Logo BeritaSatu

Ini Pasal yang Dipakai Para Korban Tragedi Kanjuruhan Melapor ke Bareskrim

Jumat, 18 November 2022 | 13:56 WIB
Oleh : Chairul Fikri / WIR

Jakarta, Beritasatu.com - Perwakilan keluarga korban dan korban penyintas Tragedi Kanjuruhan mendatangi Bareskrim Polri untuk melaporkan sejumlah orang yang harus bertanggung jawab karena merenggut ratusan nyawa. Hal itu diungkapkan Pengacara Tim Gabungan Pengacara Aremania (TGA), Anjar Nawan Yusky saat ditemui di Bareskrim Polri, Jumat (18/11/2022).

"Kami tim kuasa hukum bersama 50 orang terdiri dari korban penyintas dan juga keluarga korban, hari ini mengunjungi Bareskrim Polri dengan agenda yaitu membuat laporan polisi terkait dengan peristiwa 1 Oktober 2022 di Stadion Kanjuruhan Kabupaten Malang," ungkap Anjar kepada media.

Advertisement

Menurut Anjar, penetapan 6 tersangka terkait kasus tragedi Kanjuruhan belumlah cukup untuk menguak asal muasal tragedi yang terjadi di Stadion Kanjuruhan. Oleh karena itu, pihak TGA ingin agar Mabes Polri mengambil alih kasus ini agar bisa menentukan tersangka lainnya.

"Kami melaporkan orang yang seharusnya menjadi orang-orang yang bertanggung jawab atas kejadian itu Dimana kita akan melaporkan mereka dengan menggunakan pasal-pasal yang berkaitan dengan pidana yang mengakibatkan orang mati sebagaimana diatur dalam (Pasal) 338 dan juga 340 KUHP, 351 ayat 3 dan seterusnya," lanjutnya.

"Dan kemudian pasal penganiayaan dan kunci yang paling penting ini ada korban anak, ada lex specialis-nya, ada ketentuan UU khusus yang mengatur. Itu UU perlindungan anak, itu seharusnya diterapkan, tetapi nyatanya belum diterapkan di Jawa Timur," tegasnya.

Ditambahkan Andi Arif selaku perwakilan Federasi Kontras menyebut Skema pemidanaan yang dibuat oleh Polda Jatim selama ini tidak pernah menyentuh seluruh peristiwa yang terjadi di tanggal 1 Oktober 2022. Meskipun selama ini perwakilan para korban dan keluarga korban yang meninggal sudah melaporkannya pada Polresta Malang dan Polda Jatim.

"Pasal dugaan pembunuhan, penyiksaan hingga menyebabkan para korban meninggal dunia, kekerasan pada anak-anak dan perempuan dan hal lain selama ini sebenarnya sudah dilaporkan di Polresta Malang, namun tidak berjalan lantaran selama ini tidak menyentuh para petinggi di Polda Jatim seperti Kapolda. Maka dengan pelaporan ke Bareskrim Mabes Polri ini kami berharap bisa menyentuh penyidikan dan penyelidikannya sampai ke pucuk pimpinan tertinggi di Polda Jatim ini," tandasnya.

Dalam laporan ini, para korban dan keluarga korban tragedi Kanjuruhan yang mendatangi Bareskrim Polri melaporkan Kapolda Jawa Timur kala itu, Irjen Pol Nico Afinta.

Mereka juga melaporkan sejumlah pejabat kepolisian lain di Polda Jatim dan juga Polresta Malang Kota karena dianggap bertanggung jawab atas pengerahan pasukan saat pengamanan pertandingan Arema Malang dan Persebaya di Stadion Kanjuruhan Malang yang berakhir ricuh dengan korban mencapai ratusan jiwa itu.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Solo Safari Hadirkan 87 Spesies Satwa Endemik Terancam Punah

Solo Safari menghadirkan lebih dari 374 individu dari total 87 spesies satwa endemik indonesia yang terancam punah dan dilindungi.

NEWS | 28 Januari 2023

Hari Ini, Sebagian Kota Besar di Indonesia Berawan

Cuaca hari ini, BMKG memprakirakan sebagian kota besar di Indonesia berawan. Cuaca berawan dengan suhu berkisar 19 sampai 31 derajat Celcius.

NEWS | 28 Januari 2023

Ular Piton Sepanjang 5,5 Meter dan Berbobot 130 Kg Masuk Pekarangan Warga

Warga Kota Solok dihebohkan dengan penemuan ular piton raksasa sepanjang 5,5 meter dengan bobot sekitar 130 kilogram masuk pekarangan warga.

NEWS | 28 Januari 2023

Cukup Lewat Molina, WNA Bisa Langsung Ajukan Visa Kunjungan dan Perpanjangan

WNA kini sudah dapat mengajukan permohonan Visa Kunjungan Wisata dan Visa Kunjungan Pra-Investasi di website molina.imigrasi.go.id mulai Kamis, 26 Januari 2023

NEWS | 28 Januari 2023

Buaya Muara di Wisata Akar Seribu Jepara Kembali Lepas

Seekor buaya muara di objek wisata Akar Seribu, Kabupaten Jepara kembali lepas pada Jumat sore kemarin.

NEWS | 28 Januari 2023

Waspada! Gunung Anak Krakatau Sudah Erupsi Empat kali

Gunung Anak Krakatau di Selat Sunda, Provinsi Lampung, sejak Jumat siang hingga Jumat malam sudah empat kali mengalami erupsi.

NEWS | 28 Januari 2023

Firli Minta Dukungan Publik dalam Memburu Harun Masiku Cs

Ketua KPK Firli Bahuri meminta dukungan publik dalam memburu keberadaan para buronan, termasuk Harun Masiku.

NEWS | 28 Januari 2023

Polda Belum Pastikan Mobil yang Tabrak Mahasiswi hingga Tewas di Cianjur

Polda Jabar belum memastikan mobil yang tabrak lari mahasiswi bernama Selvi Amelia Nuraeni hingga tewas di Cianjur.

NEWS | 28 Januari 2023

Top 5 News: Eks Wali Kota Blitar Terlibat Perampokan hingga BCA Komentari Pembobolan Bank

Mantan Wali Kota terlibat perampokan dan Lukas Enembe menolak kontrol kesehatan di RSPAD merupakan dua dari lima berita terpopuler (top 5 news).

NEWS | 28 Januari 2023

Satu Abad NU, Denny Malik Tertantang Buat Koreografi untuk 12.000 Anggota Banser

Denny Malik mengaku tertantang menjadi koreografer bagi 12.000 anggota Banser saat puncak peringatan Harlah Satu Abad NU atau Nahdlatul Ulama. 

NEWS | 28 Januari 2023


TAG POPULER

# Serial Killer


# Mahasiswa UI Ditabrak


# Tukang Becak Bobol BCA


# Biaya Haji 2023


# Pembunuhan di Depok


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Tak Hanya Wajah, Ini Enam Manfaat Kolagen bagi Kesehatan

Tak Hanya Wajah, Ini Enam Manfaat Kolagen bagi Kesehatan

LIFESTYLE | 9 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE