Logo BeritaSatu

Anwar Ibrahim Sampaikan Selamat Harlah Ke-96 NU

Jumat, 28 Januari 2022 | 18:54 WIB
Oleh : Fana F Suparman / FFS

Jakarta, Beritasatu.com – Pemimpin oposisi Malaysia, Anwar Ibrahim menyampaikan ucapan selamat merayakan hari lahir (Harlah) ke-96 Nahdlatul Ulama (NU) yang jatuh pada 31 Januari 2022 mendatang. Anwar mengatakan NU telah banyak memberikan sumbangsih dan inspirasi kepada umat Islam di Indonesia dan di seluruh dunia.

“Saya ingin menyampaikan ucapan selamat kepada Nahdlatul Ulama yang akan menyambut perayaan Harlah 1 Abad. Ucapan ini juga saya haturkan kepada jajaran pimpinan PBNU, keluarga besar NU di Indonesia dan seluruh cabang NU di seluruh dunia,” kata Anwar Ibrahim dalam keterangan tertulis yang diterima wartawan di Jakarta, Jumat (28/1/2022).

Berdirinya NU pada 31 Januari 1926 disebut Anwar Ibrahim telah menginspirasi semangat perjuangan rakyat Malaysia dalam menentang kerakusan imperialisme dan penjajahan barat. NU, ungkap Anwar, membawa wajah baru perjuangan yang sesuai dengan ajaran Islam dan nilai budaya leluhur nusantara.

“Di alam nusantara, kelahiran NU pada awal abad ke-20 telah meniupkan semangat juang buat kami di Malaysia yang kala itu menghadapi kerakusan penjajahan kolonial barat. Ketimbang mengambil pendekatan keras perjuangan kemerdekaan yang berlaku di Asia Selatan, NU justru tampil dengan penuh yakin dan wibawa mendukung gagasan Islam yang ternyata lebih cocok dengan adat dan nilai budaya leluhur nusantara,” paparnya.

Menurut Anwar, spirit perjuangan NU yang berupaya mewujudkan tatanan masyarakat yang berkeadilan dan rahmat bagi semesta alam itu, berimbas pada kepemimpinan di Nadhlatul Ulama yang seringkali hadir dalam wajah dan watak yang cenderung memberikan kedamaian. Anwar pun mencontohkan kepemimpinan KH Abdurrahman Wahid alias Gus Dur yang sempat menjadi sahabat karib dan berperan dalam kehidupan pribadinya saat keadaan sulit.

“Saya secara pribadi begitu terkesan dengan keikhlasan dan ukhuwah yang terjalin sepanjang persahabatan karib saya dengan mantan Presiden Republik Indonesia, almarhum Bapak Gus Dur. Beliau begitu prihatin terhadap nasib keluarga (saya) saat saya ditindas dan mendekam dalam tahanan,” ungkapnya.

Pemimpin Pakatan Harapan ini juga mengingatkan peran penting Malaysia dan Indonesia sebagai negara dengan penduduk muslim besar di dunia. Anwar pun berpandangan ajaran NU yang mengedepankan nilai-nilai kemanusiaan dan kesederhanaan harus menjadi kekayaan berharga yang dapat dibagikan kepada seluruh umat manusia di sepanjang masa.

“Krisis kepemimpinan dunia Islam pada saat ini meniscayakan adanya peran penting negara mayoritas muslim yang relatif stabil, seperti Malaysia dan Indonesia. Dalam konteks ini, NU menempati posisi yang amat penting, bukan saja karena jangkauannya yang mencapai ke semua benua, tetapi juga karena kekuatannya yang masih berakar pada tradisi dan penekanan turath al-Islami, mengangkat pesan kesederhanaan yang sesuai ajaran sabda Nabi, khayr al-umur awsatuha,” tuturnya.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Soal Anak Ridwan Kamil, Keluarga: Belum Ada Informasi Baru

Pihak keluarga belum menerima informasi terbaru mengenai anak pertama Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Emmeril Kahn Mumtadz.

NEWS | 27 Mei 2022

Bima Arya Pimpin Doa untuk Keselamatan Anak Ridwan Kamil

Wali Kota Bogor Bima Arya memimpin doa untuk keselamatan anak sulung Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

NEWS | 27 Mei 2022

KPK: Kasus Heli AW-101 Bukti Korupsi Sangat Rugikan Negara

KPK menyatakan kasus pengadaan helikopter Agusta Westland (AW)-101 atau heli AW-101 di TNI AU tahun 2016-2017 merupakan bukti korupsi sangat merugikan negara.

NEWS | 27 Mei 2022

Harga Minyak Goreng di Bogor Mulai Turun

Harga minyak goreng (migor) di sejumlah pasar di Kota Bogor mulai mengalami penurunan

NEWS | 27 Mei 2022

Rugikan Korban Rp 551 M, Dirut DNA Pro Daniel Abe Minta Maaf

Dirut PT DNA Pro Akademi, Daniel Abe meminta maaf atas kasus dugaan penipuan investasi aplikasi robot trading DNA Pro yang merugikan korban Rp 551 miliar.

NEWS | 27 Mei 2022

Presiden Zelensky Sebut Rusia Menikmati Perang di Ukraina

Presiden Zelensky menyebut Rusia sangat menikmati perang di Ukraina. Presiden Ukraina itu masih tidak mengerti bagaimana Rusia menolak bernegosiasi damai

NEWS | 27 Mei 2022

Buya Syafii Maarif Meninggal Dunia, Jokowi: Selamat Jalan Guru Bangsa

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan duka cita mendalam atas wafatnya mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah Ahmad Syafii Maarif atau Buya Syafii Maarif.

NEWS | 27 Mei 2022

Kasus Heli AW-101, KPK Blokir Rekening PT Diratama Jaya Senilai Rp 139,4 M

Tim penyidik KPK memblokir rekening bank milik PT Diratama Jaya Mandiri senilai Rp 139,4 miliar terkait kasus dugaan korupsi proyek heli AW-101 di TNI AU. 

NEWS | 27 Mei 2022

Dukung Ganjil Genap, Nasdem: Transportasi Umum Dimaksimalkan

Nasdem DKI  mendukung kebijakan ganjil genap yang akan diperluas dan meminta agar transportasi umum lebih dimaksimalkan agar masyarakat tidak kesulitan.

NEWS | 27 Mei 2022

Megawati Menangis Dengar Kabar Buya Syafii Maarif Meninggal Dunia

Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri dan Keluarga Besar PDIP mengucapkan duka cita yang mendalam atas wafatnya Buya Syafii Maarif.

NEWS | 27 Mei 2022


TAG POPULER

# Adik Jokowi Menikah


# Yeremia Rambitan


# Joe Biden


# Alex Noerdin


# KRL


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Bima Arya Pimpin Doa untuk Keselamatan Anak Ridwan Kamil

Bima Arya Pimpin Doa untuk Keselamatan Anak Ridwan Kamil

NEWS | 9 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings