Logo BeritaSatu

Kasus Omicron Meningkat, Wapres: Seluruh Jajaran Harus Siap

Senin, 24 Januari 2022 | 17:21 WIB
Oleh : Novy Lumanauw / WM

Jakarta, Beritasatu.com – Wakil Presiden (Wapres) KH Ma’ruf Amin mengungkapkan, kekhawatirannya menyusul peningkatan kasus positif Covid-19, varian Omicron di Tanah Air. Karena itu, Wapres menekankan, seluruh jajaran harus siap mengantisipasinya.

Ia secara secara khusus menyoroti penyebaran varian Omicron yang dalam beberapa hari terakhir meningkat pesat dan telah menyebabkan kematian.

“Ini walaupun sekali lagi tingkat keparahan varian Omicron ini lebih ringan dibanding Delta, tetapi kalau jumlah bertambah terus, potensi penularan kepada, terutama yang memiliki komorbid, maka ini juga akan memberikan tekanan kepada fasilitas tenaga kesehatan yang ada. Karena itu, seperti apa kesiapan kita dalam menghadapi kemungkinan-kemungkinan itu,” ujar Wapres saat memimpin Rapat Terbatas Kabinet Indonesia Maju secara daring, yang membahas tentang evaluasi pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM), Senin (24/1/2022)

Wapres menyampaikan, kesiapan dimaksud di antaranya dapat dilakukan dengan memperkuat tracing pada masyarakat. Terlebih, dengan adanya peningkatan penyebaran melalui transmisi lokal.

“Terkait dengan peningkatan jumlah tes, tracing, mengingat mereka yang terpapar varian Omicron ini kebanyakan OTG (orang tanpa gejala) dan juga orang yang (memiliki) komorbid, sakit ringan, ini berpotensi besar untuk memicu penularan berkelanjutan di masyarakat,” ujarnya.

Selain itu, Wapres juga menekankan agar program vaksinasi Covid-19 terus diakselerasi baik untuk masyarakat umum, kelompok lanjut usia (lansia), maupun anak-anak.

“Saya mohon perhatian yang keempat juga terkait laporan percepatan vaksinasi. Vaksinasi booster sudah mulai dilaksanakan. Kemudian juga, laporan terkait upaya percepatan pengembangan vaksin Covid-19 produksi dalam negeri, termasuk aspek keamanannya, khasiatnya, mutunya, serta progres pembuatannya supaya pada 2022 ini vaksin Covid-19 buatan dalam negeri ini dapat digunakan masyarakat Indonesia,” ujarnya.

Selain antisipasi dari sisi kesehatan, Wapres juga turut memantau evaluasi penyelenggaraan pembelajaran tatap muka (PTM). Ia menilai, kebijakan ini memerlukan perhatian khusus karena puncak penyebaran varian Omicron diperkirakan terjadi pada Februari 2022 hingga awal Maret 2022.

“Sampai tanggal 18 Januari 2022 itu terdapat 41 sekolah SD/SMA di Jakarta yang sebagian siswanya positif Covid-19. Bagaimana kira-kira kelanjutan kebijakan dari PTM ini, pembelajaran tatap muka ini. Karena penyebarannya cepat dan bahkan diperkirakan Februari ini akan mencapai puncaknya dan sampai dengan awal Maret,” kata Wapres.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: Investor Daily

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Penembakan di Mal Kopenhagen, Tersangka Pemuda Usia 22 Tahun

Seorang pemuda berusia 22 tahun menjadi tersangka pelaku penembakan di sebuah mal di Kopenhagen, Denmark.

NEWS | 4 Juli 2022

Cuti 14 Hari, Bima Arya dan Ridwan Kamil Tunaikan Haji

Bima Arya mengajukan cuti dalam jabatannya Wali Kota Bogor selama 14 hari untuk menunaikan ibadah haji bersama Ridwan Kamil.

NEWS | 4 Juli 2022

Longsoran Es di Pegunungan Alpen Italia Tewaskan 6 Orang

Foto ini diambil pada 3 Juli 2022 dari Canazei, menunjukkan lapisan es yang runtuh di Marmolada, dekat Punta Rocca, menewaskan enam orang.

NEWS | 4 Juli 2022

Pelatihan Hidroponik Warnai Deklarasi Sandiaga Uno di Binjai

Rangkaian kegiatan dilakukan Relawan Sandi dalam deklarasi Menparekraf Sandiaga Uno untuk maju di Pilpres 2024.

NEWS | 4 Juli 2022

Hari Ini Hujan Berpotensi Terjadi di Seluruh Wilayah Jakarta

BMKG memperkirakan hujan akan terjadi secara merata di seluruh wilayah DKI Jakarta pada Senin (4/7/2022) siang.

NEWS | 4 Juli 2022

Penembakan di Mal Kopenhagen, 3 Orang Dilaporkan Tewas

Tiga orang tewas dan beberapa lainnya terluka dalam penembakan di sebuah pusat perbelanjaan (mal) di Kopenhagen pada Minggu (3/7/2022), kata polisi Denmark.

NEWS | 4 Juli 2022

Santri dan Ulama di Karawang Doakan Ganjar Pranowo

Santri dan ulama hadir di Masjid Jami Baitul Anwar, Karawang, Jawa Barat, Minggu (3/7/2022), untuk mendoakan Ganjar Pranowo pada Pilpres 2024.

NEWS | 4 Juli 2022

Ketua Ormas di Lampung Ditemukan Tewas Bersimbah Darah

Seorang pria yang ternyata ketua ormas ditemukan tewas bersimbah darah di Jalan Ir Sutami, Way Laga, Sukabumi, Bandar Lampung.

NEWS | 4 Juli 2022

Kasus Covid-19 Naik, IDI: Pakai Masker di Ruang Terbuka

IDI kembali mengimbau agar masyarakat kembali memakai masker tidak hanya di ruang tertutup, tetapi juga saat berada di ruang terbuka.

NEWS | 3 Juli 2022

Ini Beda Ganja Sebagai Pengobatan Medis dengan Tanaman

Ganja yang digunakan sebagai sarana pengobatan atau ganja medis memiliki perbedaan dengan ganja tanaman.

NEWS | 3 Juli 2022


TAG POPULER

# Apriyani/Fadia Juara


# Elon Musk


# Yusuf Mansur


# Ahmad Dhani


# KM Setia Makmur


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Baru Dibuka, IHSG Langsung Terjun 0,6%

Baru Dibuka, IHSG Langsung Terjun 0,6%

EKONOMI | 3 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings