Logo BeritaSatu

Cegah Tertular PMK, Sapi Asal Kupang Tidak Diturunkan di Tanjung Perak

Senin, 16 Mei 2022 | 13:27 WIB
Oleh : JNS

Surabaya, Beritasatu.com - Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo telah menetapkan beberapa Kabupaten di Provinsi Jawa Timur sebagai daerah wabah penyakit mulut dan kuku (PMK).

Ketetapan yang tertuang dalam Kepmentan No. 403/KPTS/PK.300/M/05/2022 memiliki konsekuensi per tanggal 9 Mei 2022 tidak ada hewan ternak rentan PMK yang boleh keluar dari, masuk ke, ataupun transit di wilayah Provinsi Jawa Timur.

Advertisement

Karena hal itu, Karantina Pertanian Surabaya tidak menerbitkan surat persetujuan bongkar terhadap 736 ekor sapi asal Kupang, NTT di Pelabuhan Tanjung Perak, Rabu (11/5/2022).

Menurut informasi dokter hewan karantina, sapi-sapi dengan tujuan akhir Bekasi tersebut rencananya akan diturunkan dari KM Calypso di Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya, lalu melanjutkan perjalanan ke Bekasi via darat.

"Karena adanya status daerah wabah PMK di Jatim, kapal ternak tersebut diminta mengalihkan trayeknya langsung menuju Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara. Kapalnya hanya boleh berlabuh saja, tidak boleh bersandar dan sapi-sapi tidak boleh diturunkan," ujar Tri Endah dokter hewan karantina wilker Tanjung Perak melalui keterangan tertulis, Senin (16/5/2022).

Petugas karantina menjelaskan selama tiga hari di dalam kapal, sapi-sapi diperiksa kesehatannya oleh pejabat karantina hewan serta diberi pakan dan minum oleh pemilik. Pejabat karantina hewan di wilayah kerja Tanjung Perak terus siaga melakukan pengawasan untuk memastikan kapal tidak bersandar, dan tidak ada sapi yang diturunkan.

"Kami sudah menerbitkan berita acara penolakan terhadap pemasukan sapi-sapi tersebut. Berkat kerja sama dengan instansi terkait, KM Calypso dapat melanjutkan berlayar menuju Pelabuhan Tanjung Priok pada Sabtu (14/5) pukul 06.00 WIB setelah mendapatkan port clearance (persetujuan berlayar) dari Syahbandar,” imbuhnya.

Kepala Karantina Pertanian Surabaya, Cicik Sri Sukarsih mengatakan bahwa sejak dikonfirmasi positif virus PMK di empat wilayah Jawa Timur, Karantina Pertanian Surabaya telah melakukan pengetatan terhadap keluar masuknya hewan rentan dan produk hewan PMK di Jawa Timur.

Hal ini sesuai SE Kepala Badan Karantina Pertanian No. 12950/KR.120/K/05/2022 tentang Peningkatan Kewaspadaan Terhadap Kejadian PMK.

"Kami berkolaborasi dengan instansi terkait. Wabah PMK ini ditindaklanjuti dengan melakukan pengetatan lalu lintas hewan rentan PMK dan produknya untuk mencegah penyebaran penyakit ini agar tidak semakin meluas,” tutup Cicik.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: PR

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Sukses Nyanyikan Lagu Daerah, Lyodra Dipuji Warganet

Penyanyi cantik Lyodra Margareta Ginting sukses menjalankan tugasnya bernyanyi di acara Peringatan HUT ke-77 RI yang digelar di Istana Negara.

NEWS | 17 Agustus 2022

Tahapan Persiapan IKN Ditargetkan Tuntas Akhir Tahun 2022

Badan Otorita Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara fokus menuntaskan tahapan persiapan pemindahan ibu kota negara ke Penajam Paser Utara hingga akhir tahun 2022.

NEWS | 17 Agustus 2022

Mantan Presiden Sri Lanka Dikabarkan Bakal Kembali ke Negaranya

Mantan presiden Sri Lanka Gotabaya Rajapaksa dikabarkan bakal kembali ke negaranya minggu depan, setelah ia melarikan diri pada Juli.

NEWS | 17 Agustus 2022

Garis Polisi di Lokasi Pembunuhan Ibu dan Anak di Subang Dibongkar

Garis polisi di lokasi kasus pembunuhan ibu dan anak di Subang dibongkar setelah setahun pembunuhan terhadap Tuti Suhartini dan Amalia Mustika Ratu terjadi.

NEWS | 17 Agustus 2022

HUT Ke-77 RI, Hasto dan Pimpinan PDIP Gelar Doa dan Tabur Bunga di TMP Kalibata

Memperingati HUT ke-77 RI, DPP PDIP menggelar doa dan tabur bunga di TMP (Taman Makam Pahlawan) Kalibata, Rabu (17/8/2022) petang.

NEWS | 17 Agustus 2022

Seluruh Guru Madrasah Ditargetkan Terlatih Kurikulum Merdeka

Seluruh guru madrasah ditargetkan untuk mendapatkan pelatihan Kurikulum Merdeka pada tahun 2023 mendatang.

NEWS | 17 Agustus 2022

Ditemukan Anjing Terinfeksi Cacar Monyet dari Majikannya di Prancis

CDC AS memperbarui pedoman infeksi cacar monyet, setelah jurnal medis The Lancet melaporkan kasus penularannya dari manusia ke anjing di Prancis.

NEWS | 17 Agustus 2022

Pengamat Nilai Pidato Puan Maharani Tunjukkan Kelas sebagai Tokoh Bangsa

Pengamat menilai pidato Ketua DPR Puan Maharani saat sidang bersama DPD di gedung parlemen menujukkan kelasnya sebagai tokoh bangsa.

NEWS | 17 Agustus 2022

MRT Fase 2 Masuki Pengerjaan Pintu Masuk Stasiun Monas

Proyek MRT Jakarta Fase 2A yang menghubungkan Stasiun Bundaran HI-Monas mulai memasuki persiapan pekerjaan konstruksi pada pintu masuk Stasiun Monas

NEWS | 17 Agustus 2022

HUT Ke-77 RI, Sahabat Ganjar Ajak Pilih Pemimpin yang Tepat

Sahabat Ganjar menyatakan, HUT Ke-77 RI merupakan momentum yang baik untuk mengingatkan masyarakat agar memilih pemimpin yang tepat

NEWS | 17 Agustus 2022


TAG POPULER

# Prabowo Subianto


# Ferdy Sambo


# Polisi Pengedar Narkoba


# Sekolah Lapang


# Puan Maharani


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Tahapan Persiapan IKN Ditargetkan Tuntas Akhir Tahun 2022

Tahapan Persiapan IKN Ditargetkan Tuntas Akhir Tahun 2022

NEWS | 8 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings