Logo BeritaSatu

KSP: Kepala Otorita IKN Harus Bisa Wujudkan Konsep Smart-Green City

Rabu, 23 Februari 2022 | 16:42 WIB
Oleh : Lenny Tristia Tambun / FFS

Jakarta, Beritasatu.com – Tenaga Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden (KSP) Wandy Tutoroong menegaskan tidak ada kriteria khusus yang dijadikan standar penentuan Kepala Otorita Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

“Tidak ada kriteria khusus,” kata Wandy Tutoroong, Rabu (23/2/2022).

Namun yang pasti, lanjut Wandy, sosok yang menjadi Kepala Otorita IKN harus mampu memimpin tim untuk mewujudkan konsep smart, green, suistainable dan beautiful city. Selain itu, Kepala Otorita IKN harus mampu berkomunikasi dengan berbagai stakeholder.

“Yang jelas harus bisa mengorkestrasi tim untuk mewujudkan konsep smart, green, sustainable dan beautiful city, termasuk berkomunikasi dengan berbagai stakeholder,” ujar Wandy Tutoroong.

Terkait kandidat Kepala Otorita IKN, Wandy mengatakan penunjukan itu menjadi hak prerogatif Presiden Joko Widodo (Jokowi). Untuk itu, ia meminta semua pihak untuk menunggu pengumuman yang dilakukan oleh Presiden Jokowi.

“Soal nama, tunggu saja. Nanti ada pengumuman atau pelantikannya. Karena memang hak prerogative presiden,” terang Wandy Tutoroong.

Sejak Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebutkan segera akan melantik Kepala Otorita Ibu Kota Negara (IKN) yang berasal dari kalangan nonpartai politik pada beberapa pekan mendatang, mencuat sejumlah nama yang masuk dalam bursa kandidat. Salah satunya adalah mantan Plt Menteri Perhubungan Bambang Susantono.

Bambang disebut-sebut sebagai kandidat kuat, karena memiliki pengalaman di pemerintahan serta di bidang infrastruktur dan pengembangan wilayah.

Beberapa di antaranya, ia pernah menjabat sebagai Wakil Menteri Perhubungan pada Kabinet Indonesia Bersatu II periode 2010-2014, Deputi Menko Perekonomian bagian Koordinasi Infrastruktur dan Pengembangan Wilayah pada 2007-2010 dan pernah menjadi Ketua Umum Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI).

Pria kelahiran 4 November 1963 ini merupakan lulusan Fakultas Teknis Institut Teknologi Bandung (ITB). Pada 1996, dia meraih gelar master tata kota dan wilayah di Universitas California, Berkeley.

Sejak 2012, Bambang juga menjabat sebagai Komisaris utama PT Garuda Indonesia, Tbk. Ia masih mengajar dan membimbing tesis di Program Pasca Sarjana Bidang Ilmu Teknik Universitas Indonesia (UI), melakukan penelitian di bidang transportasi, khususnya yang berkaitan dengan lingkungan hidup dan sosial perkotaan.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Bareskrim Segera Tetapkan Tersangka Kasus Mafia Tanah di Surabaya

Bareskrim Polri tengah mengusut kasus mafia tanah di Surabaya. Terkini, Bareskrim segera menetapkan tersangka kasus mafia tanah tersebut.

NEWS | 2 Desember 2022

Rumah Roboh Akibat Gempa Cianjur Mulai Diratakan

Rumah rumah roboh akibat gempa Cianjur, Jawa Barat, mulai diratakan dengan menggunakan alat berat.

NEWS | 2 Desember 2022

BNPT: Istilah Jihad Sering Disalahartikan untuk Memecah Bangsa

BNPT menegaskan, saat ini istilah jihad sering disalahartikan oleh oknum yang sengaja ingin memecah persatuan bangsa.

NEWS | 2 Desember 2022

Komisi I DPR Verifikasi Administrasi Calon Panglima TNI Yudo Margono

Komisi I DPR memverifikasi administrasi berkas Kasal Laksamana Yudo Margono sebagai calon panglima TNI sebelum menjalani fit and proper test.

NEWS | 2 Desember 2022

Ini 5 Pesan Penting Jokowi untuk KPU Jelang Pemilu 2024

Presiden Jokowi menyampaikan lima pesan penting kepada KPU menjelang Pemilu 2024. Mulai dari hal teknis, kesiapan SDM, hingga soal pendidikan politik. 

NEWS | 2 Desember 2022

Bareskrim Polri Gelar Perkara Kasus Tambang Ilegal Kaltim Hari Ini

Bareskrim Polri akan melakukan gelar perkara kasus tambang ilegal di Kalimantan Timur (Kaltim) pada hari ini, Jumat (2/12/2022).

NEWS | 2 Desember 2022

KPK Pastikan Segera Panggil Hakim Agung Gazalba Saleh

KPK memastikan segera memanggil Hakim Agung Gazalba Saleh yang sudah menjadi tersangka kasus dugaan suap penanganan perkara di MA.

NEWS | 2 Desember 2022

KPK Awasi Potensi Korupsi Penyaluran Bantuan Korban Bencana

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyoroti soal isu bantuan kemanusiaan untuk para korban bencana yang dikelola dengan tidak amanah.

NEWS | 2 Desember 2022

Persiapan Pemilu 2024, KPU Gelar Konsolidasi Nasional

KPU menggelar rapat konsolidasi nasional dalam rangka persiapan Pemilu 2024 di Beach City Entertainment Center Ancol, Jakarta Utara, pada Jumat (2/12/2022).

NEWS | 2 Desember 2022

Ekonomi Global Suram, Jokowi Minta KPU Efisien Gunakan Anggaran Pemilu 2024

Presiden Jokowi mengingatkan KPU untuk efisien menggunakan anggaran Pemilu 2024 karena Pemilu kali ini digelar dalam situasi ekonomi global yang suram. 

NEWS | 2 Desember 2022


TAG POPULER

# Sidang Ferdy Sambo


# Piala Dunia 2022


# Gempa Cianjur


# Pertumbuhan Ekonomi 2023


# One Championship


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Penuhi Kebutuhan Pupuk Petani, Toko Pe-i Gandeng Pertashop

Penuhi Kebutuhan Pupuk Petani, Toko Pe-i Gandeng Pertashop

EKONOMI | 5 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE