Logo BeritaSatu

Angin Puting Beliung Rusak Sejumlah Rumah di Grobogan

Jumat, 18 November 2022 | 09:07 WIB
Oleh : Rachman Pratama / FER

Grobogan, Beritasatu.com - Bencana angin puting beliung terjadi di Desa Cingkrong, Kecamatan Purwodadi, Kabupaten Grobogan, Provinsi Jawa Tengah, Jumat (18/11/2022) pagi. Akibat peristiwa ini, sejumlah rumah di Dusun Karangmanis, Desa Cinkrong rusak pada bagian atap. Bahkan ada satu rumah yang mengalami kerusakan, yaitu ambruk hingga rata dengan tanah.

Rumah yang ambruk tersebut adalah milik Sodik. Ia mengaku angin puting beliung sesaat setelah wilayahnya mendung. Tiba-tiba angin kencang tiba dan berputar-putar di halaman rumahnya. Seketika ia menyelamatkan diri dengan berlari ketika mendengar ada suara kayu patah, hingga akhirnya rumah yang ditinggalinya ambruk.

Advertisement

"Sebelum angin putting beliung datang, daerah sini ya mendung tebal terlebih dahulu. Lalu tba-tiba angin datang dari arah barat laut. Saya yang saat itu sedang makan manga di teras kemudian berlari menyelamatkan diri setelah mendengar ada suara kayu patah dari rumah saya. Baru setelah itu rumah saya roboh,” ungkap Sodik.

Beruntung saat kejadian tidak ada orang lain selain dirinya di dalam rumah, sehingga tidak ada korban jiwa. "Alhamdulillah tidak ada yang berada di dalam rumah, hanya saya saja itu yang waktu itu di teras,” tambah Sodik.

Saat ini, warga bersama petugas dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Grobogan, dengan dibantu petugas Palang Merah Indonesia (PMI), serta aparat TNI dan polisi, bergotong-royong melaksanakan kerja bakti membersihkan puing-puing rumah yang rusak.

Sementara itu pihak pemerintah desa akan segera mendata seluruh rumah yang mengalami kerusakan, baik rumah warga yang rusak berat maupun rusak ringan. Selanjutnya pihak desa akan mengajukan bantuan ke pemerintah kabupaten supaya rumah-rumah warga dapat diperbaiki.

"Kami akan data terlebih dahulu, ada berapa rumah yang rusak. Tapi yang ambruk sampai rata dengan tanah ya hanya rumah Pak Sodik ini. Semuanya nanti akan kami data dan kami ajukan bantuan ke pemerintah kabupaten, supaya semua rumah dapat diperbaiki secepatnya,” ujar Kepala Dusun Karangmanis, Nur Azizah.

Sodik yang rumahnya tak dapat ditinggali rencananya untuk sementara waktu akan tinggal di rumah keluarganya yang berada tak jauh dari rumahnya. "Tidak ada korban jiwa, tapi kami taksir kerugian akibat bencana ini mencapai puluhan juta rupiah,” tambah Nur Azizah.

Sementara untuk sedikit meringankan beban warga korban putting beling, petugas BPBD dan PMI memberikan bantuan berupa sembako dan sejumlah uang tunai.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Kemenlu: Tidak Ada WNI Jadi Korban Bom di Masjid Pakistan

Ledakan di masjid, yang penuh dengan jemaah, itu terjadi di kawasan Police Lines dan menewaskan 100 orang, 97 di antaranya adalah polisi.

NEWS | 1 Februari 2023

Status Literasi Digital Masyarakat Indonesia Meningkat di Tahun 2022

Skor tersebut menunjukkan bahwa Literasi Digital masyarakat Indonesia berada pada kategori “sedang”.

NEWS | 1 Februari 2023

Reshuffle Rabu Pon? Jokowi Tertawa Lebar

Ditemani Menko Perekonomian Airlangga Hartarto dan Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Jokowi menjawab soal reshuffle sambil tertawa lebar.

NEWS | 1 Februari 2023

Cekcok dengan Istri, Seorang Ayah di Temanggung Tega Cabuli Anaknya

Polres Temanggung, Jawa Tengah mengamankan seorang ayah pelaku pencabulan. Korban adalah anak kandung pelaku dan masih di bawah umur.

NEWS | 1 Februari 2023

Sumbar Uji Coba Pembatasan BBM Subsidi dengan QR Code

Provinsi Sumatera Barat mulai menerapkan program pembelian BBM subsidi tepat untuk bahan bakar solar bersubsidi dan Pertalite. P

NEWS | 1 Februari 2023

Permukiman dan Pertanian di Embaloh Hulu Terendam Banjir Hingga 1,5 M

Permukiman penduduk dan lahan pertanian di beberapa bagian wilayah Kecamatan Embaloh Hulu, Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat, terendam banjir.

NEWS | 1 Februari 2023

Indeks Persepsi Korupsi Menurun, KPK Sebut Butuh Terobosan

Indonesia memperoleh skor indeks persepsi korupsi (IPK) 34 per 100 untuk tahun 2022.

NEWS | 1 Februari 2023

7 TKW Jadi Target Pembunuhan Wowon Selanjutnya

Tersangka pembunuhan berantai atau serial killer Wowon Erawan alias Aki menargetkan 7 TKW sebagai korban berikutnya yang akan dibunuh.

NEWS | 1 Februari 2023

Korban Bom di Masjid Pakistan Naik Jadi 100 Orang Tewas

Jumlah korban tewas akibat bom di masjid di Peshawar, barat laut Pakistan, naik menjadi sedikitnya 100.

NEWS | 1 Februari 2023

Sri Sultan HB X Akan Sambut Kedatangan Utusan Paus Fransiskus

Gubernur DI Yogyakarta, Sri Sultan Hamengku Buwono X akan menyambut hangat kunjungan utusan Paus Fransiskus, Kardinal Miguel Angel Ayuso Guixot MCCJ.

NEWS | 1 Februari 2023


TAG POPULER

# Serial Killer


# Mahasiswa UI Ditabrak


# Tukang Becak Bobol BCA


# Biaya Haji 2023


# Pembunuhan di Depok


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Liga 1: Persebaya Waspadai Tiga Pemain Borneo FC

Liga 1: Persebaya Waspadai Tiga Pemain Borneo FC

BOLA | 1 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE