Logo BeritaSatu

Asosiasi Pengajar Hukum Tata Negara Akan Gelar Rakernas

Sabtu, 14 Mei 2022 | 21:55 WIB
Oleh : Fana F Suparman / FFS

Jakarta, Beritasatu.com Asosiasi Pengajar Hukum Tata Negara dan Hukum Administrasi Negara (APHTN-HAN) akan menggelar agenda strategis nasional, yaitu rapat kerja nasional (rakernas), simposium, dan konferensi nasional dengan tema besar “Dinamika Negara Hukum Demokratis Pasca-Perubahan UUD 1945”. Kegiatan ini akan digelar di Bali pada 17 Mei hingga 21 Mei 2022 dengan tetap menerapkan protokol Kesehatan pencegahan Covid-19.

Sekretaris Jenderal Pengurus Pusat APHTN-HAN, Bayu Dwi Anggono memaparkan, tema “Dinamika Negara Hukum Demokratis Pasca Perubahan UUD 1945” dipilih untuk merespons dan merefleksikan 20 tahun berjalannya kehidupan ketatanegaraan berdasarkan UUD 1945 hasil perubahan. Dikatakan, selama 20 tahun ini kehidupan kenegaraan tidak lepas dari isu-isu konstitusional seperti penataan legislasi, pemilihan umum dan pemilihan kepala daerah, perkembangan kewenangan peradilan tata usaha negara, perkembangan kebijakan perizinan, sampai dengan wacana hadirnya pokok-pokok haluan negara.

"Isu-isu konstitusional tersebut perlu direspons mengingat sangat terkait dengan konsistensi bangsa Indonesia melaksanakan demokrasi konstitusional yang merupakan ruh dari perubahan konstitusi di tahun 1999 hingga 2002. Kecenderungan menyelesaikan berbagai isu konstitusional tersebut hanya berdasarkan konsensus politik, niscaya akan mereduksi makna demokrasi konstitusional itu sendiri," kata Bayu dalam keterangan pers yang diterima di Jakarta, Sabtu (14/5/2022).

Untuk itu, kata Bayu diperlukan suatu forum keilmuan yang akan merefleksikan sekaligus memberikan solusi kebijakan yang dapat digunakan dalam penyelenggaraan pemerintahan agar senantiasa mendasarkan pada negara hukum demokratis atau demokrasi konstitusional. Bayu mengatakan, rakernas, simposium dan konferensi Nasional ini diharapkan dapat meningkatkan peran dan kontribusi APHTN-HAN dalam kehidupan kebangsaan, memperkuat budaya akademik yang berbasis nilai-nilai keilmuan dan memberikan sumbangan pemikiran untuk merespons situasi dan kondisi penyelenggaraan ketatanegaraan kekinian.

Dalam rangkaian kegiatan kakernas, simposium dan konferensi nasional ini, terdapat tiga agenda besar yang digelar APHTN-HAN. Pertama, Rakernas APHTN-HAN yang akan dibuka Ketua Umum APHTN-HAN, Guntur Hamzah dan dikuti oleh pengurus pusat dan pengurus daerah dari 34 provinsi. Rakernas ini akan membincangkan mengenai perkembangan organisasi APHTN-HAN sekaligus peran APHTN-HAN selama ini sebagai suatu komunitas akademik dalam turut mengawal berjalannya praktik demokrasi konstitusional di Indonesia.

"Melalui rakernas akan dihasilkan rekomendasi bagaimana memperkuat peran APHTN-HAN dalam dinamika pengembangan pengajaran HTN-HAN di berbagai perguruan tinggi serta peran dalam turut mengawal selalu tegaknya demokrasi konstitusional," kata Bayu.

Kedua, akan digelar simposium nasional hukum tata negara dengan tema “Penguatan Fungsi Perlindungan dan Kepastian Hukum Kementerian Hukum dan HAM Melalui Penguatan Layanan Ketatanegaraan". Simposium ini akan dibuka langsung oleh Menteri Hukum dan HAM (Menkumham) Yasonna H Laoly. Simposium ini akan menghadirkan narasumber lainnya, seperti Komisioner KPU, Mochammad Afifuddin; Dirjen Dukcapil Kemendagri, Zudan Arif Fakruloh; Dirjen AHU Kemenkumham, Cahyo R Muhzar; serta Staf Khusus Wakil Presiden/Guru Besar FH UI, Satya Arinanto.

Ketiga, Konferensi Nasional APHTN-HAN (KNAPHTN-HAN) dengan tema “Dinamika Negara Hukum Demokratis Pasca Perubahan UUD 1945”. Konferensi ini akan menghadirkan narasumber Ketua MPR, Bambang Soesatyo; Ketua MK, Anwar Usman; Wakil Ketua MPR, Ahmad Basarah; serta tiga hakim MK, yakni Arief Hidayat, Saldi Isra dan Enny Nurbaningsih. Kemudian, Ketua KPU, Hasyim Asy'ari; Menko Polhukam, Mahfud MD; Mendagri Tito Karnavian; Sekjen MPR, Ma’ruf Cahyono; dan Kepala Badan Keahlian DPR, Inosentius Samsul. Selain itu, Kepala BPHN, Widodo Ekatjahjana; Ketua APHTN-HAN, Ni’matul Huda; dan Dekan Fakultas Hukum UNS, I Gusti Ayu Ketut Rachmi Handayani.

"KNAPHTN-HAN tahun ini akan dihadiri 100 orang akademisi dan praktisi HTN-HAN dari berbagai perguruan tinggi dan lembaga," katanya.

Para ahli HTN-HAN tersebut, kata Bayu, akan mempresentasikan paper yang telah terpilih melalui seleksi ketat dalam lima panel, yaitu penataan legislasi dan peraturan kebijakan, pokok-pokok haluan negara dalam sistem ketatanegaraan Indonesia, pemilihan umum dan pemilihan kepala daerah, perkembangan kewenangan peradilan tata usaha negara, dan perizinan pasca-Undang-Undang Cipta Kerja.

"Dari pembahasan konferensi nasional ini nantinya akan disusun rekomendasi terkait penataan hukum kenegaraan maupun hukum administrasi negara dalam rangka terus mengimplementasikan, menjaga dan merawat tegaknya demokrasi konstitusional di Indonesia," papar Bayu.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Taksi Online Tetap Kena Tilang Ganjil Genap di 26 Kawasan

Taksi online akan terkena tilang selama melintas di 26 kawasan penerapan ganjil genap (gage).

NEWS | 28 Mei 2022

Tewasnya Abu Akleh, Blinken Lihat Penyelidikan Israel

Blinken menekankan pentingnya menyimpulkan penyelidikan Israel atas pembunuhan jurnalis Al Jazeera Shireen Abu Akleh.

NEWS | 28 Mei 2022

Cuaca Jakarta Akhir Pekan, Jaksel dan Jaktim Diguyur Hujan

BMKG memprediksi cuaca Jakarta hari ini, beberapa wilayah di Jaksel dan Jaktim berpotensi diguyur hujan ringan pada siang hingga sore hari.

NEWS | 28 Mei 2022

Kenang Masa Sekolah, Bobby Nasution Sambangi SMAN 9 Bandar Lampung

Di sela kegiaan mengikuti HUT ke-22 Apeksi, Wali Kota Medan, Bobby Nasution mengunjungi SMAN 9 Bandar Lampung, mengenang masa sekolahnya dulu.

NEWS | 28 Mei 2022

WHO Terima 650 Laporan Kasus Hepatitis Akut pada Anak

WHO mengatakan pada hari Jumat (27/5/2022) telah menerima 650 laporan kemungkinan kasus hepatitis akut pada anak-anak.

NEWS | 28 Mei 2022

Kasus Demam di Korut di Bawah 100.000 untuk Pertama Kali

Kasus harian demam di Korea Utara (Korut) turun menjadi di bawah 100.000 untuk pertama kalinya, kurang dari tiga minggu.

NEWS | 28 Mei 2022

Buya Syafii Maarif Meninggal, Ketum PGI Ucapkan Belasungkawa

Ketum PGI Pendeta Gomar Gultum mengucapkan belasungkawa yang mendalam atas meninggalnya Buya Syafii Maarif.

NEWS | 28 Mei 2022

Butuh Uang untuk Menikah, Pasangan Kekasih di Bogor Kompak Membunuh

Pasangan kekasih AM dan TO melakukan pembunuhan terhadap korban Z diduga ingin menikah tetapi tidak mempunyai uang.

NEWS | 28 Mei 2022

Hasto PDIP Sebut Kode Dukungan Jokowi ke Ganjar Hanya Ice Breaking

PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan sinyal dukungan Jokowi kepada Ganjar Pranowo di acara relawan Projo beberapa waktu lalu hanya ice breaking

NEWS | 28 Mei 2022

Sekda Kabupaten Sarmi Papua Dibacok, 3 Polisi Terluka

Sekda Kabupaten Sarmi, Elias Bakay dibacok saat membubarkan aksi pemalangan jalan di Jembatan Tor Atas Kabupaten Sarmi, Papua.

NEWS | 28 Mei 2022


TAG POPULER

# Adik Jokowi Menikah


# Yeremia Rambitan


# Joe Biden


# Alex Noerdin


# KRL


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Anak Ridwan Kamil Hilang, Setahun Sungai Aare Telan 15-20 Korban

Anak Ridwan Kamil Hilang, Setahun Sungai Aare Telan 15-20 Korban

NEWS | 13 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings