 | 11:47 WIB
Oleh : Rully Satriadi / RSAT

Buleleng, Beritasatu.com - DPP PDI Perjuangan (PDIP) tidak hanya mengajak kader partainya dan warga Indonesia untuk merawat bumi dan menjaga lingkungan dengan menanam pohon. Tetapi PDIP juga ingin mengajak warga dunia terlibat dalam gerakan tersebut, sekaligus merayakan HUT ke-75 Ketua Umumnya Megawati Soekarnoputri.

Seperti diakui Sekjen DPP PDIP, Hasto Kristiyanto, pihaknya ingin menggaungkan kegiatan penanaman pohon mangrove dan cemara udang di Provinsi Bali pada hari ini terdengar ke seluruh dunia.

"Untuk itu, kami menyiapkan rilis pers dalam tujuh bahasa untuk menyiarkan kegiatan penanaman pohon serentak se-Indonesia yang dipusatkan di Bali ini. PDIP ingin menunjukkan komitmen partai dalam konteks melestarikan alam dan menjaga lingkungan," ujar Hasto di sela-sela penanaman pohon mangrove di Kawasan Banyuwedang, Kabupaten Buleleng, Minggu (23/1/2022).

Hasto mengatakan DPP PDIP menyebarkan keterangan pers kegiatan ini dalam tujuh bahasa yakni bahasa Inggris, Jerman, Prancis, Jepang, Tiongkok, Arab, dan Spanyol.

"Kami sebarkan di seluruh dunia, mengingat PDI Perjuangan merupakan bagian dari warga bangsa. Di PDI Perjuangan ini, kita diajarkan bagaimana pada 1955, Bung Karno telah mempelopori Konferensi Asia-Afrika, kemudian menjadi gerakan non-blok, suatu gerakan yang menginspirasi bangsa-bangsa Asia-Afrika untuk merdeka," kata Hasto.

PDIP, lanjut Hasto, ingin mengambil spirit kepemimpinan Bung Karno, di mana berpolitik pada dasarnya bertujuan untuk membangun persaudaraan antarbangsa. Berpolitik bagi PDI Perjuangan membangun persaudaraan dunia karena Indonesia adalah taman sari dunia.

Di Kawasan Banyuwedang, Hasto menanam 15.000 bibit pohon mangrove. Sedangkan tempat lainnya juga dilakukan kegiatan yang sama, yakni Kabupaten Jembrana 3.000 bibit yang dipimpin Ketua DPP I Made Urip, Nusa Penida 2.000 bibit dipimpin anggota DPR dapil Bali, Tanjung Benoa 1.000 bibit oleh Ketua DPP Tri Rismaharini, dan Denpasar 500 bibit pohon cemara udang oleh Ketua DPP Yasonna Laoly.

"Semoga penanaman mangrove ini terus menggerakkan seluruh warga bangsa untuk mencintai lingkungan, untuk bergerak merawat pertiwi, dan bergerak menanam pohon agar kebahagiaan sejati itu tercapai ketika manusia berada dalam keseimbangan sebagaimana diajarkan di dalam konsepsi Tri Hita Karana. Mari kita tanam dengan sebaik-baiknya, dengan benar, dan kita tanam sebanyak mungkin, sesuai dengan benih yang disediakan pada hari ini," kata Hasto.

Hasto juga menyampaikan terima kasih kepada Gubernur Bali sekaligus kader PDIP I Wayan Koster yang mendukung gerakan penghijauan ini. Koster juga turut mendampingi Hasto dalam kegiatan penanaman pohon itu.

"Mari kita bergerak dengan satu arah menjaga lingkungan hidup merawat pertiwi dengan penuh rasa cinta. Sebab, Pancasila hanya bisa dijalankan dengan rasa cinta kepada Tanah Air, cinta yang berkobar-kobar," pungkas Hasto.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Waspada, Rob Berpotensi Terjadi di 9 Wilayah di Jakut

BPBD DKI meminta 9 wilayah di Jakut mewaspadai Rob setelah melihat kenaikan  tinggi muka air Pintu Air Pasar Ikan menjadi 252 sentimeter.

NEWS | 28 Mei 2022

Formula E Jakarta Gaet 7 Sponsor Dalam Negeri

Panitia penyelenggara Formula E Jakarta menggaet tujuh sponsor dalam negeri untuk mendukung pelaksanaan ajang balap mobil listrik di Ancol.

NEWS | 28 Mei 2022

Tangkal Hoax, Sekolah GPM Gelar Pelatihan Literasi Digital

Puluhan guru Sekolah Global Persada Mandiri (GPM) Kota Bekasi mengikuti pelatihan literasi digital untuk menangkal hoax.

NEWS | 28 Mei 2022

Warga Sambut Gowes Sehat Wali kota se-Indonesia di Bandar Lampung

Ratusan warga Bandar Lampung antuasias menyambut wali kota se-Indonesia yang mengikuti kegiatan gowes sehat dalam rangka HUT ke-22 Apeksi.

NEWS | 28 Mei 2022

Bima Arya Ajak 98 Wali Kota Bangkitkan Ekonomi dengan Produk Lokal

Ketua Apeksi yang juga Wali Kota Bogor Bima Arya mengajak 98 wali kota untuk berkolaborasi membangkitkan ekonomi tanah air dengan menggunakan produk lokal.

NEWS | 28 Mei 2022

Abhinaya Satya Lestari, Tema Hari Jadi Ke-540 Bogor

Pada 3 Juni 2022 nanti, Kota Bogor genap berusia 540 tahun. Peringatan Hari Jadi Kota Hujan tahun ini mengusung tema Abhinaya Satya Lestari.

NEWS | 28 Mei 2022

Khofifah Harap Koleksi Buku Buya Syafii Maarif Dihibahkan ke Ponpes

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa berharap koleksi buku milik almarhum Buya Syafii Maarif dapat dihibahkan ke salah satu pondok pesantren.

NEWS | 28 Mei 2022

Sahabat Ganjar Depok Deklarasi Dukungan untuk Ganjar Pranowo

Relawan Sahabat Ganjar DPC Kota Depok memimpin deklarasi dukungan untuk pemenangan Ganjar Pranowo di Depok.

NEWS | 28 Mei 2022

Pencuri Besi Proyek Kereta Cepat di Bekasi Dibebaskan

Melalui restorative justice, pencuri besi di proyek kereta cepat Jakarta-Bandung di Bekasi dibebaskan pihak kepolisian. 

NEWS | 28 Mei 2022

Ketum IA-ITB: Teknologi Alat Utama Dongkrak Pemulihan Ekonomi

Ketum IA-ITB mengatakan teknologi merupakan salah satu alat utama untuk mendongkrak pemulihan ekonomi pascapandemi Covid-19.

NEWS | 28 Mei 2022


TAG POPULER

# Adik Jokowi Menikah


# Yeremia Rambitan


# Joe Biden


# Alex Noerdin


# KRL


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Real Madrid Juara, Carlo Ancelotti Torehkan Sejarah

Real Madrid Juara, Carlo Ancelotti Torehkan Sejarah

BOLA | 2 jam yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings