Logo BeritaSatu

Tuan Rumah 3 Pertemuan Multilateral, Bukti Asia Tenggara Penting di Mata Dunia

Jumat, 18 November 2022 | 17:32 WIB
Oleh : Surya Lesmana / LES

Bangkok, Beritasatu.com - Tiga dari empat pertemuan multilateral yang melibatkan para pemimpin dunia digelar di Asia Tenggara, telah menjadi bukti pentingnya kawasan Asia Tenggara di mata dunia.

Saat ini para pemimpin dan kepala negara dari 21 ekonomi anggota Lingkar Pasifik telah datang ke ibu kota Thailand untuk pertemuan yang berlangsung pada 18-19 November.

Advertisement

KTT APEC ini adalah pertemuan multilateral terakhir tahun ini dan dilakukan tepat setelah serangkaian pertemuan, termasuk KTT G-20 Bali, Indonesia, KTT Perhimpunan Bangsa Bangsa Asia Tenggara atau KTT ASEAN di Phnom Penh, Kamboja. Hanya ada satu pertemuan multillateral yang digelar di luar Asia Tenggara, yakni KTT iklim di Kairo, Mesir.

Untuk pertama kalinya dalam beberapa tahun, tiga dari empat acara utama diadakan di Asia Tenggara, mencerminkan semakin pentingnya kawasan ini dan kesempatan untuk mengambil alih dari Tiongkok.

“Jika Anda melihat Asia secara keseluruhan, kita tahu bahwa Tiongkok adalah mesin ekonomi utama. Tetapi Tiongkok mungkin telah melambat selama beberapa tahun terakhir karena Covid-19. Asia Tenggara selalu menjadi mesin kunci lain untuk pertumbuhan ekonomi di kawasan ini,” Prof. Pavida Pananond, dosen bisnis internasional di Universitas Thammasat di Bangkok, mengatakan kepada Arab News.

“Tiga acara yang menampilkan Asia Tenggara untuk KTT global yang menghadirkan pemimpin global. Saya pikir itu sendiri cukup signifikan.”

Selain itu, pentingnya KTT untuk Thailand adalah dalam menunjukkan posisi regionalnya dan kemampuan untuk menjadi tuan rumah acara-acara penting, terutama karena pertemuan APEC tahun depan dijadwalkan berlangsung di AS.

“Banyak upaya telah dimasukkan ke dalam protokol dan bagaimana kita sebagai bangsa dapat menjadi tuan rumah para pemimpin global dunia,” tambah Prof. Pananond.

“Itu juga menjadikan Thailand bagian dari negara-negara Asia Tenggara yang memainkan peran utama regional dalam membahas isu-isu global utama.”



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: Arab News

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Top 5 News: Gempa Turki hingga Jokowi soal Elektabilitas Prabowo

Kabar soal gempa di Turki yang menelan banyak korban menjadi berita terpopuler atau top news di Beritasatu.com, Senin (6/2/2023).

NEWS | 7 Februari 2023

Jaksa Minta Hakim Tolak Keberatan Teddy Minahasa

Jaksa penuntut umum meminta majelis hakim PN Jakbar menolak eksepsi atau keberatan Teddy Minahasa yang menjadi terdakwa penjualan barang bukti narkoba.

NEWS | 7 Februari 2023

PBNU Dorong Pemimpin Agama Wujudkan Perdamaian Dunia

Ketum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), KH Yahya Cholil Staquf atau Gus Yahya mendorong seluruh pemimpin agama mewujudkan perdamaian dunia. 

NEWS | 7 Februari 2023

Polisi Cari Ibu yang Aniaya dan Telantarkan Anaknya di Depok

Polres Metro Depok menyelidiki dan mencari ibu yang diduga menganiaya dan menelantarakan anaknya, Raya Aurel Rahma Visca. 

NEWS | 7 Februari 2023

Update: Gempa Turki Tewaskan 2.300 Orang, Penyelamatan Terus Dilakukan

Otoritas Turki mengkonfirmasi telah terjadi 1.541 korban tewas, dengan 810 korban lainnya dilaporkan di berada di kawasan Suriah, pasca gempa Turki.

NEWS | 6 Februari 2023

PKB Fasilitasi Aeshnina Azzahra Suarakan Keadilan Lingkungan

Jubir Milenial PKB Mikhael Sinaga mengatakan PKB akan memfasilitasi aktivis lingkungan Aeshnina Azzahra (15 tahun) untuk menyuarakan keadilan lingkungan. 

NEWS | 7 Februari 2023

Ayah Kandung Aniaya 2 Anaknya di Cimahi, 1 Meninggal Dunia

Seorang ayah kandung berinisial A menganiaya dua anaknya di Kota Cimahi. Bahkan, akibat penganiayaan itu, satu anaknya meninggal dunia.

NEWS | 7 Februari 2023

Ratusan Ternak Sapi di Sulteng Kembali Terjangkit PMK

Kasus Penyakit Mulut dan Kuku atau PMK yang menjangkit hewan ternak di Sulawesi Tengah (Sulteng) meningkat signifikan dalam beberapa waktu terakhir

NEWS | 6 Februari 2023

Mahfud: Pernyataan Pejabat Soal OTT KPK Pengaruhi Indeks Persepsi Korupsi

Opini yang dilontarkan oleh sejumlah pejabat pemerintah tentang operasi tangkap tangan atau OTT KPK turut memengaruhi penurunan Indeks Persepsi Korupsi.

NEWS | 7 Februari 2023

Gempa Turki, Presiden Jokowi Sampaikan Belasungkawa

Presiden Republik Indonesia Joko Widodo menyampaikan rasa duka yang mendalam atas bencana gempa Turki, Senin (6/2/2023).

NEWS | 6 Februari 2023


TAG POPULER

# Pelecehan Anak


# Liga Spanyol


# Hasya Athallah


# Bripka Madih


# Pemilu 2024


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Harga Minyak Mentah Menguat Ditopang Sentimen Tiongkok

Harga Minyak Mentah Menguat Ditopang Sentimen Tiongkok

EKONOMI | 23 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE