Logo BeritaSatu

Menko PMK: Upaya Pengentasan Kemiskinan Ekstrem Semakin Sulit

Sabtu, 19 Maret 2022 | 22:37 WIB
Oleh : Maria Fatima Bona / FFS

Jakarta, Beritasatu.com - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengungkapkan saat ini kemiskinan ekstrem di Indonesia semakin sulit. Padahal, angka kemiskinan ekstrem di Indonesia tersisa 9%.

“Makin dikit yang miskin bukan semakin mudah, justru semakin sulit untuk dihilangkan. Ibarat nasi liwet, ini adalah keraknya yang harus didatangi satu-satu,” ujar Muhadjir saat mengunjungi salah satu wilayah yang merupakan kantong kemiskinan ekstrem yakni di Desa Wajak, Kecamatan Wajak, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Sabtu (19/3/2022).

Berdasar keterangan pers tertulis diterima Beritasatu.com, dalam kunjungannya, Muhadjir menemukan beberapa masalah kemiskinan ekstrem yang terjadi di daerah tersebut seperti banyaknya kondisi rumah yang tidak layak huni dan masih ada warga yang belum mendapat bantuan sosial (bansos).

“Tadi kita sudah lihat contoh konkret dengan berbagai permasalahan. Ada yang satu rumah tidak sampai 3x3 meter diisi oleh tujuh orang, ada juga yang belum daftar BPJS padahal pemerintah sudah menyediakan gratis untuk warga miskin,” ungkapnya.

Untuk itu, Muhadjir menginstruksikan kepala desa dan camat lebih rajin mendatangi warganya yang miskin ekstrem untuk didata.

“Hal ini bertujuan agar warga bisa mendapatkan bansos dan layanan kesehatan dari pemerintah,” katanya.

Muhadjir memastikan akan berkoordinasi dengan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) untuk melaksanakan program Kotaku atau kota tanpa kumuh di Desa Wajak. Hal ini lantaran, lingkungan di sekitar Desa Wajak dirasa kumuh. Padahal, Desa Wajak merupakan ibu kota kecamatan.

“Wajak ini ibu kota kecamatan tapi kumuh sekali. Saya akan minta bantuan Kementerian PUPR dalam anggaran untuk dibantu program Kotaku,” kata Muhadjir menambahkan.

Berdasarkan laporan data dari Deputi Bidang Koordinasi Peningkatan Kesejahteraan Sosial Kementerian Koordinator PMK, dari total penduduk 16.123 jiwa, sebanyak 1.071 keluarga penerima manfaat (KPM) program sembako yang sudah terdata. Sementara untuk bantuan langsung tunai dana desa (BLT DD) sebanyak 143 KPM dan program keluarga harapan (PKH) sebanyak 331 KPM.

Pada saat mengunjungi desa Wajak, Muhadjir juga turut membagikan paket bansos dari PMK Peduli sebanyak 40 paket sembako, dari Baznas Kabupaten Malang sebanyak 40 paket, dan Rumah Zakat Kota Malang sebanyak 100 kaleng kornet sebagai wujud kepedulian terhadap sesama yang membutuhkan.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu menekankan pengentasan kemiskinan ekstrem bukan hanya tugas Kemenko PMK, melainkan tugas bersama.

“Tahun 2024, presiden menargetkan nol persen untuk miskin ekstrem. Maka dari itu kita harus kerja habis-habisan untuk turun ke lapangan langsung, jangan gengsi, jangan jaga image, dan jangan cari pencitraan. Kita harus kerja tulus,” tegasnya.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Hadiah Kursi Roda dari Puan Bahagiakan Ibu dari Anak Penderita Polio

Petani bunga di Badung, Bali, Ni Ketut Ratko sangat gembira menerima bantuan kursi roda untuk anaknya yang menderita polio.

NEWS | 30 September 2022

DKI: Pembangunan Rusun di Pulau G Akan Dilakukan Swasta

Pemprov DKI Jakarta mengatakan, pembangunan rusun (rumah susun) di Pulau G kemungkinan akan dilakukan oleh pihak swasta.

NEWS | 30 September 2022

Ali Ibrahim Undang Presiden Jokowi Buka Sail Tidore 2022

Ali Ibrahim mengundang dan meminta secara khusus Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk hadir dan membuka acara Puncak Sail Tidore pada November 2022.

NEWS | 29 September 2022

DPR Siap Tunjukkan Komitmen Indonesia Kurangi Emisi

DPR siap menjadi tuan rumah perhelatan The 8th G-20 Parliamentary Speaker Summit (P-20) yang akan diselenggarakan pekan depan.

NEWS | 29 September 2022

UBK Kerja Sama dengan Persatuan Alumni GMNI

UBK melakukan kerja sama dengan Dewan Pimpinan Pusat Persatuan Alumni Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia

NEWS | 29 September 2022

Moeldoko Dorong Swasta Terlibat Percepatan Vaksinasi Covid-19

Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko mendorong keterlibatan pihak swasta dalam percepatan vaksinasi Covid-19.

NEWS | 29 September 2022

Komnas HAM Harap Jaksa Maksimal Dakwa Ferdy Sambo Cs

Komnas HAM berharap jaksa bisa menyusun dakwaan terhadap para tersangka secara maksimal.

NEWS | 29 September 2022

Peraturan Menkumham, Masa Berlaku Paspor Menjadi 10 Tahun

Masa berlaku paspor dari semula lima tahun diubah menjadi 10 tahun. Hal ini diatur dalam Peraturan Menkumham Nomor 18 Tahun 2022.

NEWS | 29 September 2022

Polri Kirim Surat Pemecatan Ferdy Sambo ke Sekmil Presiden

Polri telah mengirim berkas putusan pemecatan mantan Kadiv Propam Polri Ferdy Sambo ke Sekretariat Militer (Sekmil) Presiden.

NEWS | 29 September 2022

Soal Mobil Dinas Listrik, Pemprov DKI Punya 2 Pilihan

Pemprov DKI akan melakukan 2 pilihan terkait mobil dinas listrik. Dua pilihan itu, adalah memodifikasi kendaraan dinas lama dan membeli mobil listrik.

NEWS | 29 September 2022


TAG POPULER

# Kevin Sanjaya


# Es Teh Indonesia


# Anies Baswedan


# Pertalite Boros


# Ketiak Basah


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
DKI: Pembangunan Rusun di Pulau G Akan Dilakukan Swasta

DKI: Pembangunan Rusun di Pulau G Akan Dilakukan Swasta

NEWS | 4 jam yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings