Logo BeritaSatu

Mahfud Tegaskan Konflik di Pulau Haruku dan Sorong Tak Ada Motif SARA

Jumat, 28 Januari 2022 | 17:26 WIB
Oleh : Fana F Suparman / FFS

Jakarta, Beritasatu.com - Menteri Koordinator bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD menekankan, bentrok atau konflik yang terjadi di Pulau Haruku, Maluku dan Sorong, Papua Barat tidak ada satu pun yang bermotif atau memiliki latar belakang suku, agama, ras, dan antargolongan (SARA). Hal ini disampaikan Mahfud usai menggelar rapat koordinasi dengan Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa terkait situasi terkini di Maluku, Papua dan Papua Barat, Jumat (28/1/2022).

Rapat yang digelar secara daring ini juga dihadiri Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum Kemendagri, Deputi II BIN, Kabaintelkam Polri, Pangdam XVII/Cendrawasih, Pangdam XVI/ Pattimura, dan Pangdam XVIII/ Kasuari, serta Kapolda Maluku, Kapolda Maluku Utara, Kapolda Papua, dan Kapolda Papua Barat.

"Tidak ada satu pun yang bermotif SARA. Mohon jangan dikembang-kembangkan. Tidak ada motif SARA" kata Mahfud dalam keterangan pers yang disiarkan akun Youtube Kemenko Polhukam, Jumat (28/1/2022).

Mahfud mengatakan, di Sorong Papua Barat, merupakan perkelahian di tempat hiburan. Perkelahian itu kemudian merembet hingga tempat hiburan dibakar dan menyebabkan 17 orang meninggal dunia. Sementara di Pulau Haruku, Mahfud mengatakan, bentrokan yang terjadi merupakan konflik tanah.

"Jadi bukan SARA dalam arti SARA yang dikenal di dalam politik. Itu konflik tanah murni," katanya.

Sedangkan di Papua, terjadi penyerangan oleh kelompok separatis teroris Papua di Bukit Tepuk Kampung Jenggernok, Distrik Gome Kabupaten Puncak yang menyebabkan tiga prajurit TNI meninggal dunia. Mahfud mengatakan, peristiwa ini terjadi karena perubahan penanganan persoalan Papua yang lebih mengedepankan pendekatan defensif dan mencegah jatuhnya korban dari masyarakat sipil.

"Sekarang TNI itu lebih bersifat defensif, tidak ofensif. Suatu kemajuan yang harus kita pelihara, tidak ada korban masyarakat atau warga sipil sejak ada pendekatan baru itu. Sasarannya kalau tidak TNI dan ke Polri, ke aparat. Ini dulu. Masyarakat sipil, warga sipil harus dijaga dulu keselamatannya," katannya.

Mahfud mengatakan, konflik di tiga wilayah tersebut menjadi bahasan utama dalam rapat koordinasi hari ini. Dikatakan, kondisi di tiga daerah itu saat ini aman terkendali.

"Kami bicarakan ini semua tadi yang kesimpulannya itu sekarang alhamdulillah aman terkendali," katanya.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Kenangan Din Syamsuddin Mengenai Sosok Buya Syafii Maarif

Mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah, M Din Syamsuddin menceritakan berbagai kenangannya bersama Buya Ahmad Syafii Maarif yang meninggal dunia hari ini.

NEWS | 27 Mei 2022

Polisi Masih Tunggu Hasil Pemeriksaan Urine Sopir Pajero

Polisi masih menunggu hasil pemeriksaan urine terhadap pengemudi mobil Pajero berinisial JRS (23) yang terlibat kecelakaan maut di Jalan MT Haryono, Jaksel

NEWS | 27 Mei 2022

Soal Anak Ridwan Kamil, Keluarga: Belum Ada Informasi Baru

Pihak keluarga belum menerima informasi terbaru mengenai anak pertama Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Emmeril Kahn Mumtadz.

NEWS | 27 Mei 2022

Bima Arya Pimpin Doa untuk Keselamatan Anak Ridwan Kamil

Wali Kota Bogor Bima Arya memimpin doa untuk keselamatan anak sulung Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

NEWS | 27 Mei 2022

KPK: Kasus Heli AW-101 Bukti Korupsi Sangat Rugikan Negara

KPK menyatakan kasus pengadaan helikopter Agusta Westland (AW)-101 atau heli AW-101 di TNI AU tahun 2016-2017 merupakan bukti korupsi sangat merugikan negara.

NEWS | 27 Mei 2022

Harga Minyak Goreng di Bogor Mulai Turun

Harga minyak goreng (migor) di sejumlah pasar di Kota Bogor mulai mengalami penurunan

NEWS | 27 Mei 2022

Rugikan Korban Rp 551 M, Dirut DNA Pro Daniel Abe Minta Maaf

Dirut PT DNA Pro Akademi, Daniel Abe meminta maaf atas kasus dugaan penipuan investasi aplikasi robot trading DNA Pro yang merugikan korban Rp 551 miliar.

NEWS | 27 Mei 2022

Presiden Zelensky Sebut Rusia Menikmati Perang di Ukraina

Presiden Zelensky menyebut Rusia sangat menikmati perang di Ukraina. Presiden Ukraina itu masih tidak mengerti bagaimana Rusia menolak bernegosiasi damai

NEWS | 27 Mei 2022

Buya Syafii Maarif Meninggal Dunia, Jokowi: Selamat Jalan Guru Bangsa

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan duka cita mendalam atas wafatnya mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah Ahmad Syafii Maarif atau Buya Syafii Maarif.

NEWS | 27 Mei 2022

Kasus Heli AW-101, KPK Blokir Rekening PT Diratama Jaya Senilai Rp 139,4 M

Tim penyidik KPK memblokir rekening bank milik PT Diratama Jaya Mandiri senilai Rp 139,4 miliar terkait kasus dugaan korupsi proyek heli AW-101 di TNI AU. 

NEWS | 27 Mei 2022


TAG POPULER

# Adik Jokowi Menikah


# Yeremia Rambitan


# Joe Biden


# Alex Noerdin


# KRL


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Filippo Inzaghi Diangkat Lagi Jadi Pelatih Brescia

Filippo Inzaghi Diangkat Lagi Jadi Pelatih Brescia

SPORT | 12 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings