Logo BeritaSatu

Korut Tembakkan Rudal Balistik Antarbenua Diduga Jatuh di Laut Lepas Jepang

Jumat, 18 November 2022 | 12:56 WIB
Oleh : Surya Lesmana / LES

Seoul, Beritasatu.com - Korea Utara atau Korut tembakkan rudal balistik antarbenua (ICBM) pada hari Jumat (18/11/2022) yang kemungkinan jatuh di laut lepas Jepang. Uji coba rudal kedua oleh rezim Kim Jong-un dalam waktu dua hari, merupakan sebuah tindakan yang dikecam oleh Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida.

ICBM diluncurkan sekitar pukul 10:15 waktu setempat dari daerah Sunan di ibu kota Korea Utara, Pyongyang, dan terbang sekitar 1.000 kilometer (621 mil) ke timur, kata Kepala Staf Gabungan (JCS) Korea Selatan.

Advertisement

Kishida mengatakan kemungkinan jatuh di zona ekonomi eksklusif (ZEE) Jepang, sekitar 210 kilometer (130 mil) barat pulau Jepang Oshima Oshima, menurut Penjaga Pantai Jepang. Itu tidak terbang di atas Jepang.

“Korea Utara terus melakukan tindakan provokatif dengan frekuensi yang belum pernah terlihat sebelumnya,” kata Kishida kepada wartawan pada pertemuan Kerjasama Ekonomi Asia-Pasifik (APEC) di Bangkok, Thailand, Jumat.

“Saya ingin menyatakan kembali bahwa kami tidak dapat menerima tindakan seperti itu,” katanya.

Pemerintah Jepang akan terus mengumpulkan dan menganalisis informasi dan memberikan pembaruan segera kepada publik, katanya. Sejauh ini, belum ada laporan kerusakan kapal di laut, tambah Kishida.

ICBM mencapai ketinggian sekitar 6.100 kilometer (3.790 mil) di Mach 22, atau 22 kali kecepatan suara, menurut JCS, yang mengatakan detail sedang dianalisis oleh otoritas intelijen di Korea Selatan dan AS.

Menyebut peluncuran itu sebagai "provokasi signifikan dan tindakan ancaman serius," JCS memperingatkan Korea Utara melanggar resolusi Dewan Keamanan PBB dan mendesaknya untuk segera dihentikan.

Pangkalan Udara Misawa mengeluarkan tempat berlindung setelah penembakan rudal, menurut Kolonel Angkatan Udara AS Greg Hignite, direktur urusan publik untuk Pasukan AS Jepang. Sekarang telah dicabut dan militer AS masih menganalisis jalur penerbangan, katanya.

Peluncuran itu terjadi satu hari setelah Pyongyang menembakkan rudal balistik jarak pendek ke perairan lepas pantai timur Semenanjung Korea, dan mengeluarkan peringatan keras kepada Amerika Serikat tentang "perlawanan militer yang lebih keras" untuk hubungan pertahanan yang lebih erat dengan Korea Selatan. dan Jepang.

Ini adalah peluncuran uji ICBM kedua yang dicurigai bulan ini – rudal sebelumnya yang ditembakkan pada 3 November tampaknya gagal , kata sumber pemerintah Korea Selatan kepada CNN.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: CNN

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Pesta Rakyat Cap Go Meh di Bogor Digelar hingga 2 Februari 2023

Bazar Pesta Rakyat, salah satu kegiatan dari rangkaian acara Cap Go Meh (CGM)-Bogor Street Fest (BSF) 2023 digelar sejak 26 Januari hingga 2 Februari 2023.

NEWS | 30 Januari 2023

2 Pelajar di Sukabumi Jadi Korban Pembacokan

Dua pelajar di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat menjadi korban pembacokan di dua lokasi berbeda, yakni Kecamatan Cicurug dan Palabuhanratu.

NEWS | 30 Januari 2023

Soal Perayaan Imlek, Ini Kata DPP PITI

Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PITI Denny Sanusi menyatakan, Imlek bukan suatu perayaan agama tertentu.

NEWS | 30 Januari 2023

Permabudhi: Imlek Momentum Perayaan Sukacita Kebangsaan

Ketua Umum Permabudhi Philip Kuntjoro Widjaja mengatakan, Tahun Baru Imlek merupakan momentum perayaan sukacita kebangsaan.

NEWS | 30 Januari 2023

Besok, PM Malaysia Anwar Ibrahim Gelar Kunjungan Resmi ke Singapura

Perdana Menteri Malaysia Anwar Ibrahim akan menggelar kunjungan resmi ke Singapura pada Senin (30/1/2023) besok.

NEWS | 29 Januari 2023

Soal Isu Reshuffle Kabinet, PKB: Belum Pasti Terjadi

Ketua DPP PKB Daniel Johan menyebutkan bahwa reshuffle kabinet yang dikabarkan dilakukan pada Rabu Pon 1 Februari 2023, belum pasti terjadi.

NEWS | 30 Januari 2023

Reshuffle Kabinet: PPP Sebut Mardiono Sudah Dipanggil Jokowi

Ketua DPP PPP Achmad Baidowi menyatakan bahwa Plt Ketua Umum PPP Muhamad Mardiono sudah dipanggil Presiden Joko Widodo terkait isu reshuffle kabinet.

NEWS | 30 Januari 2023

Reshuffle Dipandang Tak Terlalu Berpengaruh Terhadap Konstelasi Politik

Langkah reshuffle atau perombakan kabinet tidak akan terlalu mempengaruhi konstelasi perpolitikan di Tanah Air.

NEWS | 30 Januari 2023

Pria Tukang Parkir Bantah Sekap Istri dan 5 Anak di Dalam Rumah

Seorang pria yang berprofesi sebagai tukang parkir membantah telah menyekap istri dan 5 anaknya di dalam sebuah rumah di Lampung.

NEWS | 29 Januari 2023

Heru Budi: Imlek 2023 Jadi Momentum Kebangkitan Ibu Kota

Heru Budi menyebut Tahun baru Imlek 2023 menjadi momentum bagi DKI Jakarta untuk kembali bangkit dari keterpurukan setelah diterpa badai pandemi Covid-19.

NEWS | 30 Januari 2023


TAG POPULER

# Serial Killer


# Mahasiswa UI Ditabrak


# Tukang Becak Bobol BCA


# Biaya Haji 2023


# Pembunuhan di Depok


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Menang Tipis atas Roma, Napoli Kian Kukuh di Puncak Klasemen Serie A

Menang Tipis atas Roma, Napoli Kian Kukuh di Puncak Klasemen Serie A

BOLA | 23 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE