Logo BeritaSatu

BMKG: Suhu Panas Terik Berlangsung hingga Akhir Mei

Senin, 16 Mei 2022 | 14:44 WIB
Oleh : Hendro D Situmorang / JEM

Jakarta, Beritasatu.com - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyebut fenomena suhu panas terik yang terjadi akhir-akhir ini dirasakan oleh sebagian masyarakat di sejumlah wilayah di Indonesia, berlangsung hingga akhir bulan Mei 2022 ini.

"Kondisi suhu udara permukaan panas terik di sebagian wilayah Indonesia diprakirakan masih dapat terjadi hingga akhir bulan Mei ini," kata Deputi Bidang Meteorologi BMKG, Guswanto kepada Beritasatu.com, Senin (16/5/2022).

Menurutnya, secara umum wilayah terdampak yang masih dapat berpotensi terjadi di Sumatera bagian selatan, sebagian besar Jawa termasuk Jabodetabek, Bali hingga Nusa Tenggara. Dimana kisaran suhu maksimum antara 32-35 derajat celsius masih dapat terjadi di wilayah tersebut.

Suhu permukaan yang panas terik saat ini dipicu beberapa faktor, yaitu posisi semu matahari saat ini sudah berada di wilayah utara ekuator yang mengindikasikan bahwa sebagian wilayah Indonesia akan mulai memasuki musim kemarau (beberapa wilayah sudah mulai masuk awal kemarau, dan sebagian lainnya masih periode transisi atau pancaroba).

"Dimana tingkat pertumbuhan awan dan fenomena hujannya relatif berkurang, sehingga kondisi cuaca cerah pada pagi menjelang siang hari masih cukup mendominasi," jelas Guswanto.

Pemicu selanjutnya adalah dominasi cuaca yang cerah dan tingkat perawanan yang rendah tersebut dapat mengoptimalkan penerimaan sinar matahari di suatu wilayah, sehingga menyebabkan kondisi suhu yang dirasakan oleh masyarakat menjadi cukup terik pada siang hari.

Dengan kondisi kelembapan udara yang cukup tinggi juga dapat memicu kondisi udara panas yang gerah.

Lalu disusul kondisi lokal lingkungan di wilayah setempat seperti tutupan lahan (banyak tidaknya pepohonan, atau dominasi pembangunan perkotaan dan lainnya) juga dapat mempengaruhi kondisi suhu menjadi lebih panas dibandingkan sekitarnya.

"Dengan kondisi tersebut, BMKG menghimbau kepada masyarakat untuk senantiasa menjaga kondisi stamina tubuh dan kecukupan cairan tubuh terutama bagi warga yang beraktifitas di luar ruangan pada siang hari dan juga kepada warga yang akan melaksanakan perjalanan supaya tidak terjadi dehidrasi, kelelahan dan dampak buruk lainnya," pungkas Guswanto.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Partai Kebangkitan Nasional Gelar Rakernas I di Jakarta

Partai Kebangkitan Nusantara (PKN) menggelar Rapat Kerja Nasional (Rakernas) I di Jakarta, mulai hari ini, Kamis (6/10/2022).

NEWS | 6 Oktober 2022

3 Wilayah di Jakarta Berpotensi Hujan Disertai Petir

BMKG DKI Jakarta mengeluarkan peringatan dini waspada potensi hujan disertai kilat/petir dan angin kencang di 3 wilayah Jakarta

NEWS | 6 Oktober 2022

Melon Indonesia Terpilih Tampil di Tokyo Game Show 2022

Melon Indonesia terpilih sebagai satu dari sepuluh studio atau perusahaan industri gim sebagai delegasi Indonesia untuk tampil dalam Tokyo Game Show 2022.

NEWS | 6 Oktober 2022

Hari Ini Jokowi Buka Pertemuan P-20 di DPR

Presiden Jokowi dijadwalkan membuka pertemuan Parliamentary P-20 di Gedung Nusantara II, Kompleks Parlemen, Jakarta, Kamis (19/10/2022).

NEWS | 6 Oktober 2022

Korut Tembakkan Rudal, Respons Latihan Bersama Korsel-AS

Korut tembakkan rudal balistik jarak pendek dua kali ke pantai timurnya pada Kamis (6/10/2022) arah ke Jepang, merespons latihan bersama.

NEWS | 6 Oktober 2022

Dituntut 15 Tahun, Indra Kenz Ajukan Pembelaan

Indra Kenz dituntut 15 tahun perjara oleh jaksa penuntut umum. Indra Kenz pun akan menyampaikan nota pembelaan dalam kasus Binomo itu.

NEWS | 6 Oktober 2022

Hasil Referendum di Ukraina, Putin: Sudah Konklusif dan Transparan

Presiden Rusia Vladimir Putin menyebut hasil referendum di Ukraina wilayah Donbass, Kherson, dan Zaporoszhye sudah konklusif dan transparan

NEWS | 6 Oktober 2022

Kader GPII Diminta Wujudkan Indonesia Emas

Sekretaris Jenderal Pimpinan Pusat GPII Ujang Ridwansyah mendorong para kader pemuda Islam mewujudkan Indonesia emas

NEWS | 6 Oktober 2022

Lesti Kejora Ternyata Sudah Sering Mengalami KDRT

Rizky Billar dikatakan polisi juga pernah coba melukai Lesti Kejora dengan melempar bola billiard tapi tidak terkena.

NEWS | 6 Oktober 2022

Data Penerima Vaksin Covid-19 sampai 5 Oktober 2022

Berikut ini Data Penerima Vaksin Covid-19 sampai 5 Oktober 2022 sesuai dengan data dari Kementerian Kesehatan.

NEWS | 5 Oktober 2022


TAG POPULER

# Mamat Alkatiri


# Lesti Kejora


# Timnas U-17


# Formula E


# Tragedi Kanjuruhan


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
3 Wilayah di Jakarta Berpotensi Hujan Disertai Petir

3 Wilayah di Jakarta Berpotensi Hujan Disertai Petir

NEWS | 6 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings