Logo BeritaSatu

Di Balik G-20, Jokowi: Saya Tidak Menduga Bakal Ada Deklarasi G-20

Jumat, 18 November 2022 | 08:50 WIB
Oleh : Primus Dorimulu / FMB

Badung, Beritasatu.com — Dunia melihat dan mengapresiasi Indonesia. Penyelenggaraan KTT G-20 dinilai sukses, bahkan sangat sukses.

Dari sisi akomodasi dan fasilitas yang diberikan, semua tamu menunjukkan ekspresi gembira. Bukan hanya Bali yang indah, tetapi juga kehangatan dan keramahtamahan tuan rumah.

Advertisement

Awak media dari berbagai negara bisa melaporkan dengan leluasa setiap detail acara. Mereka memuji kelengkapan fasilitas media center yang memungkinkan setiap awak media menjalankan tugas jurnalistik dengan lancar.

Lebih dari itu, sukses terbesar Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Group of Twenty (G-20) ke-17 adalah produk yang dihasilkan. Sukses itu tak terbayangkan sebelumnya.

Di Balik G-20, Jokowi: Saya Tidak Menduga Bakal Ada Deklarasi G-20
Presiden Joko Widodo (kiri) bersama Ibu Negara Iriana Joko Widodo (kedua kiri) menyambut kedatangan Presiden Tiongkok Xi Jinping (kedua kanan) dan istri Peng Liyuan saat menghadiri Welcoming Dinner and Cultural Performance KTT G20 di kawasan Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana (GWK) Badung, Bali, Selasa 15 November 2022.


“Sampai malam menjelang hari kedua KTT, saya belum yakin, G-20 kali ini bisa menghasilkan deklarasi bersama. Jadi, hasil yang dicapai memang di luar dugaan,” kata Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam diskusi dengan sebelas pemimpin redaksi media massa di Hotel The Apurva Kempinski, Kawasan Sawangan, Nusa Dua, Kabupaten Badung, Bali, Kamis (17/11/2022).

Seusai diskusi sambil sarapan pagi dengan pemimpin redaksi nasional, Presiden menuju Bangkok, Thailand, untuk menghadiri KTT Asia Pacific Economic Cooperation (APEC) ke-28. Presiden berada di Bangkok hingga Jumat (18/11/2022).

Dengan jumlah penduduk sekitar 3 miliar atau 37,5% penduduk dunia, produk domestik bruto (PDB) negara-negara di Kawasan Asia Pasifik lebih dari 60% PDB dunia. Bersama AS, RRT, Jepang, dan Rusia, Indonesia adalah bagian dari APEC yang tengah berunding meningkatkan kerja sama di bidang investasi, industri, perdagangan, dan jasa.

Sejak Rusia menginvasi Ukraina, 24 Februari 2022, Indonesia sudah khawatir. Selain memberikan dampak politik dan ekonomi yang luas, perang Rusia-Ukraina memicu keretakan serius di tubuh G-20.

Ketika para delegasi mulai berdatangan dan rangkaian pertemuan dimulai, demikian Presiden, dirinya tidak yakin deklarasi para pemimpin G-20 dapat terwujud. Namun, menjelang siang hari hari kedua, Rabu (16/11/2022), terlihat para pemimpin mencapai kesepakatan. Akhirnya, ada G-20 Bali Leader’s Declaration.

Di Balik G-20, Jokowi: Saya Tidak Menduga Bakal Ada Deklarasi G-20
Presiden Joko Widodo mengajak para kepala delegasi KTT G-20 menanam mangrove (bakau) di Taman Hutan Rakyat (Tahura) Ngurah Rai, Bali, Rabu, 16 November 2022.

Baca selanjutnya
Baca Juga: Deklarasi G-20, Jokowi Ungkap Perang Ukraina Jadi Isu Paling ...


hal 1 dari 2 halaman

Halaman: 12selengkapnya

Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Minyakita Hilang di Pasaran, Minyak Tanpa Merek Jadi Pilihan Warga

Minyak goreng bersubsidi dengan merek Minyakita di sejumlah pasar tradisional di Kota Mataram Nusa Tenggara Barat (NTB) kini menghilang atau langka dari pasaran.

NEWS | 3 Februari 2023

Menteri LHK: Indonesia Komitmen Mitigasi Perubahan Iklim

Menteri LHK, Siti Nurbaya menegaskan, keseriusan pemerintah terkait penanganan isu perubahan iklim, dilakukan melalui inisiasi Indonesia Folu Net Sink 2030.

NEWS | 3 Februari 2023

Amphuri Minta Kenaikan Biaya Haji Sebanding dengan Layanan

Menurut Farid, Amphuri berharap pemerintah menetapkan biaya haji 2023 sebanding dengan layanan yang akan diterima calon jemaah haji.

NEWS | 3 Februari 2023

Polda Jatim Kerahkan 4.907 Personil Amankan Peringatan 1 Abad NU

Menurut rencana, jutaan massa NU dari berbagai daerah akan mulai berdatangan sehari sebelum kegiatan peringatan 1 abad NU.

NEWS | 3 Februari 2023

Ketua Matakin Ingatkan Pentingnya Edukasi untuk Pelihara Indonesia yang Toleran

Ketua Matakin Liem Liliany Lontoh mengingatkan pentingnya edukasi untuk memelihara Indonesia yang toleran.

NEWS | 3 Februari 2023

Ketua MUI Cholil Nafis Usul Ada Kawasan Halal di Jakarta

Ketua MUI bidang Dakwah dan Ukhuwah KH Cholil Nafis menyarankan adanya kawasan halal di DKI Jakarta dan Kepulauan Seribu. 

NEWS | 3 Februari 2023

Polisi Norwegia Larang Pembakaran Al-Quran Saat Aksi Protes

Polisi Norwegia pada hari Kamis (2/2/2023) melarang rencana protes anti-Islam termasuk pembakaran Al-Qur'an pada minggu ini untuk alasan keamanan

NEWS | 3 Februari 2023

GKBRAy Paku Alam X Bangga Batik Buatannya Diterima Paus Fransiskus

GKBRAy Adipati Paku Alam X bangga dan terharu setelah mengetahui bahwa Paus Fransiskus sempat memakai batik tulis buatannya.

NEWS | 3 Februari 2023

Plt Ketum PPP Silaturahmi ke Ponpes Tgk Chiek Oemar Diyan Aceh

Plt Ketum PPP Muhamad Mardiono bersilaturahmi ke Ponpes atau Dayah Modern Tgk Chiek Oemar Diyan di Aceh, Kamis (2/2/2023).

NEWS | 2 Februari 2023

170 Mahasiswa dari 9 Perguruan Tinggi Raih Beasiswa Teladan

Sebanyak 170 mahasiswa dari sembilan perguruan tinggi meraih beasiswa Teladan 2023 dari Tanoto Foundation. 

NEWS | 3 Februari 2023


TAG POPULER

# Transmart


# Mutasi Perwira


# Ganjar


# Kawasan Halal di Jakarta


# Eliezer


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
PMI Manufaktur Konsisten Ekspansif di Tengah Gejolak Global

PMI Manufaktur Konsisten Ekspansif di Tengah Gejolak Global

EKONOMI | 1 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE