Logo BeritaSatu

Jokowi Ancam Reshuffle Menteri dan Dirut BUMN yang Tak Beli Produk Indonesia

Jumat, 25 Maret 2022 | 12:25 WIB
Oleh : Lenny Tristia Tambun / JEM

Jakarta, Beritasatu.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengancam akan melakukan perombakan atau reshuffle menteri dan direktur utama (dirut) Badan Usaha Milik Negara (BUMN), kalau dalam melakukan belanja barang tidak membeli produk dalam negeri atau buatan Indonesia.

Advertisement

"BUMN, saya sampaikan ke menteri BUMN, dah ganti dirutnya, ganti, ngapain kita? Kementerian, sama saja tapi itu bagian saya itu. Resuffle," kata Jokowi saat memberikan Pengarahan Presiden RI Tentang Aksi Afirmasi Bangga Buatan Indonesia di Bali, Jumat (25/3/2022).

Ia menegaskan jajaran menteri di Kabinet Indonesia Maju dan Dirut BUMN tidak main-main dalam membelanjakan anggaran pengadaan barang dan jasanya. Anggaran tersebut 40% harus digunakan untuk membeli barang buatan Indonesia.

"Sudah saya bilang seperti itu, kayak gini gak bisa jalan, sudah di depan mata uangnya ada, uang adalah uang kita sendiri tinggal belanjakan produk dalam negeri saja sulit," ujar Jokowi.

Maka ia mengingatkan, pengadaan barang dan jasa di pusat dan daerah akan diawasinya betul. Bahkan ia sudah meminta jaksa agung untuk mencegah terjadinya kenakalan yang dilakukan oknum dari pusat dan daerah yang mengakali barang impor dicap barang buatan dalam negeri.

"Saya awasi betul. Saya minta ke Pak Jaksa Agung jangan sampai barang-barang impor dicap produk dalam negeri. Karena sering di marketplace ada yang namanya agregator, ngecap-capin," ungkap Jokowi.

"Jangan pikir kita gak ngerti, saya sudah peringkatkan. Sudah 2 kali, saya gak mau ini besok hilang, saya gak mau ini besok hilang, tapi jangan 2 kali. Ini saya minta semua ini betul-betul dipantau diawasi, termasuk mendag, dirjen bea cukai diawasi alkes ini ke mana. Oh ini ke provinsi a, ke kabupateb b keliatan, oh ke kota c kelihatan, ke kementerian, sekarang ini gampang sekali lihat-liht. Kembali manfaatkan e-katalog dan katalog lokal. Segera," tegas Jokowi.

Dalam kesempatan itu, Jokowi menyampaikan terima kasih kepada gubernur, bupati, wali kota, TNI dan Polri yang bekerja bersama-sama dalam penanganan Covid-19.

"Ini betul-betul kerja berat, tapi saya lihat terintegrasi, terpadu dan hasilnya bisa kita lihat kemarin saya cek kasus harian kita di angka 5.800 dari sebelumnya di 64.000. Saya harapkan ini akan turun terus dan kita bisa Lebaran bareng-bareng. Insyaallah," ungkap Jokowi.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Kronologi Penembakan Brigadir J hingga Ferdi Sambo Tersangka

Ini dia kronologi penembakan Brigadir J yang melibatkan Irjen Ferdy Sambo sebagai salah satu tersangka kasus dugaan pembunuhan berencana.

NEWS | 11 Agustus 2022

Kejagung Bakal Proses Hukum Surya Darmadi secara In Absentia

Kejaksaan Agung (Kejagung) mengatakan bakal memproses Surya Darmadi, tersangka kasus korupsi yang rugikan negara Rp 73 triliun secara in absentia.

NEWS | 10 Agustus 2022

6 Terdakwa Pengeroyok Ade Armando Mengaku Terpancing Teriakan Provokatif

Enam terdakwa pengeroyok Ade Armando mengaku mendengar teriakan massa yang bernada provokatif yang membuat mereka terpancing mengeroyok Ade Armando.

NEWS | 10 Agustus 2022

Rumah Digeledah, Istri Ferdy Sambo Menangis di Kamar

Rumah pribadi Ferdy Sambo di Duren Tiga, digeledah, dan saat penggeledeahan itu, istri Ferdy Sambo, Putri Candrawathi menangis di kamar.

NEWS | 10 Agustus 2022

KPK Jelaskan Enggan Adili Surya Darmadi secara In Absentia

KPK mengungkap alasan tidak mengambil opsi untuk menyidangkan pemilik PT Darmex/PT Duta Palma Group Surya Darmadi alias Apeng secara in absentia.

NEWS | 10 Agustus 2022

Perti Sambut Baik Ba'asyir Tegaskan Keselarasan Agama-Pancasila

Perti (Persatuan Tarbiyah Islamiyah) menyambut baik tindakan Abu Bakar Ba'asyir yang mempertegas keselarasan di antara agama dan Pancasila.

NEWS | 10 Agustus 2022

Konsolidasi di Surabaya, KIB Akan Susun Platform Tentukan Capres

PPP, Golkar, dan PAN atau Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) akan menyusun platform untuk menentukan capres di Pilpres 2024 dalam konsolidasi di Surabaya.

NEWS | 10 Agustus 2022

Polisi Ungkap Peran Menteri Khilafatul Muslimin yang Dibekuk di Lampung

Menteri Penerimaan Zakat Khilafatul Muslimin, Indra Fauzi ditangkap Polda Metro Jaya di Lampung. Indra Fauzi berperan tampung dana zakat.

NEWS | 10 Agustus 2022

Kasus dan Kematian Covid-19 Jakarta sampai 10 Agustus 2022

Infografik tentang data jumlah kasus dan kematian Covid-19 Jakarta sampai dengan tanggal 10 Agustus 2022.

NEWS | 10 Agustus 2022

Penerima Vaksin Covid-19 di Indonesia sampai 10 Agustus 2022

Infografik tentang data jumlah penerima vaksin Covid-19 di Indonesia sampai dengan tanggal 10 Agustus 2022.

NEWS | 10 Agustus 2022


TAG POPULER

# Brigadir RR


# Bharada E


# Jokowi


# Brigadir J


# MU


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Timnas U-16 ke Final, Bima Sakti Minta Maaf Bikin Tegang Penonton

Timnas U-16 ke Final, Bima Sakti Minta Maaf Bikin Tegang Penonton

BOLA | 3 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings