Logo BeritaSatu

Puncak Kasus Covid-19 Diprediksi Februari-Maret, Epidemiolog Imbau PTM Ditunda

Minggu, 23 Januari 2022 | 17:02 WIB
Oleh : Wilsa Azmalia Putri / WM

Jakarta, Beritasatu.com – Menyusul adanya prediksi puncak kasus Covid-19 pada Februari hingga Maret mendatang, Epidemiolog dari Centre for Environmental and Population Health Griffith University Australia, Dicky Budiman mengatakan, perlunya proteksi cepat untuk anak-anak yang turut berpotensi terpapar Covid-19 terutama varian Omicron. Ia menyebut pembelajaran tatap muka (PTM) harus ditunda dari akhir Januari hingga Maret.

“Karena ini masa-masa yang rawan dengan adanya prediksi puncak kasus. Sebab, meskipun sudah ada program vaksinasi untuk anak, tetapi masih ada dari mereka yang belum dapat terutama anak yang di bawah 6 tahun. Untuk saat ini risikonya sangat berat untuk anak-anak,” kata Dicky, saat dihubungi Beritasatu.com, Minggu (23/1/2022).

Dikatakan Dicky, saat ini kasus infeksi terhadap anak meningkat. Hal tersebut disebabkan banyak anak-anak yang belum divaksinasi serta orang-orang disekitarnya juga ditemukan masih belum melakukan vaksinasi.

“Omicron ini cepat menginfeksinya. Mitigasi risiko apapun yang bisa kurangi itu yang bisa kita lakukan lakukan. Seperti work for home ditingkatkan kapasitasnya dan mempercepat capaian cakupan vaksinasi, khususnya kepada lansia yang masih menjadi PR. Ini yg harus dikejar, bukan hanya pada potensi di puncak nanti, tetapi juga antisipasi di bulan puasa. Sebelum puasa kita harus mengejar cakupan vaksinasi,” ujar Dicky.

Lebih lanjut, Dicky menjelaskan, varian Omicron terlihat ringan karena efek dari vaksinasi dan imunitas. Tetapi, meski begitu intensitas penyebarannya tetap tinggi dan cepat di saat program vaksinasi berlangsung aktif. “Kasus fatalitas atau meninggal memang akan lebih banyak memapar komorbid atau lansia, namun bukan berarti tidak bisa terjadi pada yang lain, termasuk anak-anak. Jika kita tidak cepat melakukan mitigasi, kematian pada anak juga akan terjadi, seperti yang sudah terjadi di negara lain,” ujarnya.

Dicky menyarankan untuk terus mengejar capaian vaksinasi kepada lansia dan anak-anak, sebab masih banyak di antara kelompok ini yang belum mendapatkan vaksin penuh. “Termasuk kita lindungi juga anak-anak yang di bawah 6 tahun. Dengan cara orang-orang disekitarnya harus segara divaksin. PTM juga harus ditunda dulu, lebih baik dilakukan secara online untuk saat ini, karena berbahaya,” katanya.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

580 Ekor Bulus Karapas Lunak Dilepasliarkan di Sungai Mekong

Sekitar 580 tukik bulus karapas lunak raksasa Cantor yang terancam punah dibebaskan ke alam liar di sepanjang Sungai Mekong di provinsi Kratie, Kamboja

NEWS | 25 Mei 2022

Waspada, Cacar Monyet Bisa Menular Lewat Cairan Tubuh

Masa inkubasi cacar monyet biasanya 6 sampai 16 hari tetapi dapat mencapai 5 sampai 21 hari. 

NEWS | 25 Mei 2022

Penanganan PMK di Lombok Timur Berbasis Kearifan Lokal

Strategi komunikasi penanganan PMK di Lombok Timur melibatkan pemuka agama dan menggunakan pengeras suara masjid yang ada di desa-desa.

NEWS | 25 Mei 2022

Jerman Desak Hungaria Sepakati Embargo Minyak Rusia

Jerman mendesak Hungaria menyepakati embargo minyak Rusia. keputusasaan Jerman atas penolakan beberapa negara Eropa terhadap embargo minyak Rusia terungkap

NEWS | 25 Mei 2022

Tak Perlu Panik, Pakar IPB Tegaskan PMK Bisa Dikendalikan

Pakar IPB Denny W Lukman mengatakan bahwa penyakit mulut dan kuku (PMK) bisa dikendalikan secara terukur.

NEWS | 25 Mei 2022

Epidemiolog: Kebijakan Pemerintah Tangani PMK Sudah Tepat

Upaya pencegahan PMK oleh pemerintah dinilai tepat mengingat penularan PMK bisa melalui kontak langsung bahkan melalui udara.

NEWS | 25 Mei 2022

Mendagri: Pembangunan Perbatasan Perkuat Pertahanan Indonesia

Mendagri Tito Karnavian menegaskan Gerakan Pembangunan Terpadu Perbatasan merupakan langkah Pemerintah dalam percepatan pembangunan kawasan perbatasan.

NEWS | 25 Mei 2022

Gerebek Kampung Ambon, Polisi Tangkap 2 Pengedar Narkoba

Polisi menangkap dua pengedar narkoba jenis sabu saat menggerebek Kampung Ambon, Cengkareng, Jakarta Barat. 

NEWS | 25 Mei 2022

Polda Metro Buru Pencuri dengan Modus Pecah Kaca Mobil

Polda Metro Jaya memburu P, pencuri dengan modus pecah kaca mobil. Polda meringkus DS (35) sebagai tersangka dalam kasus itu.

NEWS | 24 Mei 2022

Akademisi: Penolakan UAS Bagian dari Kedaulatan Singapura

Penolakan UAS atau Ustaz Abdul Somad masuk Singapura merupakan bagian dari hak kedaulatan negara tersebut guna melindungi eksistensi negaranya.

NEWS | 24 Mei 2022


TAG POPULER

# Aturan Baru KTP


# Cekcok di Tol


# SEA Games


# HUT Jakarta


# Polisi Selingkuh


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Pekan Depan, Shayne Pattynama Jalani Proses Naturalisasi

Pekan Depan, Shayne Pattynama Jalani Proses Naturalisasi

BOLA | 9 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings