Copyright © 2023 BeritaSatu
Allright Reserved

Melunak, PKB Buka Peluang Cak Imin Jadi Cawapres Prabowo

Sabtu, 19 November 2022 | 08:14 WIB
Oleh : Yustinus Paat / BW
Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto usai pertemuan dengan Ketua Umum PKB, Muhaimin Iskandar atau Cak Imin di kediamannya di Jalan Kertanegara 4, Jakarta Selatan, Sabtu, 18 Juni 2022.

Jakarta, Beritasatu.com – PKB atau Partai Kebangkitan Bangsa mulai melunak dengan membuka peluang Ketua Umum Muhaimin Iskandar atau yang akrab disapa Cak Imin menjadi cawapres (calon wakil presiden) dari Prabowo Subianto di Pilpres 2024. Hal diakui sebagai realitas politik karena suara PKB pada Pemilu 2019 lebih kecil dari Partai Gerindra.

"Kalau kita dengan Gerindra, ya kita jadi cawapres kan posisinya. Tetapi kalau kita misalnya dengan partai-partai lain yang suara kita lebih banyak, kita jadi capres tentunya," ujar Wakil Sekretaris Dewan Syuro PKB Maman Imanulhaq, dikutip Sabtu (19/11/2022).

Maman menegaskan, politik cair dan dinamis sehingga perlu mempertimbangkan realitas-realitas yang ada. Karana itu, kata dia, pihaknya tidak terlalu memaksakan agar Cak Imin dapat menjadi capres jika berkoalisi dengan Gerindra.

“Bukan legawa, soal realitas. Jadi kita harus pahami, bahwa politik cair, politik dinamis, politik itu juga realitas kita,” tandas Maman.

Maman mengatakan, Muktamar PKB sudah mengamanatkan Cak Imin menjadi capres. Amanat itu dapat menjadi dasar bagi PKB memperjuangkan elektabilitas Cak Imin.

“Tentu amanat muktamar dijadikan landasan bagi kita memperjuangkan elektabilitas dan dari awal popularitas untuk pak Muhaimin Iskandar sebagai ketum,” tutur Maman.

PKB, lanjut Maman, akan mengajukan perubahan melalui mekanisme rakernas terkait amanat Muktamar tersebut. Yang terpenting, kata dia, Cak Imin menjadi cawapres.

“Tentu kita tidak apa-apa cawapres asal Pak Muhaimin. Itu tentu akan ada keputusan perubahan itu lewat mekanisme rakernas atau apa tidak masalah,” pungkas Maman.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com


BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA












BERITA TERPOPULER


#1

#2

#3

#4

#5

#6

#7

#8

#9

#10

TERKINI