Logo BeritaSatu

Pernyataan ST Burhanuddin Tuai Kontroversi, Kejagung Beri Klarifikasi

Jumat, 28 Januari 2022 | 20:18 WIB
Oleh : Muhammad Aulia / WM

Jakarta, Beritasatu.com – Jaksa Agung ST Burhanuddin menuai kontroversi seusai menyatakan koruptor yang merugikan keuangan negara di bawah Rp 50 juta cukup melakukan pengembalian kerugian negara. Pihak Kejaksaan Agung (Kejagung) sendiri telah memberikan klarifikasi lewat Kepala Pusat Penerangan Hukum (Kapuspenkum) Leonard Eben Ezer Simanjuntak.

Leonard menyatakan, pernyataan Jaksa Agung tersebut dilatarbelakangi oleh adanya tindak pidana korupsi yang terjadi akibat ketidaktahuan, tidak ada kesengajaan untuk menyelewengkan uang negara, serta kerugian keuangan negara yang ditimbulkan relatif kecil. Dia menuturkan hal tersebut umumnya terjadi di masyarakat level akar rumput.

Leonard mencontohkan, seorang kepala desa yang tanpa dibekali pelatihan soal cara mengelola dan mempertanggungjawabkan keuangan negara. Namun, di saat bersamaan dia harus mengelola dana desa dengan nominal Rp 1 miliar.

“Ini tentunya akan melukai keadilan masyarakat, apabila dilakukan penindakan tindak pidana korupsi padahal sifatnya hanya kesalahan administrasi. Misalnya kelebihan membayar kepada para tukang atau pembantu tukang dalam pelaksanaan pembangunan di desanya dan nilainya relatif kecil serta kepala desa tersebut sama sekali tidak menikmati uang-uang tersebut,” kata Leonard dalam keterangannya, Jumat (28/1/2022).

Dia juga mencontohkan soal bendahara gaji di suatu instansi pemerintah yang membuat gaji lebih besar dari yang seharusnya diterima para pegawainya. Hal itu dipandang sebagai maladministrasi, sehingga dapat melukai keadilan masyarakat jika ditangani dengan Undang-Undang Tindak Pidana Korupsi (UU Tipikor).

Atas dasar itu, Leonard menyampaikan harapan Jaksa Agung agar pernyataannya dapat dijadikan renungan bersama. Leonard turut menyampaikan apresiasi Kejagung terhadap para pelaku yang secara sukarela mengembalikan kerugian keuangan negara sebelum aparat hukum melakukan penyidikan.

“Imbauan Jaksa Agung bukanlah untuk impunitas pelaku tindak pidana korupsi dengan kerugian keuangan negara yang relatif kecil, tetapi wacana itu dibuka untuk dibahas ke publik agar penindakan tindak pidana korupsi pun berdasarkan pemikiran yang jernih atas hakikat penegakan hukum itu sendiri, yaitu pemulihan pada keadaan semula,” ungkap Leonard.

Diketahui sebelumnya, ST Burhanuddin menyatakan, koruptor yang merugikan keuangan negara dengan nilai Rp 50 juta cukup melakukan pengembalian kerugian negara tersebut. Hal ini dia sampaikan saat rapat kerja antara Kejaksaan Agung (Kejagung) dengan Komisi III DPR.

"Kejagung memberikan imbauan ke jajaran untuk tindak pidana korupsi dengan kerugian keuangan negara di bawah Rp 50 juta bisa diupayakan pengembalian kerugian keuangan," kata Burhanuddin saat rapat kerja di Gedung DPR, Jakarta, Kamis (27/1/2022).

Menurutnya, mekanisme penyelesaian perkara tersebut adalah cara yang cepat dan sederhana. Selain itu, dia mengatakan mekanisme tersebut dipilih demi mewujudkan proses hukum yang berbiaya ringan.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Margarito Kamis: Sekda Jadi Pj Rentan Conflict of Interest

Pakar hukum tata negara Margarito Kamis menegaskan sekretaris daerah (sekda) yang menjadi penjabat (pj) kepala daerah akan rentan conflict of interest.

NASIONAL | 16 Mei 2022

21 Warga Binaan Pemasyarakatan Jatim Peroleh Remisi Waisak

Hari Raya Waisak punya arti penting bagi umat Buddha, termasuk 21 warga binaan pemasyarakatan (WBP) Budhis di Jawa Timur.

NASIONAL | 16 Mei 2022

Ahmad Sahroni: Pemudik Betul-betul Merasakan Kehadiran Polri

Wakil Ketua Komisi III DPR Ahmad Sahroni menyebut pemudik betul-betul merasakan kehadiran Polri saat arus mudik dan arus balik Lebaran 2022.

NASIONAL | 16 Mei 2022

Napi Terorisme Bebas Murni dari Lapas Rajabasa Bandar Lampung

Warga binaan kasus terorisme bernama Hartanto (38) yang menjalani hukuman di Lapas Kelas I Rajabasa Bandar Lampung.

NASIONAL | 16 Mei 2022

Polresta Bandar Lampung Gelar Rekonstruksi Pengeroyokan Anggota TNI

Polresta Bandar Lampung menggelar rekonstruksi kasus pengeroyokan terhadap anggota TNI Angkatan Darat (TNI AD) Prada AAS.

NASIONAL | 16 Mei 2022

Karantina Pertanian Surabaya Tolak Transit Sapi Asal Kupang

Petugas Karantina Pertanian Surabaya menolak transitnya 736 ekor sapi asal Kupang, NTT di Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya.

NASIONAL | 16 Mei 2022

Kasus Minyak Goreng, Kejagung Lacak Aset para Tersangka

Kejaksaan Agung (Kejagung) saat ini tengah melacak aset-aset dari para tersangka yang diduga terlibat dalam kasus korupsi minyak goreng..

NASIONAL | 16 Mei 2022

Kecelakaan di Tol Surabaya, Bus Dikemudikan Sopir Pengganti

Pengemudi bus yang mengalami kecelakaan di tol Surabaya-Mojokerto ternyata sopir pengganti yang baru membawa bus sekitar 17 km dari lokasi kecelakaan.

NASIONAL | 16 Mei 2022

Sopir Bus Maut Tol Surabaya-Mojokerto Berpotensi Tersangka

Sopir bus maut PO Ardiansyah yang mengalami kecelakaan bus di Tol Surabaya-Mojokerto berpotensi menjadi tersangka.

NASIONAL | 16 Mei 2022

Jaksa Agung: Pengusutan Kasus Minyak Goreng Tetap Berjalan

Jaksa Agung ST Burhanuddin menegaskan pengusutan kasus minyak goreng tetap berjalan sesuai tahap penanganan perkara pidana.

NASIONAL | 16 Mei 2022


TAG POPULER

# Anggota TNI Tewas


# Medina Zein


# Vaksinasi Covid-19


# Piala Thomas


# Timnas Indonesia


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
21 Warga Binaan Pemasyarakatan Jatim Peroleh Remisi Waisak

21 Warga Binaan Pemasyarakatan Jatim Peroleh Remisi Waisak

NASIONAL | 11 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings