Logo BeritaSatu

Peradi Pergerakan Sebut Ada Transaksi Mencurigakan di Rekening Orari

Minggu, 23 Januari 2022 | 23:13 WIB
Oleh : Fana F Suparman / FFS

Jakarta, Beritasatu.com - Perhimpunan Penasihat Hukum Indonesia (Peradi) Pergerakan mengungkap adanya transaksi mencurigakan terkait rekening bank milik Organisasi Amatir Radio Indonesia (Orari). Transaksi mencurigakan ini terungkap dari data yang disampaikan simpatisan atau anggota Orari terkait penandatanganan nota kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) antara DPP Orari pimpinan Donny Priambodo dengan DPP Peradi Pergerakan pimpinan Sugeng Teguh Santoso.

Sebagian besar respons simpatisan atau anggota Orari menyambut baik kesepakatan antara kedua organisasi tersebut. Melalui kerja sama itu diharapkan meningkatkan keterbukaan dan transparansi, terutama di bidang keuangan yang menjadi ciri organisasi modern. Namun, terdapat anggota atau simpatisan Orari yang mengirim data arus keluar masuk dana atas rekening bank milik Orari di salah satu bank pemerintah.

Pengirim data tersebut berharap adanya audit investigasi atas transaksi mencurigakan tersebut. Tak hanya karena menyangkut jumlah yang besar, audit tersebut diperlukan untuk menjaga nama dan kehormatan Orari.

"Ada sejumlah transaksi mencurigakan dalam jumlah besar, ada miliaran rupiah dan banyak dalam jumlah ratusan juta rupiah," kata Sekjen DPP Peradi Pergerakan M Syafei dalam keterangannya, Minggu (23/1/2022).

DPP Peradi Pergerakan, kata Syafei sedang mendalami dokumen perbankan tersebut. Pendalaman ini diperlukan lantaran berdasarkan data yang diterima Peradi Pergerakan, transaksi dalam jumlah besar itu hanya berputar-putar di antara beberapa nama, baik perorangan mau pun badan hukum.

"Orari ini kan organisasi yang berwatakan sosial, tapi tampilan rekeningnya seperti rekening perseroan," ungkap Syafei.

Syafei mengatakan, proses pendalaman masih dilakukan. Peradi Pergerakan, katanya, akan meminta keterangan pakar perbankan dan sejumlah tokoh senior Orari untuk mendalami transaksi mencurigakan ini.

"Nanti setelah kami mempunyai kesimpulan maka kami akan melangkah untuk mengundang para mantan pimpinan pusat Orari, untuk meminta penjelasan," katanya.

Dikatakan Syafei, pengungkapan data mengenai transaksi mencurigakan ini dilakukan Peradi Pergerakan sebagai bentuk penghormatan kepada Orari yang merupakan organisasi sosial yang banyak berperan dalam pembangunan bangsa dan negara.

"Seperti yang telah dijanjikan oleh ketum kami mas Sugeng saat penandatanganan MoU, bahwa kami memiliki tanggung jawab moral untuk melihat Orari tetap eksis dan terpandang di masyarakat," katanya.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Kejar Ketertinggalan, Gus Halim: Pengelolaan RSNU Harus Profesional

Pengelolaan RSNU selama ini relatif tertinggal dibandingkan dengan penyelenggara layananan kesehatan milik organisasi keagamaan lain.

NASIONAL | 16 Mei 2022

Waduh! Kambing Bantuan Pemkab Kulonprogo Terinfeksi PMK

Seekor kambing milik warga di Pandowan, Galur, Kulonprogo, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) positif mengidap penyakit kuku dan mulut (PMK).

NASIONAL | 16 Mei 2022

Wanita Misterius Berbaju Putih di Lampung Akhirnya Terungkap

Wanita misterius berbaju putih dan berkaca mata hitam yang meminta sumbangan bahkan sampai mematikan listrik rumah pada malam hari.

NASIONAL | 16 Mei 2022

Richard Mille Asia Respons Tudingan Penipuan Jam Tangan Mewah

Richard Mille Asia angkat bicara soal tudingan Tony Sutrisno soal dugaan penipuan terkait pembelian 2 jam Richard Mille senilai Rp 77 miliar.

NASIONAL | 15 Mei 2022

Waisak, Umat Buddha Diajak Perkuat Moderasi Beragama

Menag Yaqut Cholil Qoumas mengajak umat Buddha untuk memperkuat moderasi beragama dalam memperingati Tri Suci Waisak yang jatuh pada Senin (16/5/2022)

NASIONAL | 15 Mei 2022

KNPI Luncurkan Gerakan Membangun Investor of Change Pemuda Indonesia

KNPI meluncurkan program nasional di Gedung Pemuda/KNPI, Kuningan, Jakarta, Minggu (15/5/2022).

NASIONAL | 15 Mei 2022

Elf Tabrak Sejumlah Motor di Karawang, 7 Orang Tewas

Tujuh orang meninggal dunia dan sepuluh orang lainnya luka-luka saat sebuah minibus Elf menabrak belasan motor di Jalan Raya Purwasari, Kabupaten Karawang.

NASIONAL | 15 Mei 2022

Buya Syafii Maarif Kembali Jalani Perawatan di Rumah Sakit

Mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah, Ahmad Syafii Maarif atau Buya Syafii kembali menjalani perawatan di Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Gamping, Sleman.

NASIONAL | 15 Mei 2022

Khofifah Lepas Layanan Kesehatan RST Ksatria Airlangga

RST Ksatria Airlangga merupakan rumah sakit terapung yang dimiliki Universitas Airlangga (Unair) dengan misi pelayanan kesehatan di wilayah kepulauan Indonesia.

NASIONAL | 15 Mei 2022

Belasan Sapi di Lampung terserang PMK, Lima Mati Mendadak

Belasan ekor hewan ternak sapi milik warga Tiyuh (Desa) Mulya Jaya, di Tulang Bawang Barat, Lampung terserang penyakit mulut dan kuku (PMK).

NASIONAL | 15 Mei 2022


TAG POPULER

# Anggota TNI Tewas


# Medina Zein


# Vaksinasi Covid-19


# Piala Thomas


# Timnas Indonesia


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Ekspansi ke Jepang, BNI-JRB Fasilitasi Pinjaman Yen ke Ichii

Ekspansi ke Jepang, BNI-JRB Fasilitasi Pinjaman Yen ke Ichii

EKONOMI | 14 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings