Logo BeritaSatu

Pemkab Kudus Terus Gelorakan Vaksinasi Covid-19

Sabtu, 26 Maret 2022 | 21:14 WIB
Oleh : Chairul Fikri / CAH

Kudus, Beritasatu.com - Pemerintah Kudus terus berupaya memperluas cakupan vaksinasi Covid-19 bagi seluruh kelompok dan kategori usia. Pasalnya, vaksinasi merupakan langkah paling efektif dalam membentengi diri dari bahaya virus corona.

Untuk mewujudkan hal tersebut, Pemkab Kudus mendapat dukungan besar dari Djarum Foundation. Bupati Kudus HM Hartopo berharap, berbagai upaya yang telah dilakukan Djarum Foundation dapat menjadi penggerak bagi sektor swasta lain agar turut berpartisipasi.

Advertisement

“Kami berterima kasih kepada Djarum Foundation yang benar-benar mengeluarkan segala upaya dalam percepatan cakupan vaksinasi di Kudus. Kolaborasi antara pemerintah dan sektor swasta seperti ini merupakan sinergi yang sangat baik dan diharapkan dapat terus berjalan,” ujar Hartopo dalam keterangannya, Sabtu (26/3/2022).

Sementara itu Manager Bakti Sosial Djarum Foundation Purwono Nugroho menuturkan, edukasi, sosialisasi, dan apresiasi menjadi pijakan penting demi meningkatkan peran serta warga agar bersedia menjalani vaksinasi. Upaya ini dilakukan sejak Juli 2021 dengan meluncurkan program “Ayo Kudus Vaksinasi” yang menggandeng Pemkab Kudus, Kodim Kudus, Polres Kudus, serta instansi pemerintah lain.

“Melalui program Ayo Kudus Vaksinasi kami menjalankan edukasi, sosialisasi hingga apresiasi bagi warga Kudus agar mau menjalani vaksinasi. Edukasi dan sosialisasi menjadi faktor penting karena kita tahu banyak sekali kabar hoax dan disinformasi tentang vaksin," ujar Purwono

Pada fase edukasi dan sosialisasi ini, Djarum Foundation menyelenggarakan berbagai kegiatan guna memberi pemahaman dan meningkatkan minat masyarakat terhadap vaksinasi Covid-19. Di antaranya ialah meluncurkan video klip "Ayo Vaksin" berbahasa Jawa agar mudah dipahami masyarakat Kudus hingga penyebaran informasi program vaksinasi melalui jejaring pesan instan di gawai.

Sosialisasi juga dilakukan bekerja sama dengan pengurus masjid agar informasi vaksinasi bisa sampai ke lapisan paling bawah yakni Rukun Tetangga dan Rukun Warga hingga menghadirkan maskot vaksinasi di sentra-sentra vaksinasi.

“Setelah edukasi dan sosialisasi ini, langkah selanjutnya mendirikan sentra vaksinasi dan tim vaksinasi keliling yang menjangkau hinga ke desa-desa di Kudus seperti yang dilakukan di Desa Bulungcangkring ini. Hal tersebut guna memudahkan warga yang ingin divaksin tapi terkendala akses dan fasilitas kesehatan. Tentu kegiatan ini tak lepas dari sinergi yang erat bersama Pemkab Kudus, Kodim, dan Polres Kudus serta instansi pemerintah lain,” papar Purwono.

Fase terakhir guna memantik minat masyarakat untuk menjalani vaksinasi ialah pemberian apresiasi berupa doorprize yang diundi secara berkala meliputi sepeda motor, lemari es, mesin cuci hingga televisi. Tak hanya itu, Djarum Foundation juga memberikan sembako dan minyak goreng bagi setiap lansia yang mengikuti vaksinasi.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

HUT Ke-77 RI, Momen Jokowi Bersama 2 Cucu Saksikan Kirab Budaya

Presiden Jokowi bersama dua cucunya, yaitu Sedah Mirah Nasution dan Panembahan Al Nahyan Nasution menyaksikan kirab budaya saat peringatan HUT ke-77 RI.

NEWS | 17 Agustus 2022

Partai Prima Harap Keterbukaan Informasi Publik Polri Dievaluasi

Partai Rakyat adil Makmur (Prima) meminta agar keterbukaan informasi publik di lembaga pemerintah, khususnya Polri harus dievaluasi.

NEWS | 17 Agustus 2022

HUT Ke-77 RI, Menkominfo Tekankan Kedaulatan Digital

Peringatan HUT Ke-77 RI menjadi momentum untuk mengenang perjuangan bangsa dalam menegakkan kedaulatan negara.

NEWS | 17 Agustus 2022

Pakai Baju Adat Lampung, John Wempi Wetipo Pimpin Upacara

John Wempi Wetipo mengenakan pakaian adat Lampung saat memimpin upacara peringatan HUT ke-77 di lingkungan Kementerian Dalam Negeri.

NEWS | 17 Agustus 2022

Unik, Warga Batang Arau Rayakan HUT RI di Atas Perahu

Warga Batang Arau, Kota Padang, Sumatera Barat merayakan HUT RI dengan cara yang unik yaitu mengibarkan bendera Merah Putih di muara sungai.

NEWS | 17 Agustus 2022

Eks Wali Kota Cimahi Dibawa ke KPK, Firli: Tunggu Pemeriksaan

Mantan Wali Kota Cimahi, Ajay Muhammad Priatna digiring ke Gedung Merah Putih Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Jakarta, Rabu (17/8/2022)

NEWS | 17 Agustus 2022

Prabowo Subianto Joget Ojo Dibandingke di Istana Merdeka

Irama musik dangdut membuat Menteri Pertahanan Prabowo Subianto berjoget di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (17/8/2022).

NEWS | 17 Agustus 2022

Menlu Blinken Bangga atas Sejarah Persahabatan AS-Indonesia

Menteri Luar Negeri (Menlu) Amerika Serikat Antony Blinken menyatakan kebanggaannya atas sejarah persahabatan dan kerja sama antara AS-Indonesia.

NEWS | 17 Agustus 2022

Koalisi Gerindra-PKB Depok Akan Berlanjut di Pilkada 2024

Di Kota Depok, PKB dan Gerindra sepakat untuk fokus dan mendukung kandidat yang diusung sampai tingkat kelurahan dan RT, bahkan hingga ke Pilkada 2024.

NEWS | 17 Agustus 2022

HUT RI, TNI AL Kibarkan Bendera di 77 Lokasi Bawah Laut

Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL) mengerahkan pasukan selam andal untuk mengibarkan bendera Merah Putih menyambut perayaan HUT RI.

NEWS | 17 Agustus 2022


TAG POPULER

# Prabowo Subianto


# Ferdy Sambo


# Polisi Pengedar Narkoba


# Sekolah Lapang


# Puan Maharani


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
HUT Ke-77 RI, Momen Jokowi Bersama 2 Cucu Saksikan Kirab Budaya

HUT Ke-77 RI, Momen Jokowi Bersama 2 Cucu Saksikan Kirab Budaya

NEWS | 7 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings