Logo BeritaSatu

Koruptor, Bandar Narkoba, dan Donatur Terorisme Tak Bisa Sembunyi di Singapura

Selasa, 25 Januari 2022 | 13:55 WIB
Oleh : Fana F Suparman / LES

Jakarta, Beritasatu.com - Koruptor, bandar narkoba, dan donatur terorisme tak bisa lagi sembunyi di Singapura. Hal ini seiring dengan ditandatanganinya perjanjian ekstradisi Indonesia-Singapura di Bintan, Kepulauan Riau, Selasa (25/1/2022).

Menteri Hukum dan HAM (Menkumham) Yasonna H Laoly mengatakan, perjanjian ini untuk mencegah dan memberantas tindak pidana yang bersifat lintas batas negara seperti korupsi, narkotika, dan terorisme. Dikatakan, perjanjian ekstradisi Indonesia-Singapura memiliki masa retroaktif atau berlaku surut terhitung tanggal diundangkannya hingga selama 18 tahun ke belakang. Hal tersebut sesuai dengan ketentuan maksimal daluwarsa pidana sebagaimana diatur dalam Pasal 78 Kitab Undang-Undang Hukum Pidana Indonesia.

“Selain masa rektroaktif, perjanjian ekstradisi ini juga menyepakati bahwa penentuan kewarganegaraan pelaku tindak pidana ditentukan pada saat tindak pidana dilakukan. Hal ini untuk mencegah privilege yang mungkin timbul akibat pergantian kewarganegaraan dari pelaku tindak pidana guna menghindari proses hukum terhadap dirinya,” kata Yasonna, usai penandatanganan perjanjian ekstradisi tersebut, Selasa (25/1/2022).

Perjanjian ekstradisi Indonesia-Singapura telah diupayakan pemerintah Indonesia sejak 1998. Adapun jenis-jenis tindak pidana yang pelakunya dapat diekstradisi menurut perjanjian ini berjumlah 31 jenis di antaranya tindak pidana korupsi, pencucian uang, suap, perbankan, narkotika, terorisme, dan pendanaan kegiatan yang terkait dengan terorisme.

“Indonesia juga berhasil meyakinkan Singapura untuk menyepakati perjanjian ekstradisi yang bersifat progresif, fleksibel, dan antisipatif terhadap perkembangan, bentuk dan modus tindak pidana saat ini dan di masa depan. Perjanjian ekstradisi Indonesia – Singapura memungkinkan kedua negara melakukan ekstradisi terhadap pelaku tindak pidana yang meskipun jenis tindak pidananya tidak lugas disebutkan dalam perjanjian ini namun telah diatur dalam sistem hukum kedua negara,” kata Yasonna.

Penandatanganan perjanjian ekstradisi dilakukan dalam Leaders’ Retreat, yakni pertemuan tahunan yang dimulai sejak 2016 antara Presiden Republik Indonesia dengan Perdana Menteri Singapura guna membahas kerja sama yang saling menguntungkan antara kedua negara.

Leaders’ Retreat ini sedianya diselenggarakan pada tahun 2020, namun dikarenakan pandemi Covid-19, kegiatan tersebut baru dapat dilaksanakan pada 25 Januari 2022 di Bintan, Kepulauan Riau.


hal 1 dari 2 halaman

Halaman: 12selengkapnya

Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Polemik KDS, DPRD Ajukan Interpelasi terhadap Wali Kota Depok

Sebanyak 33 anggota dari 50 anggota DPRD Depok mengajukan interpelasi terhadap Wali Kota Depok Mohammad Idris terkait polemik kartu depok sejahtera (KDS).

NEWS | 18 Mei 2022

Semua Peserta BPJS Kesehatan Diusulkan Berstatus Aktif

Ali Ghufron mengusulkan seluruh peserta BPJS Kesehatan, termasuk peserta yang kini berstatus nonaktif mulai dinyatakan sebagai peserta aktif.

NEWS | 18 Mei 2022

Bus Rombongan Pelayat Terguling di Sleman, 1 Tewas dan 26 Terluka

Sebuah bus rombongan pelayat asal Kabupaten Magelang, Jawa Tengah terguling di Gamping, Sleman, Rabu (18/5/22). Satu penumpang tewas dan 26 lainnya terluka.

NEWS | 18 Mei 2022

Ade Yasin Perintahkan Anak Buah Kumpulkan Uang untuk Suap Pegawai BPK

KPK menduga Bupati nonaktif Bogor, Ade Yasin memerintah anak buahnya mengumpulkan uang untuk menyuap pegawai BPK. 

NEWS | 18 Mei 2022

Soal Foto Erick Thohir di ATM, Deddy Sitorus: Masih Batas Kewajaran

Anggota Komisi VI Deddy Yevri Sitorus menilai foto Menteri BUMN Erick Thohir di sejumlah mesin ATM masih dalam batas kewajaran.

NEWS | 18 Mei 2022

Ketua KPU: Temuan Pelanggaran oleh KPK-Bawaslu Bukan Prestasi

Ketua KPU Hasyim Asy'ari menyatakan pelanggaran yang kerap diungkapkan oleh KPK maupun Bawaslu bukanlah prestasi. 

NEWS | 18 Mei 2022

Biden Sebut Ideologi Supremasi Kulit Putih Adalah Racun

Presiden Joe Biden menyebutkan, ideologi supremasi kulit putih di balik penembakan massal di Buffalo, New York, adalah "racun".

NEWS | 18 Mei 2022

Berkas Kasus Dea Onlyfans Segera Diserahkan ke Kejaksaan

Penyidik Ditreskrimum Polda Metro Jaya segera menyerahkan berkas perkara pornografi yang menjerat Gusti Ayu Dewanti alias Dea OnlyFans ke kejaksaan.

NEWS | 18 Mei 2022

Bertolak ke Saudi, Menag Pastikan Layanan Jemaah Haji Siap

Menag Yaqut Cholil Qoumas bertolak ke Arab Saudi, Rabu (18/5/2022) dini hari untuk memastikan layanan kepada jemaah haji sudah siap.

NEWS | 18 Mei 2022

PKS Sambut Positif Program Politik Cerdas Berintegritas KPK

Sekjen PKS Aboe Bakar Al-Habsyi menyambut positif program Politik Cerdas Berintegritas yang digelar Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) hari ini.

NEWS | 18 Mei 2022


TAG POPULER

# Anggota TNI Tewas


# Medina Zein


# Vaksinasi Covid-19


# Piala Thomas


# Timnas Indonesia


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Korut Klaim Satu Juta Warganya Pulih dari Covid-19

Korut Klaim Satu Juta Warganya Pulih dari Covid-19

NEWS | 13 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings