Logo BeritaSatu

Kemenag Kenalkan Moderasi Beragama pada Dunia Islam

Sabtu, 14 Mei 2022 | 23:53 WIB
Oleh : Maria Fatima Bona / FFS

Jakarta, Beritasatu.com - Program prioritas Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas yakni, penguatan moderasi beragama mulai ditawarkan kepada dunia Islam sebagai solusi membendung ekstrimisme dan terorisme. Staf Ahli Menteri Agama bidang Hukum dan HAM Abu Rokhmad mengatakan, ikhtiar Kemenag memperkuat moderasi beragama tidak hanya dilakukan di dalam negeri, tetapi juga di dunia internasional.

“Untuk mengatasi dan membendung ekstremisme dalam beragama, pemerintah Indonesia mengeluarkan kebijakan penguatan moderasi beragama. Kebijakan ini bertujuan untuk memoderasi paham, sikap dan tindakan yang ekstrem dalam beragama, baik ekstrem kanan maupun kiri,” kata Abu Rokhmad saat membacakan sambutan Menag dalam Konferensi Internasional yang diselenggarakan oleh The World Muslim Communities Council (al-Majlis al-‘Alami li al-Mujtama’at al-Muslimah) di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab (UAE).

Dalam keterangan pers tertulis yang diterima di Jakarta, Sabtu (14/5/2022), sambutan ini disampaikan dalam pengantar diskusi sesi para menteri. Selain Abu Rokhmad, hadir sebagai delegasi Kemenag, yakni tenaga ahli Menteri Agama Hasanuddin Ali dan Kepala Pusat Litbang Agama dan Layanan Keagamaan Kemenag, M. Adlin Sila.

Selain para menteri agama, konferensi ini juga mengundang banyak tokoh dan cendekiawan muslim dari seluruh dunia. Topik yang dibahas adalah Persatuan Islam: Konsep, Peluang dan Tantangan (Islamic Unity: Concepts, Opportunities and Challenges).

Membacakan sambutan Menag, Abu Rokhmad menjelaskan, ada empat indikator penting dalam moderasi beragama, salah satunya adalah bersikap toleran terhadap keragaman. Tiga indikator lainnya adalah komitmen kebangsaan, antikekerasan dan ramah terhadap budaya lokal.

“Melalui moderasi beragama, umat Islam di seluruh dunia dapat lebih mudah untuk mewujudkan persatuan Islam” ujarnya.

“Untuk mewujudkan persatuan Islam, dibutuhkan kesadaran tentang keragaman dan perbedaan di antara umat manusia” sambungnya.

Konferensi ini dibuka oleh Menteri Toleransi dan Koeksistensi UAE Sheikh Nahyan bin Mubarak al-Nahyan. Dalam sambutannya, al-Nahyan menekankan pentingnya berbagai kajian dan upaya dalam mewujudkan persatuan Islam di seluruh dunia.

Ketua The World Muslim Communities Council Ali Rasyid al-Nuaimi selaku penyelenggara konferensi ini menyatakan, persatuan Islam merupakan hal terpenting yang mendominasi pikiran umat Islam sekarang ini. Pada mulanya, persatuan Islam di era modern merupakan isu intelektual yang menginspirasi dunia Islam untuk melepaskan diri dari kolonialisme.

“Pasca-kolonialisme, dunia Islam mengalami berbagai perubahan mendasar dalam bidang sosial, politik dan juga intelektual serta lahirnya partai-partai politik yang mengadopsi Islam, membuat konsep persatuan Islam menjadi tidak begitu jelas lagi," ucapnya.

"Konferensi ini akan membahas realitas persatuan Islam dari berbagai sudut beserta seluruh tantangan yang dihadapinya” jelas al-Nuaimi.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Meccaya Group Libatkan UMKM Dukung Perayaan Waisak 2022 di Candi Pawon

Meccaya Group mendukung penyelenggaraan kegiatan sosial, budaya dan keagamaan  selama 2 hari pada tanggal 14 dan 15 Mei 2022 di kawasan Candi Pawon

NASIONAL | 16 Mei 2022

KPK Terima Ratusan Laporan Gratifikasi Idulfitri, Bentuknya?

Laporan gratifikasi Idulfitri tersebut di antaranya terdiri dari tujuh objek berupa cinderamata atau plakat dengan nilai taksir Rp 4.350.000.

NASIONAL | 16 Mei 2022

Sopir Mengantuk Diduga Penyebab Kecelakaan Bus di Tol Surabaya-Mojokerto

Akibat kecelakaan Bus Ardiansyah bernomor polisi S 7322 tersebut, 13 orang meninggal dunia dan 12 lainnya luka-luka.

NASIONAL | 16 Mei 2022

Waisak, 1.252 Narapidana Buddha Mendapat Remisi Khusus

Sebanyak 1.252 narapidana beragama Buddha mendapatkan remisi khusus dari Kemenkumham pada Hari Raya Waisak, Senin (16/5/2022).

NASIONAL | 16 Mei 2022

Densus 88 Ringkus 24 Terduga Teroris MIT Poso dan ISIS

Penangkapan terduga jaringan teroris Mujahidin Indonesia Timur (MIT) Poso dan kelompok ISIS dilakukan Densus 88 Antiteror pada Sabtu (14/5).

NASIONAL | 16 Mei 2022

Kecelakaan Bus di Tol Surabaya-Mojokerto, 13 Penumpang Tewas

Kecelakaan Bus Ardiansyah bernomor polisi S 7322 tersebut terjadi setelah menabrak tiang di pinggir bahu jalan tol Surabaya-Mojokerto, sehingga terguling.

NASIONAL | 16 Mei 2022

KPK Duga Wali Kota Ambon Mengondisikan Proses Lelang

KPK mendalami dugaan Wali Kota Ambon Richard Louhenapessy mengondisikan proses lelang pada Pemkot Ambon serta menerima gratifikasi.

NASIONAL | 16 Mei 2022

Ketum PBNU Gus Yahya Ucapkan Selamat Hari Raya Waisak

PBNU Yahya Cholil Staquf atau Gus Yahya mengucapkan selamat merayakan Waisak 2566 Tahun Buddhis.

NASIONAL | 16 Mei 2022

Polisi Gagalkan Penyelundupan Minyak Goreng ke Timor Leste

3 kontainer minyak goreng diamankan anggota Kepolisian Resor Insana Utara, Kabupaten Timor Tengah Utara NTT saat akan diselundupkan ke Timor Leste.

NASIONAL | 16 Mei 2022

Jokowi Ucapkan Selamat Hari Raya Waisak, Yuk Simak

Perseden Jokowi memberikan ucapan Selamat Hari Raya Waisak kepada seluruh umat Buddha di Indonesia.

NASIONAL | 16 Mei 2022


TAG POPULER

# Anggota TNI Tewas


# Medina Zein


# Vaksinasi Covid-19


# Piala Thomas


# Timnas Indonesia


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Shanghai Menggeliat, Sektor Penerbangan Mulai Beroperasi

Shanghai Menggeliat, Sektor Penerbangan Mulai Beroperasi

DUNIA | 9 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings