Logo BeritaSatu

Arteria Dahlan Pakai Mobil Pelat Nomor Dinas Polisi, Ini Tanggapan Psikolog

Minggu, 23 Januari 2022 | 16:33 WIB
Oleh : Wilsa Azmalia Putri / WM

Jakarta, Beritasatu.com – Psikolog Ifa Hanifah Misbach berpendapat, kasus Anggota Komisi III DPR dari Fraksi PDIP Arteria Dahlan yang memiliki pelat mobil dinas Polri disebabkan kurangnya sikap penempatan diri dalam lingkup masyarakat.

“Dalam penggunaan pelat nomor polisi ini memang ada pihak-pihak tertentu yang secara formal atau legal oleh negara mendapatkan hak tersebut tetapi bagi yang tidak, akan ada peluang untuk menyalahgunakan kekuasaannya (power). Seperti ingin menunjukkan power di jalan kah atau ingin ditakuti orang lain. Bisa dibilang, hal seperti ini disebabkan karena kemampuan untuk menempatkan dirinya kurang,” kata Ifa saat dihubungi Beritasatu.com, Minggu (23/1/2022)

Dijelaskan Ifa, dalam psikologi terdapat dua tipikal individu yaitu individu yang memiliki harga diri rendah dan individu yang harga dirinya sehat. Bagi mereka yang memiliki harga diri sehat, Ifa mengatakan, orang tersebut sudah merasa cukup dengan dirinya sendiri sehingga tidak lagi mencari validasi atau khawatir dengan persepsi publik terhadapnya.

“Jadi mereka entah mau pakai pelat nomor biasa atau bahkan naik angkot sekalipun, mereka sudah merasa cukup dengan dirinya sendiri. Jadi gak perlu khawatir dengan persepsi publik bahwa harga dirinya menjadi rendah karena tidak punya sejumlah atribut untuk dianggap sebagai orang penting,” jelas Ifa.

Adapun sebaliknya, individu dengan rasa harga diri yang rendah, dikatakan Ifa, akan membutuhkan atribut kebendaan sebagai validasi untuk meningkatkan harga diri di mata orang lain.

“Orang yang harga dirinya sehat akan penuh empati. Istilahnya tahu diri jika dia memakai pelat nomor polisi tetapi itu bukan haknya, dia tahu dia akan merugikan pengguna jalan yang lain. Begitu pula sebaliknya, seberapa egois kamu sampai tidak bisa menempatkan diri dan orang lain harus memaklumi kepentinganmu,” ujar Ifa.

Lebih lanjut, Ifa menjelaskan, adanya individu dengan harga diri rendah dan individu dengan harga diri sehat tidak tergantung atau terpengaruh atas afirmasi dari lingkungan. “Bagi orang yang inferior, mereka akan menutupi rasa inferiornya dengan cara menggunakan berbagai atribut duniawi untuk membuat dirinya superior dan tetap hebat di mata orang. Padahal orang akan menghargai kita karena sikap kita sendiri, seperti cara berbicaranya yang sopan, memiliki empati terhadap orang lain, dan sebagainya,” kata Ifa.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Meccaya Group Libatkan UMKM Dukung Perayaan Waisak 2022 di Candi Pawon

Meccaya Group mendukung penyelenggaraan kegiatan sosial, budaya dan keagamaan  selama 2 hari pada tanggal 14 dan 15 Mei 2022 di kawasan Candi Pawon

NASIONAL | 16 Mei 2022

KPK Terima Ratusan Laporan Gratifikasi Idulfitri, Bentuknya?

Laporan gratifikasi Idulfitri tersebut di antaranya terdiri dari tujuh objek berupa cinderamata atau plakat dengan nilai taksir Rp 4.350.000.

NASIONAL | 16 Mei 2022

Sopir Mengantuk Diduga Penyebab Kecelakaan Bus di Tol Surabaya-Mojokerto

Akibat kecelakaan Bus Ardiansyah bernomor polisi S 7322 tersebut, 13 orang meninggal dunia dan 12 lainnya luka-luka.

NASIONAL | 16 Mei 2022

Waisak, 1.252 Narapidana Buddha Mendapat Remisi Khusus

Sebanyak 1.252 narapidana beragama Buddha mendapatkan remisi khusus dari Kemenkumham pada Hari Raya Waisak, Senin (16/5/2022).

NASIONAL | 16 Mei 2022

Densus 88 Ringkus 24 Terduga Teroris MIT Poso dan ISIS

Penangkapan terduga jaringan teroris Mujahidin Indonesia Timur (MIT) Poso dan kelompok ISIS dilakukan Densus 88 Antiteror pada Sabtu (14/5).

NASIONAL | 16 Mei 2022

Kecelakaan Bus di Tol Surabaya-Mojokerto, 13 Penumpang Tewas

Kecelakaan Bus Ardiansyah bernomor polisi S 7322 tersebut terjadi setelah menabrak tiang di pinggir bahu jalan tol Surabaya-Mojokerto, sehingga terguling.

NASIONAL | 16 Mei 2022

KPK Duga Wali Kota Ambon Mengondisikan Proses Lelang

KPK mendalami dugaan Wali Kota Ambon Richard Louhenapessy mengondisikan proses lelang pada Pemkot Ambon serta menerima gratifikasi.

NASIONAL | 16 Mei 2022

Ketum PBNU Gus Yahya Ucapkan Selamat Hari Raya Waisak

PBNU Yahya Cholil Staquf atau Gus Yahya mengucapkan selamat merayakan Waisak 2566 Tahun Buddhis.

NASIONAL | 16 Mei 2022

Polisi Gagalkan Penyelundupan Minyak Goreng ke Timor Leste

3 kontainer minyak goreng diamankan anggota Kepolisian Resor Insana Utara, Kabupaten Timor Tengah Utara NTT saat akan diselundupkan ke Timor Leste.

NASIONAL | 16 Mei 2022

Jokowi Ucapkan Selamat Hari Raya Waisak, Yuk Simak

Perseden Jokowi memberikan ucapan Selamat Hari Raya Waisak kepada seluruh umat Buddha di Indonesia.

NASIONAL | 16 Mei 2022


TAG POPULER

# Anggota TNI Tewas


# Medina Zein


# Vaksinasi Covid-19


# Piala Thomas


# Timnas Indonesia


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Senin Pagi, 6.000 Kendaraan Mengarah ke Puncak Bogor

Senin Pagi, 6.000 Kendaraan Mengarah ke Puncak Bogor

MEGAPOLITAN | 9 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings