Logo BeritaSatu

Menkominfo Beberkan 3 Isu Prioritas Ekonomi Digital di Acara Presidensi G-20

Selasa, 25 Januari 2022 | 07:15 WIB
Oleh : Yustinus Paat / JAS

Jakarta, Beritasatu.com - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate membeberkan tiga isu prioritas yang akan dibawa pemerintah Indonesia dalam kelompok kerja ekonomi digital atau Digital Economy Working Group (DEWG) pada rangkaian acara Presidensi G-20 mendatang. Ketiga isu prioritas tersebut adalah pemerataan akses digital, literasi digital, dan arus data lintas batas negara yang aman.

"Pada isu prioritas pertama, Indonesia akan mendorong diskusi pemerataan akses digital dan digitalisasi yang menyeluruh termasuk bagi kelompok rentan,” ujar Johnny di acara dialog publik secara virtual bertajuk "Executive Education Program for Young Political Leaders: Transformasi Digital yang Inklusif", Senin (24/01/2022).

Dari segi bisnis, kata Johnny, Indonesia mendorong agar negara-negara G-20 untuk mewujudkan fair level of playing field di dunia digital. Menurut Johnny, hal ini harus menjadi salah satu tujuan bersama atau common interest negara G-20 karena keberadaan digital saat ini masih belum berimbang.

“Melalui DEWG, Kominfo akan menyelenggarakan digital innovation network untuk memfasilitasi business matchmaking bagi startup-startup digital,” kata Johnny.

Isu prioritas kedua, tutur Johnny, adalah Pemerintah Indonesia akan mendorong penguatan literasi dan keterampilan digital masyarakat. Pasalnya, literasi dan keterampilan digital merupakan salah satu prasyarat transformasi digital yang inklusif dan yang memungkinkan semua orang dapat memanfaatkan ruang digital secara produktif untuk menciptakan nilai-nilai ekonomi.

"Guna meningkatkan literasi dan keterampilan digital, Indonesia saat ini tengah menyusun dokumen G-20 Toolkit for Measuring Digital Skillsand Digital Literacy, sebuah dokumen pengukuran kesiapan kecakapan dan literasi digital yang belum ada sebelumnya dan dapat kita jadikan sebagai rujukan bersama oleh negara-negara anggota G-20,” jelas Johnny.

Sementara itu, dalam isu proritas DEWG ketiga, Menkominfo menyatakan Indonesia akan terus mendorong perwujudan arus data lintas batas negara yang aman, produktif, dan berbasis kepercayaan. Dalam konteks ini, dia menyebutkan 4 prinsip, yakni lawfulness, fairness, transparency, dan reciprocity.

Menkominfo menegaskan, untuk mewujudkan target-target tersebut Indonesia mengambil strategi kolaborasi di level internasional dan nasional. Di level internasional, digital economy working group menjadikan diskusi dan potensi kerja sama dengan negara-negara anggota G-20 maupun organisasi-organisasi internasional.

Sedangkan di level nasional, DEWG G-20 berkolaborasi dengan kementerian dan lembaga pengampu working group dan engagement group G-20, akademisi, pelaku industri, serta stakeholder terkait lainnya.

“Isu besar dalam DEWG yang diantar oleh Indonesia melalui Kominfo, akan kita gelar di meja-meja perundingan,” tandas dia.

Lebih lanjut, Johnny mengatakan Presidensi G-20 menjadi momentum bagi pemerintah untuk mengembangkan transformasi digital inklusif. Karena itu, kata dia, tata kelola digital harus lebih adil dengan diskusi seimbang antara negara berkembang dengan negara maju atau industri.

“Presidensi G-20 Indonesia akan merupakan kesempatan Indonesia sebagai negara berkembang untuk menyeimbangkan diskusi yang didominasi oleh negara-negara maju atau negara-negara industri, guna membangun tata kelola dunia yang lebih adil,” pungkas dia.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Survei SMRC: 76,7% Warga Puas dengan Kinerja Presiden Jokowi

Kepuasan publik terhadap kinerja Presiden Joko Widodo (Jokowi) mencapai 76,7 persen. Hal tersebut mengacu survei SMRC.

NEWS | 18 Mei 2022

Penghapusan Tes Covid-19 bagi Pelaku Perjalanan Adaptif

Tes Covid-19 bagi pelaku perjalanan dalam negeri (PPDN) atau luar negeri (PPLN) bersifat adaptif atau menyesuaikan dengan situasi serta kondisi.

NEWS | 18 Mei 2022

Kerja Sama KSP dengan Pihak Lain Dilakukan Sesuai Ketentuan Hukum

Deputi V Kantor Staf Kepresidenan Jaleswari Pramodawardhani menegaskan, kerja sama KSP dengan pihak lain dilaksanakan sesuai ketentuan hukum.

NEWS | 18 Mei 2022

Pekan Ini, Masyarakat Terkoneksi Sapa Warga Bahas PMK Hewan

Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi kembali menggelar program Masyarakat Terkoneksi Sapa Warga dengan tema kewaspadaan terhadap PMK.

NEWS | 18 Mei 2022

Airlangga Bantah Isu Adanya Kudeta di Partai Golkar

Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto membantah kabar adanya kudeta di Partai Golkar. Airlangga memastikan Golkar solid menghadapi Pemilu 2024.

NEWS | 18 Mei 2022

Devanda Minta Dukungan 5 Program Strategis Nasional KNPI

Ketua Harian DPP KNPI Devanda Aditya menyatakan dukungannya bagi seluruh jajaran untuk melaksanakan lima program strategis nasional yang digaungkan MPI KNPI.

NEWS | 18 Mei 2022

Wali Kota Malang Ajak Guru Sukseskan Program Merdeka Belajar

Wali Kota Malang Sutiaji mengajak seluruh guru di Kota Malang turut menyukseskan dan menjalankan program Merdeka Belajar di sekolahnya masing-masing.

NEWS | 18 Mei 2022

Satgas Covid-19: Kebijakan PPKM Akan Terus Diberlakukan

Kebijakan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) akan tetap diberlakukan hingga pandemi Covid-19 dapat dikendalikan.

NEWS | 18 Mei 2022

Airlangga: Koalisi Indonesia Bersatu Sesuai Harapan Presiden Jokowi

Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto menegaskan Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) yang dibentuk Golkar, PAN, dan PPP sesuai dengan harapan Presiden Jokowi.

NEWS | 18 Mei 2022

2 Mobil Tertimpa Pohon Akibat Hujan Disertai Angin Kencang

Dua unit mobil tertimpa pohon tumbang akibat hujan disertai angin kencang di wilayah Larangan Kota Tangerang, Rabu sore.

NEWS | 18 Mei 2022


TAG POPULER

# Lin Che Wei


# UAS


# Cabul


# Atribut Keagamaan


# Tes Covid-19


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Penghapusan Tes Covid-19 bagi Pelaku Perjalanan Adaptif

Penghapusan Tes Covid-19 bagi Pelaku Perjalanan Adaptif

NEWS | 16 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings