Logo BeritaSatu

Angin Puting Beliung Rusak Sejumlah Rumah di Grobogan

Jumat, 18 November 2022 | 09:07 WIB
Oleh : Rachman Pratama / FER

Grobogan, Beritasatu.com - Bencana angin puting beliung terjadi di Desa Cingkrong, Kecamatan Purwodadi, Kabupaten Grobogan, Provinsi Jawa Tengah, Jumat (18/11/2022) pagi. Akibat peristiwa ini, sejumlah rumah di Dusun Karangmanis, Desa Cinkrong rusak pada bagian atap. Bahkan ada satu rumah yang mengalami kerusakan, yaitu ambruk hingga rata dengan tanah.

Rumah yang ambruk tersebut adalah milik Sodik. Ia mengaku angin puting beliung sesaat setelah wilayahnya mendung. Tiba-tiba angin kencang tiba dan berputar-putar di halaman rumahnya. Seketika ia menyelamatkan diri dengan berlari ketika mendengar ada suara kayu patah, hingga akhirnya rumah yang ditinggalinya ambruk.

Advertisement

"Sebelum angin putting beliung datang, daerah sini ya mendung tebal terlebih dahulu. Lalu tba-tiba angin datang dari arah barat laut. Saya yang saat itu sedang makan manga di teras kemudian berlari menyelamatkan diri setelah mendengar ada suara kayu patah dari rumah saya. Baru setelah itu rumah saya roboh,” ungkap Sodik.

Beruntung saat kejadian tidak ada orang lain selain dirinya di dalam rumah, sehingga tidak ada korban jiwa. "Alhamdulillah tidak ada yang berada di dalam rumah, hanya saya saja itu yang waktu itu di teras,” tambah Sodik.

Saat ini, warga bersama petugas dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Grobogan, dengan dibantu petugas Palang Merah Indonesia (PMI), serta aparat TNI dan polisi, bergotong-royong melaksanakan kerja bakti membersihkan puing-puing rumah yang rusak.

Sementara itu pihak pemerintah desa akan segera mendata seluruh rumah yang mengalami kerusakan, baik rumah warga yang rusak berat maupun rusak ringan. Selanjutnya pihak desa akan mengajukan bantuan ke pemerintah kabupaten supaya rumah-rumah warga dapat diperbaiki.

"Kami akan data terlebih dahulu, ada berapa rumah yang rusak. Tapi yang ambruk sampai rata dengan tanah ya hanya rumah Pak Sodik ini. Semuanya nanti akan kami data dan kami ajukan bantuan ke pemerintah kabupaten, supaya semua rumah dapat diperbaiki secepatnya,” ujar Kepala Dusun Karangmanis, Nur Azizah.

Sodik yang rumahnya tak dapat ditinggali rencananya untuk sementara waktu akan tinggal di rumah keluarganya yang berada tak jauh dari rumahnya. "Tidak ada korban jiwa, tapi kami taksir kerugian akibat bencana ini mencapai puluhan juta rupiah,” tambah Nur Azizah.

Sementara untuk sedikit meringankan beban warga korban putting beling, petugas BPBD dan PMI memberikan bantuan berupa sembako dan sejumlah uang tunai.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Isu Reshuffle, Surya Paloh Temui Airlangga di DPP Golkar Siang Ini

Di tengah isu reshuffle, Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh akan mengunjungi Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto hari ini, Rabu (1/2/2023).

NEWS | 1 Februari 2023

Isu Reshuffle Hari Ini, Gerindra Sebut Prabowo ke Istana 3 Kali Seminggu

Di tengah isu reshuffle, Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto yang juga saat menjabat menteri pertahanan kerap ke Istana belakangan ini.

NEWS | 1 Februari 2023

Saat Wowon Serial Killer Peragakan Sosok Aki Banyu Tipu TKW

Tersangka pembunuhan berantai atau serial killer Wowon Erawan mengubah karakternya menjadi sosok fiktif bernama Aki Banyu untuk menipu TKW.

NEWS | 1 Februari 2023

Kasus Kanjuruhan, Jaksa Putar CCTV Polisi Tembakkan Gas Air Mata ke Tribun Penonton

Bukti rekaman cctv ini dengan tujuan ingin membuktikan sesuai dakwaan yang telah disusunnya bahwa memang ada tembakan ke arah tribun penonton.

NEWS | 1 Februari 2023

Eksklusif! Presiden Jokowi Sebut Pertimbangan Politis dalam Reshuffle

Tidak seperti biasanya, Presiden Jokowi menyebut ada pertimbangan politis dalam reshuffle selain performa kementerian.

NEWS | 1 Februari 2023

Top 5 News: Menteri Nasdem Tak Hadir Ratas hingga Serial Killer Wowon Terungkap

Dua menteri dari Nasdem tidak menghadiri ratas dan terbongkarnya pembunuhan berantai Wowon Cs merupakan dua dari lima berita terpopuler (top 5 news).

NEWS | 1 Februari 2023

Kabar Reshuffle, Ada Agenda Internal Jokowi Hari ini

Kabar perombakan atau reshuffle kabinet pada hari ini Rabu pon (1/2/2023) makin berhembus kencang.

NEWS | 1 Februari 2023

Putusan MK soal Pernikahan Beda Agama, Menko PMK: Agar Terang Benderang

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy berharap putusan MK soal pernikahan beda agama jadi yang terbaik.

NEWS | 1 Februari 2023

Cak Imin Peringati 1 Abad NU Bersama Tuan Guru Turmudzi dan Ulama se-NTB

Cak Imin menghadiri Ijtima' Ulama Nusantara bersama Ulama se NTB yang dirangkai dengan peringatan 1 Abad Nahdlatul Ulama di Lombok Tengah.

NEWS | 1 Februari 2023

Jenazah Personel Polres Metro Kepulauan Seribu Dibawa ke Rumah Duka di Sunter

Polisi yang meninggal di Polres Metro Kepulauan Seribu di Kalibaru, Cilincing, Jakarta Utara, dibawa ke rumah duka di Sunter Agung.

NEWS | 1 Februari 2023


TAG POPULER

# Serial Killer


# Mahasiswa UI Ditabrak


# Tukang Becak Bobol BCA


# Biaya Haji 2023


# Pembunuhan di Depok


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Reshuffle Rabu Pon? Jokowi Tertawa Lebar

Reshuffle Rabu Pon? Jokowi Tertawa Lebar

NEWS | 8 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE