Logo BeritaSatu

Kasus Wali Kota Ambon, KPK PeriksaLicense Manager PT Midi Utama Indonesia

Sabtu, 14 Mei 2022 | 18:12 WIB
Oleh : Fana F Suparman / FFS

Jakarta, Beritasatu.com - Tim penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) langsung tancap gas mengusut kasus dugaan suap perizinan pembangunan cabang Alfamidi yang menjerat Wali Kota Ambon, Richard Louhenapessy. Salah satunya dengan memeriksa sejumlah saksi yang diduga mengetahui sengkarut kasus ini pada Sabtu (14/5/2022).

"Tim penyidik menjadwalkan pemanggilan saksi-saksi untuk tersangka RL (Richard Louhenapessy)," kata Plt Jubir KPK, Ali Fikri dalam keterangannya.

Salah satu saksi yang diperiksa tim penyidik, yakni License Manager PT Midi Utama Indonesia cabang Ambon, Nandang Wibowo. Selain itu, tim penyidik juga memeriksa sejumlah saksi lainnya, yaitu Kepala Dinas Pendidikan Pemkot Ambon, Fahmi Sallatalohy, dan mantan Kepala Dinas PUPR Kota Ambon, Enrico Rudolf Matitaputty. Kemudian, tim penyidik KPK juga memeriksa Direktur PT Kristal Kurnia Jaya, Julian Kurniawan; Kasie Usaha Industri, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Pemkot Ambon, Firza Attamimi; serta tiga anggota Pokja UKBJ, yakni Hendra Victor Pesiwarissa, Ivonny Alexandra W Latuputty, dan Johanis Bernhard Pattiradjawane.

"Pemeriksaan bertempat di Kantor Mako Brimob Polda Maluku," kata Ali.

Diketahui, KPK menjemput paksa Richard karena tidak kooperatif memenuhi panggilan penyidik. Usai diperiksa intensif, Richard ditahan di Rutan Gedung Merah Putih KPK. Tak hanya Richard, KPK juga menahan tersangka lainnya kasus ini, yaitu staf tata usaha pimpinan pada Pemkot Ambon yang juga orang kepercayaannya bernama Andrew Erin Hehanussa. Sementara seorang tersangka lainnya, yakni Kepala Perwakilan Regional Alfamidi bernama Amri. Namun, Amri belum ditahan.

Dalam kasus ini, KPK menduga Richard menerima suap terkait izin pembangunan cabang Alfamidi di Kota Ambon. Amri aktif berkomunikasi hingga bertemu dengan Richard agar proses perizinan Alfamidi bisa segera disetujui dan diterbitkan. Atas permintaan itu, Richard memerintahkan Kepala Dinas PUPR Pemkot Ambon untuk memproses dan menerbitkan berbagai permohonan izin, di antaranya surat izin tempat usaha (SITU), dan surat izin usaha perdagangan (SIUP).

Untuk setiap dokumen izin yang disetujui dan diterbitkan dimaksud, Richard Louhenapessy meminta agar Amri menyerahkan uang dengan minimal nominal Rp 25 juta menggunakan rekening bank milik Andrew. Tak hanya itu, Richard juga diduga menerima suap sekitar Rp 500 juta dari Amri terkait persetujuan pembangunan untuk 20 gerai Alfamidi di Kota Ambon. Selain suap, KPK pun menduga Richard juga menerima gratifikasi dari sejumlah pihak. Namun, hal itu masih didalami tim penyidik.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Ungkap Pembalakan Liar, Kombes Kurniadi Raih Presisi Award

Penanganan perkara lingkungan seperti pembalakan liar atau illegal logging saat ini menjadi tantangan terbesar aparat penegak hukum.

NEWS | 28 Mei 2022

Pasien Dirawat di Wisma Atlet Kemayoran Tetap 19 Orang

Jumlah pasien Covid-19 yang dirawat di RSDC Wisma Atlet Kemayoran, pada Sabtu (28/5/2022) tidak bertambah atau berkurang tetap 19 orang.

NEWS | 28 Mei 2022

Bima Arya: Guru Bangsa Toleran Seperti Buya Syafii Maarif Sulit Ditemukan

Wali Kota Bogor Bima Arya mengatakan guru bangsa yang tidak umbar kebencian seperti Buya Syafii Maarif sulit ditemukan.

NEWS | 28 Mei 2022

Relasi Bogor-Tanah Abang Dihapus, KRL Mania: Ribet!

Hari pertama pemberlakuan perubahan jalur Kereta Rel Listrik (KRL) Bogor-Jakarta, Sabtu (28/5/2022) diwarnai kebingungan para penumpang.

NEWS | 28 Mei 2022

Rachmat Gobel: Buya Syafii Maarif Pejuang Pluralisme

Meninggalnya Buya Ahmad Syafii Maarif membuat Wakil Ketua DPR RI Rachmat Gobel sangat kehilangan sosok negarawan pejuang pluralisme.

NEWS | 28 Mei 2022

Polisi Tembak Mati Pria Bersenjata di Toronto, Kanada

Polisi di kota terbesar Kanada Toronto pada menembak mati seorang pria bersenjata senapan.

NEWS | 28 Mei 2022

Gus Halim: Selamat Jalan Buya Syafii Maarif, Guru Bangsa Kita

Mendes PDTT menilai Buya Syafii Maarif dikenal sebagai salah satu tokoh yang menggalakkan toleransi di Indonesia dengan visi pemikiran kebangsaanya.

NEWS | 28 Mei 2022

WHO: Cacar Monyet Dekati 200 Kasus di 20 Lebih Negara

WHO mengatakan, kasus cacar monyet telah mendekati angka 200 dan dilaporkan di lebih dari 20 negara.

NEWS | 28 Mei 2022

Ombudsman Apresiasi Layanan Informasi Kementan Terkait PMK

Ombudsman Jatim menilai pelayanan informasi publik publik terkait penyakit mulut dan kuku (PMK) di Jatim sudah berjalan baik.

NEWS | 28 Mei 2022

Ganjil Genap, Ini 12 Daerah yang Pakai Tilang Elektronik

Penerapan ganjil genap (gage) di wilayah DKI Jakarta yang semula hanya berlaku di 13 titik resmi diperluas menjadi 26 kawasan.

NEWS | 28 Mei 2022


TAG POPULER

# Adik Jokowi Menikah


# Yeremia Rambitan


# Joe Biden


# Alex Noerdin


# KRL


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Sungai Aare Keruh dan Deras saat Anak Ridwan Kamil Berenang

Sungai Aare Keruh dan Deras saat Anak Ridwan Kamil Berenang

NEWS | 9 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings