Logo BeritaSatu

Ditjen Imigrasi Luncurkan Teknologi Layanan Terbaru

Kamis, 27 Januari 2022 | 17:59 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Jakarta, Beritasatu.com- Direktorat Jenderal (Ditjen) Imigrasi meluncurkan teknologi layanan terbaru dalam rangka menyambut Hari Bhakti Imigrasi ke-72. Peluncuran dua aplikasi terbaru, yakni Aplikasi Mobile Paspor (M-Paspor) serta Aplikasi Cegah dan Tangkal (Cekal) Online digelar perayaan secara hybrid di Graha Pengayoman Kemenkumham, Jakarta Selatan, Kamis (27/1/2022).

Peluncuran ini seiring komitmen pemerintah yang gencar melakukan akselerasi transformasi digital di berbagai bidang. Aplikasi Mobile Paspor (M-Parpor) memulai debutnya dengan uji coba di tiga Kantor Imigrasi, yaitu Kantor Imigrasi Jakarta Pusat, Kantor Imigrasi Jakarta Selatan, dan Kantor Imigrasi Tangerang. Tepat pada puncak HBI ke-72, M-Paspor resmi menggantikan pendahulunya, Aplikasi Pendaftaran Antrean Paspor Online (APAPO).

Melalui M-Paspor, pemohon dapat mengajukan permohonan paspor dengan mengunggah pindaian berkas ke aplikasi. Dengan demikian, pemohon cukup menunjukkan berkas aslinya saat wawancara di Kantor Imigrasi sehingga memangkas waktu tatap muka. Fitur-fitur unggulan M-Paspor antara lain Pembayaran PNBP di Awal, Cek Status Permohonan Paspor, Validasi NIK Dukcapil, Reschedule Jadwal Kedatangan dan Integrasi Dokumen Perjalanan RI.

Adapun Cekal Online diluncurkan untuk menguatkan pengawasan dan penegakan hukum. Cekal Online akan terintegrasi dengan platform layanan keimigrasian lainnya untuk memudahkan aparat penegak hukum dalam mengidentifikasi subjek yang dikenakan pencegahan/penangkalan.

Saat ini, tengah dikembangkan teknologi Elastic Search, yaitu pencarian/pencocokan identitas akan dimasukkan ke dalam logika aplikasi Visa Online untuk melihat data perlintasan keimigrasian. Selain itu terdapat teknologi Matching By Biometric guna meminimalisasi pemalsuan data keimigrasian.

Dalam amanat sebagai Inspektur Upacara, Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham), Yasonna Hamonangan Laoly mengingatkan para insan Imigrasi untuk selalu menjaga integritas dan kepercayaan publik dalam menjalankan fungsinya sebagai penjaga pintu gerbang negara.

“Jangan sampai ada oknum Imigrasi yang melakukan kesalahan dan lengah dalam melakukan pengawasan keimigrasian. Tindakan seperti itu tidak dapat ditolerir karena akan menurunkan kepercayaan publik," ujarnya.

Menkumham menekankan untuk mengedepankan tata nilai PASTI dalam bekerja. Seluruh jajaran Imigrasi, kata Yasonna, harus disiplin dan taat asas, bersemangat melayani masyarakat dengan lebih baik, tanpa pamrih, dan optimal.

”Usia 72 tahun mencerminkan tingkat kematangan baik dalam organisasi maupun dalam hal berkinerja. Dalam usia ini kita tidak boleh lagi salah dalam mengambil kebijakan dan keputusan, segala pelaksanaan tugas dan fungsi Keimigrasian harus benar-benar kita lakukan dengan Semakin PASTI (Profesional, Akuntabel, Sinergi, Transparan dan Inovatif),” ucapnya.

“Sebagai ASN, jajaran Imigrasi harus ingat posisi sebagai pelayan masyarakat. Jangan eksklusif, jangan minta dilayani, dan biasakan hidup sederhana,” sambung menkumham.

Direktorat Jenderal Imigrasi terus meningkatkan daya saing perekonomian serta mendorong kemudahan izin berusaha (easy of doing business) guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat, revitalisasi penegakan hukum dan keamanan juga dilakukan untuk menjaga stabilitas nasional.

Sepanjang tahun 2021, Imigrasi menyumbangkan penghasilan Negara sebesar Rp 1,42 triliun,- dari sektor non pajak (PNBP). Jumlah tersebut naik 6,16 persen dibandingkan tahun 2020, meski masih berada dalam situasi pandemi Covid-19 yang menyebabkan penurunan signifikan dari statistik layanan Keimigrasian tahun 2021.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Amnesty International: Eksekusi Mati Melonjak 20 Persen pada 2021

Amnesty International menyatakan kasus eksekusi mati melonjak 20 persen dan jumlah hukuman mati yang dijatuhkan meningkat 40 persen pada 2021.

NEWS | 24 Mei 2022

Banjir Rob, Gubernur Jateng Kembali Cek Tanggul Laut Jebol

Gubernur Jawa  Tengah Ganjar Pranowo kembali meninjau beberapa titik yang tergenang rob, serta tanggul laut yang jebol, Selasa 24 Mei 2022.

NEWS | 24 Mei 2022

Kemendagri Harus Susun Aturan Teknis Penjabat Kepala Daerah

Saan Mustopa menganjurkan Kemendagri segera membuat dan menyusun aturan teknis penunjukan dan pengangkatan penjabat kepala daerah.

NEWS | 24 Mei 2022

Menko PMK Launching Penanaman 10 Juta Pohon Mangrove

Menko PMK Muhadjir Effendy saat me-launching penanaman 10 juta pohon mangrove di 34 provinsi di Indonesia.

NEWS | 24 Mei 2022

Westlife Gelar Konser di Jakarta pada 11 Februari 2023

Westlife akan menggelar konser The Wild Dreams Tour pada 11 Februari 2023 di Stadion Madya, Gelora Bung Karno, Jakarta.

NEWS | 24 Mei 2022

BPBD Jateng Kerahkan Tim ke Daerah Terdampak Banjir Rob

BPBD Jateng mengerahkan tim ke daerah terdampak banjir rob yang terjadi di wilayahnya. Tim akan siaga di posko hingga dapur umum.

NEWS | 24 Mei 2022

Empat Negara Eropa Serukan Perampasan Aset Rusia untuk Ukraina

Empat negara Eropa menyerukan perampasan aset Rusia untuk rekonstruksi Ukraina. Seruan disampaikan lewat surat dari Lithuania, Slovakia, Latvia dan Estonia

NEWS | 24 Mei 2022

Aruna Hadiri Pra-KTT III Y-20 Indonesia di Balikpapan

Aruna, perusahaan perikanan terintegrasi asal Indonesia diundang untuk menjadi bagian dari Pra-KTT III Y20 Indonesia  di Balikpapan, Kaltim.

NEWS | 24 Mei 2022

Rajungan Berpotensi Jadi Unggulan Sektor Perikanan Lampung

Gubernur Arinal Djunaidi menyebut potensi sumber daya kelautan dan perikanan Provinsi Lampung sangat besar, termasuk rajungan.

NEWS | 24 Mei 2022

78 Sapi Terpapar PMK di Lampung Sebagian Besar Sembuh

Sebanyak 78 ekor ternak sapi di Provinsi Lampung telah terindikasi terpapar penyakit mulut dan kuku (PMK) berdasarkan data hingga Senin, 23 Mei 2022

NEWS | 24 Mei 2022


TAG POPULER

# Aturan Baru KTP


# Cekcok di Tol


# SEA Games


# HUT Jakarta


# Polisi Selingkuh


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Pluang Tawarkan Investasi Emas Digital Berlisensi Bappebti

Pluang Tawarkan Investasi Emas Digital Berlisensi Bappebti

EKONOMI | 12 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings